Implementasi Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MI Al-Mujahidin Samarinda
Abstract
Pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai alternative belajar dan mengajar untuk menyampaikan pesan yang ada pada materi. Proses pembelajaran tersebut guru dapat meningkatkan kemampuan yang ada, semula yang kurang paham akan tegnologi perlahan menjadi paham akan tegnologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi WhatsApp pada masa pendemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah dan untuk mengetahui hambatan apa saja yang terjadi dalam proses kegiatan pembelajaran menggunakan aplikasi WhatsApp pada masa pendemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumtasi sedangkan data dilakukan melalui ketiga teknik tersebut kemudian diperiksa keabsenan dengan menggunakan triangulanasi kemudian setelah dilakukan pemeriksaan keabsenannya, data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data Sugioyono yaitu reduksi data, kondensasi data display data dan verifikasi data. Dari hasil data diperoleh hasil penelitian implementasi pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V MI Al-Mujahidin Samarinda. Pertama, Pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan aplikasi WhatsApp ialah: kegiatan pendahuluan atau pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, kedua, alasan sekolah menggunakan aplikasi WhatsApp pada pembelajaran daring, ketiga hambatan pelaksanaan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi WhatsApp.
References
Mirzon Daheri. Dkk. “Efektifitas WhatsApp Sebagai Media Belajar Daring”. Jurnal Basicedu, Volume 4, Nomor 4, Tahun 2020, 775-783.
Pak Pahan, Roida & Yuni Fitriani. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19”. JISAMAR, Vol. 4, No. 2, Mei 2020, e-ISSN: 2598-8719 (Online), p-ISSN: 2598-8700 (Printed).
Surat Edaran (SE) Nomor,4 Tahun 2020 “Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19”
Trianto, “Medsain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.” (Jakarta: Kencana, 2016)
Yensy, N.A. “Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjaudari Hasil Belajar Mahasiswa “(Masa Pandemik Covid 19). JPMR 5. 2020.
Zaryati. “Analisis Manfaat Metode Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II MI “NO. 36/E. 3 Tanjung Pauh Mudik Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Edu Research IICLS. Volume 1, Nomor 2, Maret 2020, 51-67.