Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi
Abstract
Latar belakang Latar belakang penelitian ini didasari oleh kondisi pandemi Covid-19 yang menuntut pembelajaran dilaksanakan secara online dengan adanya keterlibatan orang tua. Pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar anak saat kegiatan belajar, dan motivasi belajar anak pun akan berpengaruh pada keberhasilan belajar, oleh karena itu siswa harus diberikan motivasi belajar terutama motivasi saat belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sebagian besar orang beranggapan bahwa mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang mudah dan tidak perlu dipelajari secara serius. Hal ini disebabkan karena orang sudah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari dan tidak ada hal yang harus dipelajari secara khusus. Mata pelajaran bahasa Indonesia memegang peranan penting dalam pembelajaran semua mata pelajaran karena dalam mata pelajaran bahasa Indonesia mengajarkan berbagai keterampilan seperti membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia pada masa pandemi siswa kelas IV MI AL-IHSAN Tanah Grogot.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalalah seluruh siswa MI AL-IHSAN Tanah Grogot yang berjumlah 373 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil sampel sebanyak 47 siswa . Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik uji coba instrumen terdiri dari dua bagian yaitu uji validitas dan uji reliabitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan uji normalitas,uji linieritas, uji korelasi, uji regresi linear sederhana, uji t, dan perhitungan koefisien determinan.Hasil dari penelitian menunjukkan adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia pada masa pandemi siswa kelas IV MI AL-IHSAN Tanah Grogot. Dibuktikan oleh nilai r = 0,809 berada pada skala interpretasi 0,70-0,90 yang berarti korelasi tergolong kuat. Adapun hasil uji regresi linear sederhadan dengan F hitung = 85, 431 dengan tingkat sinifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Pengaruh tersebut dinyatakan dengan adanya kontribusi pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia melalui koefisien determinan. Bedasarkan perhitungan koefisien tersebut, dapat diketahui determinasinya adalah 65,4% dan sisanya 34,6% ditentukan oleh faktor lain.