Efektivitas Media Poster Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV di MI Ma'arif NU 003 Samarinda
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran di MI Ma’arif NU 003 Samarinda yang masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional pentingnya penggunaan media dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh pada keberhasilan suatu pembelajaran untuk meningkatkan semangat dan minat siswa dalam belajar dibutuhkan strategi dan metode yang bervariasi terutama pada pembelajaran IPA contohnya didalam pembelajaran IPA kebanyakan guru jarang sekali menggunakan media yang tepat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penggunan Media Poster Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI M’arif NU 003 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel X penggunaan media poster dan Y hasil belajar Ipa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi di MI Ma’arif NU 003 Samarinda yang berjumlah 674. Sampel dalam penelitian yaitu siswa/siswi kelas IV A (Kelas Eksperimen) yang berjumlah 30 siswa dan IV B (Kelas Kontrol) yang berjumlah 30 siswa, desain eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest Control Group Design. Penelitian menggunakan Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, dokumentasi dan tes. Statistik yang digunakan untuk membuktikan hipotesis analisis data adalah two independent sampel t-test. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran poster efektif dari pada kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran poster dan hanya menggunakan metode pembelajaran yang konvensional. Hal ini dibuktikan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji two independent sample t-test yaitu sig. (2-tailed) bernilai 0,001. karena nilai 0,001 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan ha diterima artinya sampel berasal dari populasi yang besdistribusi normal dan hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran poster efektif dibandingkan tidak menggunakan media pembelajaran poster dan hanya menggunakan pembelajaran konvensional.
References
Aan Komariah Dan Cepi Triyatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Bandung: Bumi Aksara, 2005.
Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Arikunto, Suharsini, prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Cheppy Sunzuphy, media pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto, Media Pembelajaran, Bandung: Pt. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera,2012.
Dea Putri Wahdatul Adla, Kautsar Eka Wardhana, Imam Mustafa Syarif, Kiki Amelia, & Norlita Norlita. (2020). Peran Pendidikan Multikultural di SMA Negeri 17 Samarinda dalam Menerapkan Sifat Toleransi Beragama. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 5(3). https://doi.org/10.21462/educasia.v5i3.125
Fierda Zahara Jannah dkk, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER FISIKA FLUIDA STATIS BERBASIS LINGKUNGKAN DALAMBENTUK POSTER PHOTOSCRAP”. VOLUME V, OKTOBER 2016.
Hamalik, Oemar, Media Pendidikan, Bandung: Citra Aditya, 1989.
Haryanto, “Pengertian Pendidikan Menurut Para Akhli Http://Belajarpsikologi. Com/Pengertian-Pendidikan-Menurut-Ahli/ Diakes Pada Tanggal 23 Maret 2021.
Hikmawati, Penti, metodelogi penelitian, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2017.
Kautsar Wardhana, Ahmad Syafi’i, & Firnanda Putra. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash dalam Pembelajaran Matematika. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 1(1). https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/article/view/5905
Kristiawati Eka Riris, Keterlaksanaan dan Respon Siswa Terhadap Pembelajaran dengan Pembuatan Poster Untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Sains Siswa, Skripsi Tahun 2014.
Maiyena, Sri, “ Perkembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Materi Global Warming”, Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (Jmpf), Vo.3 No. 1
Muhammad Haykal, Nor Latifah, Syti Nurdiniyah, & Kautsar Wardhana. (2021). Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PBA UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Angkatan 2021. Borneo Journal of Language and Education, 1(2). https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjle/article/view/5911
Nur Wangid Muhammad, “Faktor Yang Mempelajari Hail Belajar Siswa Sd” Dalam Jurnal Pendidikan Sekolah Edisi No. 1, Vol. 2, 2016.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Belajar: Yogyakarta, 51-67, 2009.
Sanawiyah, Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Examples Non-Examples bagi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Di MI Ma’arif NU 003 Samarinda, Institut agama Islam Negeri Samarinda, Skripsi, 2020.
Shalahuddin, Mahfud, Media Pendidikan Agama, Bandung: Bina Islam, 1986
Sondang, Rawati Siregar, “Efektifitas Penyuluhan Dengan Media Poster Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Kebersihan Gigi Pada Siswa/I Kelas Iii Dan Iv Di Sdn 104186 Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Tahun 2014”, Jurnal Ilmiah PANNMED, Vol. 9.
Sudijono, Anas, pengantar evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001.
Sudjana, Penelitian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: bumi aksara, 2002.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=uTbMDwAAQBAJ
Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Sulistyono, Yunus, “Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia Ums”. Varia Pendidikan, Vol. 27, No. 2, Desember 2015: 208-215
Syarifudin, Albitar Septian, “Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkan Sosial Distansing”. Dalam Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Edisi Vol 5 No.1 April 2020