Efektivitas Pembelajaran Remedial Dengan Penggunaan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMP

  • Kausar Eka Wardhana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Siti Nasiah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Abdul Razak UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Remidial, macromedia flash, hasil belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran remedial berbantukan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Loa Kulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Solomon Four Group Design. Desain ini menuntut penempatan subjek secara random kedalam empat kelompok. Pada kelompok 1 dan 2 diberi pre tes dan post test dan hanya kelompok 1 dan 3 yang dikenai perlakuan eksperimen. Penentuan sampel dilakukan secara acak setelah diadakan tes kemampuan awal. Sampel dalam penelitian empat kelas yaitu kelas VIIIB dan VIIIC dengan pembelajaran menggunakan Macromedia Flash  dan kelas VIIID dan VIIIE dengan pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol pada pokok bahasan prisma dan limas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dengan bentuk objektif dan uraian. Analisis lanjutan yang digunakan adalah uji Turkey HSD dengan hasil tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran menggunakan Macromedia Flash  baik diberi pre test maupun tidak. Namun, hasil belajar matematika siswa yang dengan pembelajaran menggunakan Macromedia Flash  baik yang diberi pre test maupun tidak berbeda dengan pembelajaran konvensional baik yang diberi pre test maupun tidak. Dan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional tidak terdapat perbedaan baik yang diberi pre test maupun tidak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan penerapan pembelajaran menggunakan Macromedia Flash  pada pokok bahasan Prisma dan Limas di SMP Negeri 1 Loa Kulu.

References

Daftar Pustaka

Abdul Rohman, Panduan Praktis Pembelajaran Daring dengan Google Classroom dan Google Meet, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2021)
Alfian Nurlifa,Andy Haryoko,Ulfa Yuliasari, Implementasi Google Classroom Sebagai Sarana Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Tuban, JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, Vol III, 2020
Al-qur’an, surah al-alaq
Dedi Wahyudi, pengantar aqidah akhlak dan pembelajarannya, (Yogyakarta: lintang rasi aksara books,2017)
E Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2015)
Edo Arruji, pengaruh media Google Classroom pada hasil belajar pada konsep sistem gerak,Skripsi,UIN SYARIF HIDAYATULLAH Jakarta 2020
Erni Aristianti, Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing pada kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi ilmiah siswa sma pada materi fluida dinamis,Skripsi,UNNES Semarang 2017
Ike Yustanti, Dian Novita, Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0 Utilization Of E-Learning For Educators In Digital Era 4.0. jurnal.univpgri-palembang.ac.id 2019
Kompri, “Belajar Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya”, (Yogyakarta: Media Akademik, 2017)
Lalu Usman Ali, Muhammad Zaini, “Pemanfaatan program aplikasi google classroom sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa pada perkuliahan dasar-dasar kependidikan”, Jurnal Jurusan Tadris Ips Socienty, Vol. 11, 2020
Lexy J Moleong, M. A, Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2019), cet, 39
Lidiya Simanihuruk dkk, E-Learning: Implementasi dan strategi dan inovasinya, (yayasan kita menulis,2019)
Mamik, Metodologi Kualitatif, (Taman Sidoarjo: Zifatama,2015)
Muhamad Imaduddin, Membuat Kelas Online Berbasis Android Dengan Google Classroom, (Yogyakarta: Garudhawaca, 2018)
Muhammad Irfan Fadillah, Santi Lisnawati, Kholil Nawawi, “Pengaruh pembelajaran aqidah akhlak pada penerapan nilai-nilai tauhid dalam kehidupan siswa kelas viii di MTs negeri 3 bogor” dalam Jurnal Mitra Pendidikan, Vol. 3, 2019
Muhammad Thobroni, Arif Mustofa, “Belajar dan Pembelajaran Pengemabangan Wacana dan Praktik Pembalajaran Dalam Pembangunan Sosial” (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011)
Mulyono, M.A, Strategi Pembelajaran, (Malang: Uin-Maliki Press, 2012)
Noordiana Sari,Berchah Pitoewas,Abdul Halim “Pengaruh pembelajaran aqidah akhlak pada disiplin dalam melaksanakan tata tertib sekolah di MTs darul a’mal kecamatan metro barat” dalam Jurnal Kultur Demokrasi, Vol. 8, 2019.
Peraturan pemerintah, nomor 21 pembatasan social berskala besar tahun 2020, (22-2-2021 10.45)
Rizky Meuthia Karina, Alfiati Syafrina, Sy. Habibah, Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ipa pada kelas v sd negeri garot geuceu aceh besar, Jurnal Ilmiah pendidikan guru sekolah dasar vol 2, 2017
Rusman, Model-Model Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013)
Siti Maisaroh, “Peranan metode pembelajaran pada minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam”, Jurnal Kependidikan UNSI purwokerto
Siti Maisaroh, “Peranan metode pembelajaran pada minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam”,dalam Jurnal Kependidikan UNSI purwokerto
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2019)
Suyono dan Hariyanto, Implementasi Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015)
Syafruddin Nurdin dan Basyiruddin Usman, Guru Profesional & Implementasi Kurikulum, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), cet. 1
Wiladatus Salamah, Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran, JURNAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN, Vol 4, 2020
Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)
Zedha Hammi, Implementasi Google Classroom Pada Kelas Xi Ipa Man 2 Kudus,Skripsi,UNNES Semarang tahun 2017
Published
2023-06-17
How to Cite
Wardhana, K., Nasiah, S., & Razak, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Remedial Dengan Penggunaan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMP. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 115-124. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i1.4912

Most read articles by the same author(s)