Efektivitas Penggunaan Media Kantong Bilangan pada Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I MI Al-Muna Samarinda

  • Maulida Maulida UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Abdul Razak UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • siti Maulida UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Masalah mendasar yang diangkat dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika yang kurang optimal di kalangan siswa kelas 1, yang dibuktikan dengan data awal yang menunjukkan bahwa 16 dari 27 siswa belum mencapai KKM yaitu 70 dan 59,2  menunjukkan pemahaman yang kurang terhadap penjumlahan dan pengurangan bersusun pendek akibat pemahaman yang tidak memadai mengenai sistem nilai tempat. Oleh karena itu, penelitian eksperimen kuantitatif ini, yang menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest Kuasi-Eksperimental, bertujuan untuk menentukan efektivitas media kantong bilangan (number pocket media) sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian ini melibatkan sampel jenuh sebanyak 51 siswa dari MI Al-Muna Samarinda (Kelas Eksperimen I A,=27; Kelas Kontrol I B, n=24), dengan data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji-t. Hasilnya secara jelas menunjukkan efektivitas media tersebut, karena analisis statistik menghasilkan nilai signifikansi math0,004 < 0,05} dan Thitung= 3,023 > Ttabel = 1,677, yang mengarah pada penolakan H.0 dan penerimaan H_a.  Hal ini didukung oleh peningkatan signifikan pada nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen (83,92) dibandingkan dengan kelas kontrol (73,12), yang menegaskan bahwa penggunaan media kantong bilangan secara efektif meningkatkan hasil belajar untuk materi penjumlahan dan pengurangan.

Author Biography

siti Maulida, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Anderson, V. (2020). A digital pedagogy pivot: re-thinking higher education practice from an HRD perspective. Human Resource Development International, 452–467. https://doi.org/10.1080/13678868.2020.1778999

Angsar. (2020). Efektivitas penggunaan media corong berhitung terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 666 Pangiu Kec. Basse Sang Tempe Kab. Luwu. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo.

Ausubel, D. P. (1968). Educational psychology: A cognitive view. Holt, Rinehart and Winston.

Bruner, J. S. (1960). The process of education. Harvard University Press.

Eri, R., Gudimetla, P., Star, S., Rowlands, J., & Girgla, A. (2021). Digital resilience in higher education in response to covid-19 pandemic: Student perceptions from asia and australia. Journal of University Teaching and Learning Practice, 18(5). https://doi.org/10.53761/1.18.5.7

Hidayat, N. (2015). PENDIDIKAN KARAKTER DAN ETIKA BERBUSANA (Studi Kasus Terhadap Etika Berbusana Mahasiswa Prodi PGMI). Jurnal Pendidikan UNIGA. https://doi.org/https://doi.org/10.52434/jp.v9i1.78

Ibrahim, A. A. M. (2023). Assessment of learning outcomes. Written Assessment in Medical Education, 17–26. https://doi.org/10.1007/978-3-031-11752-7_2

Munawir, M., Cholifah, N., & Bela, M. S. (2025). Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran di Madrasah Ibtida’iyah. ARZUSIN, 5(2), 711–721. https://doi.org/10.58578/arzusin.v5i2.5428

Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. International Universities Press.

Rahmawati, Y. E., & Muryaningsih, S. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Luas di Kelas IV SD Negeri 1 Banjarsari Kulon. Journal on Education, 6(4), 18915–18926. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5744

Rohayat, A., & Alamsyah, T. P. (2024). Improving Students’ Mathematics Learning Outcomes Through The Application of Matrix Domino Card Media. Journal of Research on Mathematics Instruction (JRMI), 5(2), 24–33. https://doi.org/10.33578/JRMI.V5I2.94

Sabilla, M. A. (2022). Pengaruh media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2).

Sigurgeirsson, D. B., Larusdottir, M., Hamdaga, M., Daniel, M., & Jonsson, B. T. (2018). Learning Outcome Outcomes: An Evaluation of Quality. Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE, 2018-October. https://doi.org/10.1109/FIE.2018.8659342

Sudjana, N. (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Ulfa, M. (2020). Metode dan evaluasi pembelajaran matematika. Deepublish.

References

Anderson, V. (2020). A digital pedagogy pivot: re-thinking higher education practice from an HRD perspective. Human Resource Development International, 452–467. https://doi.org/10.1080/13678868.2020.1778999
Angsar. (2020). Efektivitas penggunaan media corong berhitung terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 666 Pangiu Kec. Basse Sang Tempe Kab. Luwu. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo.
Ausubel, D. P. (1968). Educational psychology: A cognitive view. Holt, Rinehart and Winston.
Bruner, J. S. (1960). The process of education. Harvard University Press.
Eri, R., Gudimetla, P., Star, S., Rowlands, J., & Girgla, A. (2021). Digital resilience in higher education in response to covid-19 pandemic: Student perceptions from asia and australia. Journal of University Teaching and Learning Practice, 18(5). https://doi.org/10.53761/1.18.5.7
Hidayat, N. (2015). PENDIDIKAN KARAKTER DAN ETIKA BERBUSANA (Studi Kasus Terhadap Etika Berbusana Mahasiswa Prodi PGMI). Jurnal Pendidikan UNIGA. https://doi.org/https://doi.org/10.52434/jp.v9i1.78
Ibrahim, A. A. M. (2023). Assessment of learning outcomes. Written Assessment in Medical Education, 17–26. https://doi.org/10.1007/978-3-031-11752-7_2
Munawir, M., Cholifah, N., & Bela, M. S. (2025). Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran di Madrasah Ibtida’iyah. ARZUSIN, 5(2), 711–721. https://doi.org/10.58578/arzusin.v5i2.5428
Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. International Universities Press.
Rahmawati, Y. E., & Muryaningsih, S. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Luas di Kelas IV SD Negeri 1 Banjarsari Kulon. Journal on Education, 6(4), 18915–18926. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5744
Rohayat, A., & Alamsyah, T. P. (2024). Improving Students’ Mathematics Learning Outcomes Through The Application of Matrix Domino Card Media. Journal of Research on Mathematics Instruction (JRMI), 5(2), 24–33. https://doi.org/10.33578/JRMI.V5I2.94
Sabilla, M. A. (2022). Pengaruh media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2).
Sigurgeirsson, D. B., Larusdottir, M., Hamdaga, M., Daniel, M., & Jonsson, B. T. (2018). Learning Outcome Outcomes: An Evaluation of Quality. Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE, 2018-October. https://doi.org/10.1109/FIE.2018.8659342
Sudjana, N. (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Ulfa, M. (2020). Metode dan evaluasi pembelajaran matematika. Deepublish.
Published
2025-10-18
How to Cite
Maulida, M., Razak, A., & Maulida, siti. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Kantong Bilangan pada Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I MI Al-Muna Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 3(1), 11-21. https://doi.org/10.21093/bjpe.v3i1.11786