Pengaruh Pelatihan Berbasis Pembelajaran Aktif Terhadap Kreativitas Guru Madrasah Ibtidaiyah

  • Siti Nasiah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Pelatihan, Pembelajaran Aktif, Kreativitas guru

Abstract

Pelatihan berbasis pembelajaran aktif merupakan serangkain kegiatan yang dilakukan guru dalam pembelajaran meliputi perencanaan dan proses pelaksanaan pembelajaran  yang dilakukan guru dengan fasilitator  pembelajaran aktif.  Serangakain kegiatan yang diselengarakan program PINTAR tanoto Foundation mendukung agar guru memiliki kreativitas yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan berbasis pembelajaran terhadap kreativitas guru  di Madrasah Ibtidaiyah Samarinda.  Penelitian menggunakan pendekaan kuantitatif dengan Populasi semua guru di 6  madrasah Ibtidaiyah di Samarinda yaiu MI Ar-raudah, MI AT taufiq, MI Sualmul Hidayah, MI  DDI Tani Aman, MI Maarif NU 3 dan MI Maarif NU 1  kemudian sampel diperoleh dengan teknik sampling purposive dengan kriteria semua guru yang sudah mengikuti pelatihan modul 1 dan model 2 diperoleh sebanyak 57 guru. Instrumen penelitian menggunakan koesioner yang telah diuji validitas dan uji realibilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product momen dan koefisien determinan. Hasil  penelitian diperoleh  bahwa pelatihan berbasis pembelajaran aktif berpengaruh positif terhadap kreatifitas guru mengajar dengan nilair r hitung 0,765 berada ditaraf kuat. Penerapan pelatihan berbasis pembelajaran aktif  masuk kategori Cukup dengan nilai mean sebesar 57.58 Temuan dilapangan terdapat guru yang kadang kadang mempraktekanya di kelas saat pembelajaran. Besarnya pengaruh koefsien determinansi diperoleh angka R² (R Square) sebesar 0,58. Hal ini menunjukan bahwa pelatihan berbasis pembelajaran aktif terhadap kreativitas guru berpengaruh sebesar 58,6% terhadap keativitas guru sedangkan sisanya 42,4% dipengaruhi variabel lain.

References

A, Cece. Wijaya. 2012. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda karya.
Asiah , Nur. ”Analisis Kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Mahasiswa Pgmi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Iain Raden Intan Lampung”. dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol.4 No. 1. Tahun 2017
Anas Rohman, Dampak Psikologi Belajar Dalam Pembelajaran Aktif Bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah, dalam Jurnal MAGISTRA, Vol. 10, No. 1 Juni 2019
Braxton, J. M., Jones, W. A., Hirschy, A. S., & Hartley, H. V., III, The role of active learning in college persistence. New Directions for Teaching and Learning. Number 115. 2008
Departemen Agama RI, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan,(Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2006), h. 5
Dhamiri, Kharisma Sakta, 2014, Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Sarolangun, Mankeu. Jurnal manajemen terapan dan keuangan 2014 vol 3 no 1 374-463
Dwi nur aini dahlan. 2019. Identifikasi dan Optimalisasi Permainan Outdoor Dalam PembelajaranPada Taman Kanak-Kanak di desa Bakungan Kecamatan loa Janan. Southeast Asian Journal Of Islamic Education. vol 1 no 2
Fisher, Robert (2004) “What is Creativity?” in Robert Fisher & Mary William eds. Unlocking Creativity:Teaching Across the Curriculum. London: David Fulton Publisher
Helda Jolanda Pentury.pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pelajaran bahasa inggris. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 4 No. 3 Nopember 2017, hal 265-272
Muhammad Darwis, dkk.2018“Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa” , dalam Jurnal Administrasi Vol. 5, No. 2 Juli 2018
Mangkunegara, prabu anwar. 2012. Manajemen sumber daya manusia perusahaan, cet II bandung:PT Remaja Rosdakarya
Nur Asiah ,” Analisis Kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Mahasiswa Pgmi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Iain Raden Intan Lampung”, dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol.4 No. 1, Tahun 2017, h. 23.
Pintar.tanotofoundation.org, 2021. Program Pintar Tanoto Foundation Latih guru untuk menerapkan pembelajaran aktif.diakses 20 mei 2021.https://www.pintar.tanotofoundation.org/

Tanoto Foundation, 2018 Modul 1- Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SD dan MI, Agustus 2018, h. 3-6
Riffa‟i, Achmad dan Tri Anni Catharina,2011. Psikologi Pendidikan, (Semarang: Universitas Negeri Semarang Press, 2011), h. 207.

Santika Premiere Dyandra Medan. Journal Of Accounting And Management Innovation, Vol 2 No 1,Januari, 2018. Pp 50-66
.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 ayat (1).

Kornelius, A. Margono, Hartutiningsih. 2014. Pendidikan dan Pelatihan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMPN 27 Sendawar Kabupaten Kutai Barat. E Journal Administrative Reform, 2 (3): 1811-1823. ISSN 2338-7637, ar.mian.fsip-unmul.ac.id

La Hadisi, 2017. Pengaruh kreativias mengajar guru terhadap daya serap siswa di SMK Negeri 3 Kendari. Jurnal Al-Ta’dibVol.10 No. 2,Juli-Desember 2017. Hal 148

Maulida Agustina, Siti . “ Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Tipe Debat Aktif Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Fiqih Kabupaten Bogor” . dalam Jurnal Mitra Pendidikan . Vol. 3. No. 4 April 2019.

Dharmawati, Indah . dkk, “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri (Abi) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”. dalam Jurnal Kependidikan Fisika . Vol. 6. No. 1 Juni 2018
Hamzah B. Uno, Dan Nurdin Mohammad, Jakarta:2012, Bumi Aksara, Hlm.155 Belajar Dengan Pendekatan Paikem156
Utami Munandar.r. Pengembangan kreatifitas anak berbakat, Jakarta Gramedia Pustaka. 2003. Hlm. 135
Published
2022-02-01

Most read articles by the same author(s)