Pengaruh Metode Picture And Picture Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya minat belajar peserta didik khususnya di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu penyebab hal tersebut terjadi karena faktor eksternal yaitu cara guru mengajar maka diperlukan suatu solusi yaitu dengan menerapkan metode picture and picture untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode picture and picture terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah 1 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental one group pretest-posttes Design.Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dengan jumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi dan teknis analisis data penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode picture and picture terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah 1 Samarinda. Berdasarkan hasil uji yaitu 10,2653 > 2,032 dan berdasarkan hasil output SPSS versi 21, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Pelaksanaan metode picture and picture yang dilakukan oleh guru dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan peserta didik semangat dan terlibat aktif proses pembelajaran dan hasil observasi menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik masuk di katagori “sangat baik” dan mengalami peningkatkan dari pertemuan pertama 82,01% menjadi 85,25% di pertemuan kedua.
References
Evi Anggraeni, Faktor yang Memengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Tari di SD Negeri Dukuwaru 4 Kecamatan Dukuwaruh Kabupaten Tegal, Skripsi Universitas Negeri Semarang, 2017
Eva Oktaviana dkk, Pengajaran Menulis Puisi Menggunakan Metode Picture and Picture, (Jakarta: STKIP, 2019), h. 44.
Jumanta Handayana, Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, (Ghalia Indonesia, 2017) h. 231.
Kurikulum, Depdiknas. Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPA SD/MI. Jakarta: Pusat Kurikulum, 2013.
Rohmaliani Wahab, Psikologi Belajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016), h. 57
Sugiyono, Metode Penelitian (Pendekatan Kautitatif, kualitatif, dan R&D), (Bandung: Alfabeta, 2016), h. 107.
Sudjono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Santu Siyoto, Dasar Metodologi Penelitian, ( Yogyakarta: Literasi Media, 2015), h. 64.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013), h. 55.
Ina Magdalena, dkk, Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2, dalam Jurnal Edukasi dan Sains edisi No. 2, Vol. 3, 2021.
Sholehatin dan Wirdati, Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama, dalam Jurnal Pendidikan Islam edisi No. 3, Vol. 1, 2021
Suzanne Hidi, Interest, Reading, and Learning: Theoretical and Practical Considerations, dalam Jurnal Eduational Psychology Review edisi No. 3, Vol. 13, 2001.
Nurlianti dan Martina Napra Tilora, Pelaksanaan Metode Picture and Picture Oleh Guru Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Al-Rasyid Simpang Tiga Sungai Luar Kacamatan Batang Tuaka, dalam Jurnal Mitra PGMI edisi No. 1, Vol. 6, 2020.
Lovita Wulandari dkk, Pengaruh Metode Picture and Picture Dalam Minat Belajar Menulis Teks Puisi Pada Siswa SMA, dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia edisi No. 3, Vol. 2, 2019.
Meilani, Rini Intansari. Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa, dalam Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran edisi No. 2, Vol. 2, 2017.
Andi Achru, Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran, dalam Jurnal Idaarah edisi No. 2, Vol. 3, 2019