Penerapan Metode Bermain dalam Menstimulasi Kemampuan Sosial

  • Amalia Nur Aini UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Marniati Kadir UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Masliyana Masliyana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: metode bermain, menstimulasi, kemampuan sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bermain dalam menstimulasi kemampuan sosial anak kelompok B. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini berkaitan dengan penerapan metode bermain yang dilakukan guru dalam menstimulasi kemampuan sosial anak yakni pelaksanaan pembelajaran melalui metode bermain dilaksanakan sesuai dengan RPPH yang telah dibuat guru. Langkah-langkah pelaksanaan metode bermain dimulai dari persiapan, pelaksanaan hingga penutup yang menghubungkan pengalaman bermain anak dengan kehidupan sehari-hari agar empat indikator kemampuan sosial anak yakni bersikap koperatif, bertanggung jawab, menunjukkan sikap empati dan saling menghargai anak berkembang sangat baik melalui metode bermain game level up, bermain peran, mencari gambar dan bermain kertas. Adapun faktor pendukung dari penerapan metode bermain ini yakni sarana dan prasarana yang disediakan sekolah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yakni dari sikap anak yang suka bercanda mengakibatkan ketidak tertiban dalam proses kegiatan bermain.

References

Musyarofah. “Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak ABA IV Mangli Jember Tahun 2016”. Jurnal Interdisciplinary Journal of Communication, Vol. 2, No. 1, (2017). https://media.neliti.com/media/publications/223896-pengembanganaspek-sosial-anak-usia-dini.pdf. Diakses pada tanggal 8 Januari 2022.
Saefudin, Ahmad. “Penerapan Metode Bermain Menggunakan Kartu Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD”. Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen, Vol. 1, No. 2, (2012). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/284/166. Diakses pada tanggal 28 Maret 2022.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2021-09-24
How to Cite
Aini, A., Kadir, M., & Masliyana, M. (2021). Penerapan Metode Bermain dalam Menstimulasi Kemampuan Sosial. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1(2), 65-70. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bocah/article/view/4880

Most read articles by the same author(s)