PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI KELAS IV DI MI AL- IHSAN TANAH GROGOT KABUPATEN

  • Siti Nasiah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Khaerul Saleh UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Isma Handayani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Kurangnya kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Al Ihsan Tanah Grogot disebabkan pembelajaran dimasa pandemi ini dilaksanakan secara daring (online). Oleh sebab itu, masih banyak peserta didik kesulitan memahami materi pembelajaran matematika, yang mengakibatkan peserta didik kesulitan mengerjakan soal pada saat pembelajaran matematika. Dengan adanya bimbingan belajar orang tua diharapkan dapat membantu peserta didik meningkatkan hasil belajar matematika yang lebih baik. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika pada masa pandemi kelas IV di MI Al Ihsan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, populasi dari peneliti ini adalah 48 siswa  yang terdiri dari dua kelas yaitu IV a dan IV b maka keseluruhan populasi di ambil sampel penelitian. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis uji regresi linier sederhana. Bimbingan belajar orang tua berpengaruh besar terhadap hasil belajar matematika pada masa pandemi kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Ihsan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Terlihat dari nilai Fhitung (198.477) serta  nilai signifikan sebesar 0,00, karena nilai signifikannya lebih kecil dari 0,05. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika. Besarnya kontribusi atau pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika di peroleh dari data koefisien determinasi R Square sebesar 81,2%. Sementara sisanya 18,8% mempengaruh variabel lain yang belum dipelajari.

 

Kata Kunci: Bimbingan  Orang Tua, Hasil Belajar

Published
2021-10-26
How to Cite
Nasiah, S., Saleh, K., & Handayani, I. (2021). PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI KELAS IV DI MI AL- IHSAN TANAH GROGOT KABUPATEN. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 6-17. https://doi.org/10.21093/bjsme.v2i1.5119

Most read articles by the same author(s)