Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (COVID-19). Semenjak pandemi Covid-19 merebak di Indonesia kegiatan belajar mengajar dialihkan menjadi sistem learn from home. Dalam proses pembelajaran daring menjadi tugas besar yang diemban oleh semua tenaga pendidik baik itu orang tua di rumah maupun guru di sekolah sebagai fasilitator pembentukan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab persoalan seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. Penelitian dilakukan pada siswa di kelas tinggi yaitu seluruh siswa kelas VI, V, IV sebanyyak 240 siswa, kemudian sampel diperoleh sebanyak 32 siswa dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dan angket yang sudah di ujicoba dengan hasil reliabel dan valid. Teknik analisis data menggunakan uji prasayarat: uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis: uji korelasi product momen dan koefisien determinan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: nilai r hitung sebesar r = -0,247 terletak diantara 0,20- 0,399 yang menyatakan hubungan negatif dengan tingkat hubungan rendah antara pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa di kelas tinggi. Berdasarkan perbandingan r hitung dan r tabel untuk mengetahui apakah Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini dapat dilihat dari nilai r hitung -0,247 lebih kecil dari r tabel 0,334. Maka dapat diambil kesimpulan dari uji korelasi product moment bahwa Ho diterima. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran daring tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda
References
Adhetya Cahyani, Iin Diah Listiana, Sari Puteri Deta Larasati,Motivais Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COvid-19, Jurnal Pendidikan Islam, No. 01, Vol 3,2020
Anita Wardani & Yulia Ayriza, “Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19”, dalam Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini edisi 1, Vol 5, 2020.
Andasia Malyana, Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, No. 1. Vol 2, 2020.
Anas Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: PT, Raja Grafindo Persada) hlm 190
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemhanya.(Jakarta:Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an, 2014) hlm 109
Iskandar, Psikologi Pendidikan, (Cipayung: Gaung Persada (GP) Press, 2009), hlm. 180
Oktafia Ika Handarini dan Siti Sri Wulandari, Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). No. 3. Vol 8, 2020
Permendiknas.Undang-undang Sitem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Sinar Grafika, 2015) hlm .6-7
Sobih AW Adnan, 10 Hadis Tentang Pendidikan, https://m.oase.id/read/qW0mVR-10-hadis-tentang-pendidikan. diakses pada 26 Oktober 2020, pukul 05:57
Syafni Ermayulis,Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Di Tengah Pandemi Covid-19. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19/. Diakses pada tanggal 26 Oktober pukul 07:12
Rina Puspita Sari, Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan Di Indonesia. https://iain surakarta.ac.id/hikmah-pandemi-covid-19-bagi-pendidikan-di-indonesia/, diakses jam 07:00 am tanggal 15 september 2020
Suhery, Trimardi Jaya Putra, Jasmalinda, Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google ClassroomPada Guru di SDN 17 MataAir Padang Selatan, Jurnal Inovasi Pendidikan No 3, Vol 1, 2020
Selfi Laiyatul Iftitah dan Mardiyana Faridhatul Anawaty, “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19”, Jce (Journal of Childhood Education), No. 2 Vol 4, 2020
Sugiyono. Metode Penelitian (Pendekatan Kautitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2016.