PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI KELAS IV DI MI AL- IHSAN TANAH GROGOT KABUPATEN
Abstract
Kurangnya kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Al Ihsan Tanah Grogot disebabkan pembelajaran dimasa pandemi ini dilaksanakan secara daring (online). Oleh sebab itu, masih banyak peserta didik kesulitan memahami materi pembelajaran matematika, yang mengakibatkan peserta didik kesulitan mengerjakan soal pada saat pembelajaran matematika. Dengan adanya bimbingan belajar orang tua diharapkan dapat membantu peserta didik meningkatkan hasil belajar matematika yang lebih baik. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika pada masa pandemi kelas IV di MI Al Ihsan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, populasi dari peneliti ini adalah 48 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu IV a dan IV b maka keseluruhan populasi di ambil sampel penelitian. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis uji regresi linier sederhana. Bimbingan belajar orang tua berpengaruh besar terhadap hasil belajar matematika pada masa pandemi kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Ihsan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Terlihat dari nilai Fhitung (198.477) serta nilai signifikan sebesar 0,00, karena nilai signifikannya lebih kecil dari 0,05. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika. Besarnya kontribusi atau pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika di peroleh dari data koefisien determinasi R Square sebesar 81,2%. Sementara sisanya 18,8% mempengaruh variabel lain yang belum dipelajari.
Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Hasil Belajar