Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

  • Nur Syamsi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Kemampuan Menulis, Makalah Ilmiah, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dalam menulis makalah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UINSI Samarinda yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas PBA I dan PBA II. Data berupa makalah ilmiah yang dikumpulkan pada akhir perkuliahan Mata Kuliah Bahasa Indonesia dan Karya Tulis Ilmiah. Data dianalisis menggunakan instrumen penelitian berupa tabel analisis. Hasil dari penelitian ini diperoleh 21 mahasiswa atau 26,9% berada pada kategori nilai sangat baik dan sebanyak 55 mahasiswa atau 70,5% berada pada kategori nilai baik. Sementara terdapat 2 mahasiswa atau 2,6% berada pada kategori nilai sangat kurang. Sehingga Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kemampuan penulisan makalah ilmiah oleh mahasiswa kelas PBA I dan PBA II telah mencapai kategori nilai yang baik.

References

Afifah, Diana Nur, Ninik Rustanti, dan Rachma Purwanti. Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah Tahun 2020. Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, 2020.
Anisa, Azmi Rizky, Ala Aprila Ipungkarti, dan Kayla Nur Saffanah. “Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia.” Current Research in Education: Conference Series Journal I, no. 1 (2021).
Arifin, E. Zaenal, Wahyu Wibowo, dan Somadi Sosrohadi. Bahasa Indonesia Akademik: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Tangerang: PT Pustaka Mandiri, 2010.
Hafizah. “Kemampuan Menulis Makalah Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IV, no. 1 (2021).
Hariyanto, Erli. Ubah Dunia dengan Opinimu Kiat Sukses Menulis Opini di Media Massa. Diedit oleh Rahmat Dwi Kurniawan. Bogor, 2020.
Mardiyah. “Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf (Studi pada Mahasiswa Jurusan Matematika Semester Genap Angkatan Tahun 2015 Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung).” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar III, no. 2 (2016).
Mulyaningsih, Indrya. Terampil Berbahasa Indonesia: Untuk Penulisan Ilmiah dan Pengembang Kepribadian. Diedit oleh Adibah Yahya. Cirebon: Nurjati Press, 2012.
Naim, Ngainun. Menulis itu Mudah 40 Jurus Jitu Mewujudkan Karya. Diedit oleh Mukminin. Lamongan: Kamila Press, 2021. http://repositori.kemdikbud.go.id/7920/.
Nirwana, dan Abd. Rahim Ruspa. “Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra VI, no. 1 (2020).
Panggabean, Sarma. Diktat Keterampilan Menulis. Medan: Universitas HKBP Nommensen, 2019.
Panggabean, Sarma, dan Pontas Jamaluddin Sitorus. “Studi Karakter Bernalar Induktif Pada Kemampuan Menulis Kritis dan Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nommensen.” Kode: Jurnal Bahasa 9, no. 3 (2020).
Paramita, Ratna Wijayanti Daniar, Noviansyah Rizal, dan Riza Bahtiar Sulistyan. Metode Penelitian Kuantitatif: Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansi & Manajemen. Lumajang: Widya Gama Press, 2021.
Prihantini, Ainia. Master Bahasa Indonesia: Panduan Tata Bahasa Indonesia Terlengkap. Yogyakarta: B First, 2015.
Rosmiati, Ana. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: ISI Press, 2017.
Rusdi, Ahmad Muthohar, Bambang Iswanto, Sy. Nurul Syobah, Etty Nurbayani, Nur Kholik Afandi, Khairul Saleh, Akhmad Nur Zaroni, Muhammad Iswadi, dan Dina Destari. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah IAIN Samarinda. Samarinda: LPM IAIN Samarinda, 2015.
Siddik, Mohammad. Dasar-Dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing, 2016.
Siregar, Ameilia Zuliyanti, dan Nurliana Harahap. Strategi dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi. Sleman: Deepublish, 2019.
Sofyan, Agus Nero, Eni Karlieni, Wahya, Kostaman Judaatmadja, dan R. Yudi Permadi. Bahasa Indonesia dalam Penulisan Karya Ilmiah. Diedit oleh Ase Suryana, Irma Suryani, dan Pramido. Bandung: BPDU-Universitas Widyatama, 2007.
Sriyanto. Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Ejaan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Diedit oleh Sofia Yustiyani Suryandari. Bandung: Alfabeta, 2021.
Suyatno, Tri Pujiati, Didah Nurhamidah, dan Lutfi Syauki Faznur. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (Membangun Karakter Mahasiswa melalui Bahasa). Bogor: IN Media, 2017.
Syahrum, dan Salim. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Diedit oleh Rusydi Ananda. Bandung: Citapustaka Media, 2014.
Tim Penyusun Pedoman Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Pedoman Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Bogor: IPB Press, 2018.
Tim Penyusun Pedoman Penulisan Karya Ilmiah UGM. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 2016.
Tim Penyusun Pedoman Penulisan Karya Ilmiah UNUJA. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Probolinggo: Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, 2018.
Trismanto. “Keterampilan Menulis dan Permasalahannya.” Jurnal Bangun Rekaprima III, no. 1 (2017).
Usman, Husaini, dan Purnomo Setiady Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. Diedit oleh Restu Damayanti. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.
Wijaya, I Ketut. Buku Ajar Bahasa Indonesia dan Tata Tulis Karya Ilmiah. Buku Ajar Bahasa Indonesia. Bukit Jimbaran: Fakultas Teknik Universitas Udaya, 2016.
Wijayanti, Sri Hapsari, Amalia Candrayani, Ika Endang Sri Hendarwati, dan Jati Wahyono Agustinus. Bahasa Indonesia: Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Published
2022-02-25
How to Cite
Syamsi, N. (2022). Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 2(1), 47-65. https://doi.org/10.21093/bjpe.v2i1.6331