Efektivitas Permainan Maze Angka dalam Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini

  • Zakiyah Ulfah IAIN Samarinda
  • Abdul Razak IAIN Samarinda
  • Irma Rizky Yanti IAIN Samarinda
Keywords: Permainan Maze, Kecerdasan logika matematika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepekaan anak terhadap angka, minimnya pengetahuan anak terhadap angka bahkan ada anak yang ditemui belum bisa membedakan warna. Ada pula anak yang kurang rasa ingin tahu dan tidak tertarik dengan permainan-permainan strategis yang mengasah kecerdasannya. Pembelajaran dengan metode ceramah menyebabkan kurangnya partisipasi anak dalam mengeksplor sekitarnya. Pemilihan alat permainan edukasi (APE) yang kurang kreatif juga menyebabkan anak untuk sulit memahami pembelajaran yang diberikan. Hal ini menyebabkan terhambatnya perkembangan anak salah satunya pada aspek perkembangan kognitif dimana dalam hal ini mencakup kecerdasan logika matematika anak. Maze angka merupakan alat permainan edukatif yang dapat digunakan dalam mengenalkan angka pada anak. Bentuknya yang unik berisikan berbagai macam bentuk geometri, lambang bilangan serta warna dasar yang dapat menarik perhatian anak untuk belajar. Dengan alat permainan tersebut akan menumbuhkan rasa ingn tahu anak serta mudah memahami informasi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas permainan maze angka dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini di RA Ma’arif NU Plus 001. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dalam bentuk desain penelitian one group pretest-postest dengan memberikan treatment setelah dilakukan pretest terlebih dahulu sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan populasi sebanyak 20 anak. Pada penelitian ini menggunakan keabasahan data yakni uji validitas dan uji reliabilitas untuk mengukur valid atau tidaknya pernyataan yang digunakan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji statistik untuk mengolah dan mengakumulasikan data yang didapat dengan menggunakan uji normalitas yaitu liliefors dan uji paired t-test sebagai alat untuk mengetahui efektivitas permainan maze angka dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan permainan maze kepada anak pada pertemuan pertama dan pertemuan terakhir sebagai bentuk untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan akhir anak. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan maze angka efektif dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika anak dilihat dari perkembangan anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan hal ini terlihat pada hasil analisis statistik terdapat nilai signifikan antara thitung 27,815 > 1,729 dengan taraf signifikan 0,05 % sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

References

Anggil Viyantini Kuswanto, Suwadi, Permainan Maze Dalam Mengembangkan Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 4, No.2, 2020.
Asthiani Kholida, Pengembangan Alat Permainan Kartu U-Kids (UNO KIDS) Untuk Menstimulus Kecerdasan Logis-Matematis Usia 5-6 Tahun, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.11, No.2, 2020.
Lia Tasliyah, Mengembangkan Kecerdasa Logika Matematika Anak Usia Dini Melalui APE KIDS’S KIT, Vol.30, No.4, 2020.
Mulyasa, Manajemen PAUD, Bandung : PT. Remaja Rodakarya, 2014.
Nova Riza, Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Permainan Berhitung Menggunakan Papan Telur Di Tk Aisyiyah 7 Duri, Jurnal Pesona PAUD, Volume 1, No.1.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, Lampiran 1, Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta, 2019.
Suharsini Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, 2016.
Published
2021-06-03
How to Cite
Ulfah, Z., Razak, A., & Yanti, I. (2021). Efektivitas Permainan Maze Angka dalam Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Borneo Journal of Primary Education, 1(2), 103-114. https://doi.org/10.21093/bjpe.v1i2.4898