Pengaruh Penggunaan E-Modul PageFlip Professional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Sultan Aji Muhammad idris Samarinda Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan
Abstract
E-Modul PageFlip PDF Professional merupakan media pembelajaran yang digunakan pada mata kuliah statistika pendidikan yang mempunyai tampilan digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran E-Modul PageFlip PDF Professional pada Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda terhadap hasil belajar mata kuliah Statistika Pendidikan. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa untuk setiap kelas, dimana kelas PAI3 sebagai kelas kontrol dan kelas PAI6 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample t Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan analisis statistik menggunakan uji Independent Sample t Test yang menunjukkan nilai sig (2-tailed) kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-Module PageFlip PDF Professional pada mata kuliah statistika pendidikan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam UINSI Samarinda.
References
Andriyani, A.D.L, dkk. (2023). Efektivitas Media Flipbook Berbasis Model Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. JUKANTI : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1).
Ersa, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas IX E SMP Negeri 1 Ulaweng.
Hidayatullah, A. (2018). Pendampingan Relawan Matematika Asyik (Rematika) Terhadap Siswa di Sekolah dan Anak-anak Nelayan Pinggir Pantai Kenjeran Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 39–49.
Husnul, K., dkk. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Filpbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di SMK Negeri 2 Pangkep. JGPS: Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 180–187.
Imamah, Y. H. (2021). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Mubtadin, 175–184.
Kodi, A. I., Hudha, M. N., & Ayu, H. D. (2019). Pengembangan Media Flipbook Fisika Berbasis Android Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Topik Perpindahan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Jurnal) SNF2015, 1–8.
Masitoh, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal Belaindika: Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 4(1).
Ramdania DR, Sutarno H & Waslaluddin. (2013). Penggunaan media flash flipbook dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–6.
Rasyid, R. E., Takdir, M., Amin, M., & Aisa, S. (n.d.). Efektivitas Penggunaan Media Interaktif Berbasis 3d Pageflip Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah Pangsid.
Saragih, D. I., & Minarni, A. (2018). Differences between student’s mathematical problem solving ability and learning motivation taught by using geogebra-assisted cooperative and contextual learning model. Advances in Social Sciences Research Journal, 5(10), 256–265.
Siregar, S., & Yahfizham. (2023). Etnomatematika pada Transaksi Jual Beli Masyarakat Pesisir di Sibolga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1877–1899.
Solikhah, K., Febriyanti, R., Ilmayasinta, N. (2023). Pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 79–88.
Susilana, R dan Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Wacana Prima.
Wahyuliani, Y., Supriadi, & Ariawan, R. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Bandung. TARBAWY, 3(1), 22–32.
Yuli Wahyuliani, dkk. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di Sma Negeri 4 Bandung. TARBAWY, 3(1).