Hubungan Antara Kemampuan Microteaching dan Kesiapan PKL Mahasiswa Pgmi di IAIN Samarinda

  • Anis Nurkhomariah IAIN Samarinda
  • Bahrani Bahrani IAIN Samarinda
  • Abdul Razak IAIN Samarinda

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kegiatan microteaching termasuk dalam salah satu kegiatan perkuliahan yang sangat penting, terutama dalam membekali mahasiswa semester 6 untuk memiliki kompetensi keguruan melalui kegiatan simulasi mengajar yang bertujuan mengembangkan bakat, kemampuan serta keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sebelum terjun langsung ke dunia nyata di sekolah. Namun meskipun telah mengikuti kegiatan microteaching beberapa mahasiswa masih belum menguasai secara penuh kemampuan microteaching. Hal ini berdampak pada kesiapan PKL mahasiswa PGMI. Diantaranya penyebab mahasiswa belum merasa siap untuk melaksanakan PKL adalah kurangnya penguasaan terhadap bahan ajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara kemampuan microteaching dan kesiapan PKL mahasiswa PGMI IAIN Samarinda.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah correlation research.  populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGMI angakatan 2017 yang berjumlah 74 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus korelasi ptroduct moment, uji hipotesis (Uji T), dan koefesien determinasi.Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kemampuan microteaching dengan kesiapan PKL mahasiswa PGMI di IAIN Samarinda. Hasil data hipotesis menggunakan uji T diperoleh bahwa nilai = 4,77 dan nilai = 1,99346, karena nilai >  maka  ditolak. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kemampuan microteaching dengan kesiapan PKL. Nilai = 0,49 berada dalam skala interpretasi koefesien korelasi berada pada 0,40 - 0,59 termasuk dalam kategori sedang dan nilai koefesien determinasi (KD) sebesar 0,24 atau 24%.

References

Fakultas Tarbiyah Ilmu dan Keguruan, Panduan Praktik kerja Lapangan (PKL), (Samarinda: Fakultas Tarbiyah Ilmu dan Keguruan IAIN Samarinda, 2019), h. 1
Hanipah, “Pengaruh Pembelajaran Microteacing Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2014”, Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018
Harun Joko Prayitno, Desain & Pembelajatan Mikro, (Surakarta: Muhammadiyah University Press,2019) h.3
Ida Ayu Komang Widiarini, Hubungan Hasil Belajar Mata Kuliah Micro Teaching (PPL I) Dengan Hasil Belajar Program Pengalaman Lapangan (PPL II) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Pada Semester Genap Tahun Akadimik 2013/2014 Dan Semester Ganjil Tahun Akademik 2014/2015, no. 1, Vol. 5, 2015
Iyan Setiawan, Efektivitas Mata Kuliah Pembelajaran Mikro (Microteaching) Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Dan Kesiapan Mengajar, no.2, vol.15,2018
Layin Natunnisa, ‘Persepsi Mahasiswa Tentang Efektivitas Mata Kuliah Micro Teaching Terhadap Kompetensi Pendagogik Mahasiswa Peserta Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) Jurusan Pendidikan IPS Tahun Akademik 2016/2017’, Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2017
Nur Azizah dan Elvi Rahmi, Persepsi Mahasiswa Tentang Peranan Mata Kuliah Microteaching Terhadap Kesiapan Mengajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNP, No.2, Vol.2, 2019
Yurite Praptiana, “Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2013 Universitas Negeri Yogyakarta”, Skripsi Universitas Negeri Yogyaarta, 2017
Published
2021-02-24