Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Islam Terpadu Azzukhruf Samarinda
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena pendidikan bukan hanya proses belajar untuk mencerdas tetapi juga mendidik untuk mendidik akhlak dan karakter anak, guru sebagai pendidik berperang penting untuk memotivasi siswa dalam belajar, dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning yang bisa membuat suasana belajar menjadi menyenangka, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang terdiri dari salah satu komponen objek keterampilan bahasa yaitu,membaca,menyimak,berbicara dan menulis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan pendekatan kolerasional. Adapun tujuan pendekatan korelasional adalah untuk mengidentifikasi prediktif dengan menggunakan teknik kolerasi hubungan antara dua variable. Metode kuantitatif digunakan untuk meneliti pada populasi tertentu, teknik pengambilan populasi pada umumya yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zukhruf dengan jumlah 16 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zukhruf pembelajaran Bahasa Indonesia pada Model Problem Based Learning siswa dapat terlibat aktif dan model tersebut sebagai salah satu alternative yang menjadikan pembelajaran lebih aktif, efektif, dan menyenangkan yang diharapkan mampu memotivasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia. Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia sebesar sebesar 45.6% siswa kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zukhruf. Kemudian dipengaruhi 54,4% dipengaruhi oleh faktor internal individu seperti faktor keluarga, lingkungan, masyarakat dan faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (berbasis masalah) dapat memberikan motivasi pada siswa untuk hasil belajar yang maksimal pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDIT Az Zukhruf.
References
Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Nurhidayati, Anteng. (2012). Pengaruh penggunaan strategi problem based learning
Ancok, Jamaludin dkk. Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta, 2011.
Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1997.
Darajat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 2005.
Darajat, Zakiah. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Daryono dan Suryatri Darmiatun. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media, 2013.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Jumanatul Ali Art, 2005.
Hudiyono. Membangun Karakter Siswa. Surabaya: Esensi, 2012.
alaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: RajaGrafindo, 2002.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka, 2007.
Kemendiknas. Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam. Jakarta, 2010.
Komaruddin. Ensiklopedia Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Avisina, Siti Rohima. “Pelaksanakan Kegiatan Ektrakurikuler Keagamaan dalam Upaya Menanamkan Nilai Religius Siswa di MTs Negeri Jembewangi Selopuro Blitar”. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016.
Fajriyani, Iin. “Efektivitas Kegiatan Muhadharah dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa di MAN 2 Samarinda”. Skripsi. Ruang Referensi Kampus 2 IAIN Samarinda, 2015.