Pengaruh Pelatihan Berbasis Pembelajaran Aktif Terhadap Kreativitas Guru Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Pelatihan berbasis pembelajaran aktif merupakan serangkain kegiatan yang dilakukan guru dalam pembelajaran meliputi perencanaan dan proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru dengan fasilitator pembelajaran aktif. Serangakain kegiatan yang diselengarakan program PINTAR tanoto Foundation mendukung agar guru memiliki kreativitas yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan berbasis pembelajaran terhadap kreativitas guru di Madrasah Ibtidaiyah Samarinda. Penelitian menggunakan pendekaan kuantitatif dengan Populasi semua guru di 6 madrasah Ibtidaiyah di Samarinda yaiu MI Ar-raudah, MI AT taufiq, MI Sualmul Hidayah, MI DDI Tani Aman, MI Maarif NU 3 dan MI Maarif NU 1 kemudian sampel diperoleh dengan teknik sampling purposive dengan kriteria semua guru yang sudah mengikuti pelatihan modul 1 dan model 2 diperoleh sebanyak 57 guru. Instrumen penelitian menggunakan koesioner yang telah diuji validitas dan uji realibilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product momen dan koefisien determinan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pelatihan berbasis pembelajaran aktif berpengaruh positif terhadap kreatifitas guru mengajar dengan nilair r hitung 0,765 berada ditaraf kuat. Penerapan pelatihan berbasis pembelajaran aktif masuk kategori Cukup dengan nilai mean sebesar 57.58 Temuan dilapangan terdapat guru yang kadang kadang mempraktekanya di kelas saat pembelajaran. Besarnya pengaruh koefsien determinansi diperoleh angka R² (R Square) sebesar 0,58. Hal ini menunjukan bahwa pelatihan berbasis pembelajaran aktif terhadap kreativitas guru berpengaruh sebesar 58,6% terhadap keativitas guru sedangkan sisanya 42,4% dipengaruhi variabel lain.