Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Materi Teks Eksplanasi Kelas V MI Al Mujahidin Samarinda

  • Juhairiah Juhairiah UINSI Samarinda
  • Mazidatun Ni’mah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nur Syamsi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Model Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Teks Eksplanasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang menunjukkan penggunaan model konvensional pada materi teks eksplanasi di MI Al Mujahidin masih kurang efektif. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71, yang berarti belum mencapai KKM yang ditetapkan, yaitu 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model reciprocal teaching pada materi teks eksplanasi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi terdiri dari dua kelas yang berjumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan effect size menggunakan Cohen’s d. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan dengan pemberian perlakuan berbeda pada masing-masing kelas. Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 53,80, meningkat menjadi 86,20 pada postest. Sedangkan, kelas kontrol memperoleh nilai pretest sebesar 59,58, dan postest sebesar 73,54. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, dengan nilai signifikansi ≥ 0,05. Data juga memenuhi asumsi homogenitas, dengan nilai signifikansi sebesar 0,426 ≥ 0,05. Adapun uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05. Hasil hitungan Cohen’s d sebesar 1,658. Dengan demikian, model reciprocal teaching terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada materi teks eksplanasi.

References

Arib, et al. (2024). Experimental Research dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 4(1).
Baskara, et. al., R. (2024). Mengoptimalkan Reciprocal Teaching dengan Generative AI. Sanata Dharma University Press.
Bilings, et.al., E. (2021). Topic Brief 4: The Zone of Proximal Development: An Affirmative Persective in Teaching ELLs and MLLs. Journal of Billingual Education and English as a New Languange, 12(2).
Desriani, et.al., R. (2020). Metamorfosis Teks Eksplanasi dalam Kehidupan. Guepedia.
Hamalik, O. (2019). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara.
Idris, et al., H. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbahasa dan Kebahasaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).
Indri, R. P. (2020). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Komunikasi Matematis Siswa [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/12785/
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2025). Al-Quran. quran.kemenag.go.id
Madu, F. J. (2023). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD. Cahya Ghani Recovery.
Marwan. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru [Skripsi]. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Mu’in. (2024). Langkah Tepat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Pembelajaran. Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya.
Desriani, et.al., R. Metamorfosis Teks Eksplanasi dalam Kehidupan. Guepedia.
Purnomo, et.al., A. (2022). Pengantar Model Pembelajaran. Yayasan Hamjah Diha.
Putri, I. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Komunikasi Matematis Siswa [Skripsi]. UIN Raden Intan Lampung.
Rahmah, et.al., S. (2025). Model-Model Pembelajaran Bruce Joyce dan Marsha Weil dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 10(1).
Ramadhan, et.al., M. F. (2024). Validitas dan Reabilitas. Journal on Education, 6(2).
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Riadi, M. (2021). Pengertian, Strategi dan Langkah Pembelajaran Reciprocal Teaching. kajianpustaka.com
Roflin, et.al., E. (2022). Statistika Dasar. Nasya Expanding Management.
Rukminingsih, et.al. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.
Sasono, A. (2021). BPSC Modul Bahasa Indonesia SD/MI Kelas V. PT Bumi Aksara.
Seli, I. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Talang Padang Tanggamus [Skripsi]. UIN Raden Intan Lampung.
Simbolon, M. E. (2019). Tuturan dalam Pembelajaran Berbicara dengan Metode Reciprocal Teaching. Media Sahabat Cendekia.
Syamsi, N. (2022a). Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Jurnal Borneo Journal of Primary Education, 2(1).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved April 17, 2025, from https://www.regulasip.id/book/1393/read
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).
Zein, A. (2023). Teori Dasar Pembelajaran. Yayasan Cendekia Mulia Mandiri.
Published
2025-10-18
How to Cite
Juhairiah, J., Ni’mah, M., & Syamsi, N. (2025). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Materi Teks Eksplanasi Kelas V MI Al Mujahidin Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 4(3), 8-18. https://doi.org/10.21093/bjpe.v4i3.11787

Warning: Use of undefined constant STATISTICS_DIMENSION_ARTICLE_ID - assumed 'STATISTICS_DIMENSION_ARTICLE_ID' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /srv/www/journal/plugins/generic/recommendByAuthor/RecommendByAuthorPlugin.inc.php on line 98

Warning: Use of undefined constant STATISTICS_DIMENSION_ARTICLE_ID - assumed 'STATISTICS_DIMENSION_ARTICLE_ID' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /srv/www/journal/plugins/generic/recommendByAuthor/RecommendByAuthorPlugin.inc.php on line 101

Warning: Cannot use a scalar value as an array in /srv/www/journal/lib/pkp/classes/core/DataObject.inc.php on line 133

Most read articles by the same author(s)