Analisis Kompetensi Kepribadian Guru dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata

  • Elma Febyanti UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Juhairiah Juhairiah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nur Syamsi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Kompetensi kepribadian guru, novel Guru Aini, Andrea Hirata

Abstract

Seorang guru harus menguasai kompetensi kepribadian dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dan menjalankan tugas serta fungsinya sebagai pendidik dalam upaya pengembangan karakter peserta didik. Hal ini dapat ditingkatkan dan dikembangkan melalui pelatihan, seminar, pengalaman, dan yang tidak kalah menarik adalah membaca buku termasuk karya sastra seperti novel. Salah satu novel yang memuat indikator-indikator kompetensi kepribadian guru adalah novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Sehingga melatarbelakangi untuk dapat dianalisis lebih dalam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer yaitu novel Guru Aini karya Andrea Hirata dan buku Kompetensi Kepribadian Guru karya Chaerul Rochman dan Heri Gunawan serta sumber data sekundernya yaitu, buku, jurnal, artikel, dan media tulisan yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat 38 data kompetensi kepribadian guru dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata yang meliputi kepribadian yang mantap dan stabil, kepribadian yang dewasa, kepribadian yang arif, kepribadian yang berwibawa, berakhlak mulia dan menjadi teladan. Selain kompetensi kepribadian guru, ditemukan pula kompetensi guru lainnya, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

References

Aini, Kurotul dan Heni Pujiastusi. (2020). “Hubungan antara Keterampilan Guru dalam Memberikan Penguatan dengan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika”, dalam Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) edisi No. 3, Vol. III,
Alfath, Annisa, et.al., (2022). “Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar” dalam Jurnal Soshumdik edisi No. 2, Vol. I.
Arafat, Gusti Yasser. (2018). “Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis”, dalam Jurnal Alhadrah edisi No. 33, Vol. XVII.
Hirata, Andrea. (2020). Guru Aini, Yogyakarta: Bentang Pustaka,
Kandiri dan Arfandi, (2021). “Guru Sebagai Model dan Teladan dalam Meningkatkan Moralitas Siswa”, dalam Jurnal Studi Pendidikan dan PedagogiIslam edisi No. 1, Vol. VI.
Latifah, Nuur. (2020). “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam (Telaah Novel Bidadari Bumi 9 Kisah Wanita Shalehah Karya Halimah Alaydrus)”, dalam Skripsi UINSI Samarinda.
Mentara, (2018). “Analisis Kompetensi Kepribadian Guru dalam Novel Totto-Chan (Gadis Cilik di Jendela ) Karya Tetsuko Kuroyanagi”, dalam Skripsi IAIN Curup.
Malyssa, Mya. (2021). “Menelusuri Kompetensi Guru Profesional dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata”, dalam Skripsi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Nathohirin, Muhammad Toyibi. (2021). “Pendidikan Islam dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata”, dalam Skripsi UIN Walisongo Semarang.
Parapat, Lili Herawati dan Devinna Riskiana Aritonang. (2019). Buku Ajar Sasta & Budaya Lokal untuk Perguruan Tinggi, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Suciartini, Ni Nyoman Ayu. (2020). “Potret Merdeka Belajar dalam Novel “Guru Aini” Karya Andrea Hirata” dalam Jurnal Sirok Bastra edisi No. 2, Vol. VIII.
Syamsi, Nur. (2020). “Identifikasi Nilai Karakter Religius dalam Video Karya Youtuber Millenial”, dalam Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran edisi No. 1, Vol. VII.
Rina Febriana. (2021). Kompetensi Guru, Jakarta:PT Bumi Aksara.
Rochman, Chaerul dan Heri Gunawan. (2022). Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru, Cetakan ke VI, Bandung: Nuansa Cendekia.
Uliyah, Inarotul. (2018). “Kompetensi Kepribadian Guru dalam Perspektif Q.S Al-Kahfi Ayat 27-28”, dalam Skripsi UIN Walisongo Semarang.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen.
Wardoyo, Cipto. (2015). “The Measurement of Teacher’s Personality Competence and Performance Using Embedded Model”, dalam Journal of Education and Practice edisi No. 26, Vol. VI.
Wibawanto, Sigit. (2021). “Pemahaman “Who am I” Sebagai Upaya Mengetahui Potensi Diri”, dalam Journal of Community Service and Empowerment edisi No. 2, Vol. II.
Zed, Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Zola, Nilma dan Mudjiran, (2020). “Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru”, dalam Jurnal Pendikan Indonesia edisi No. 2, Vol. VI.
Published
2025-10-14
How to Cite
Febyanti, E., Juhairiah, J., & Syamsi, N. (2025). Analisis Kompetensi Kepribadian Guru dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Borneo Journal of Primary Education, 5(3), 61-74. https://doi.org/10.21093/bjpe.v5i3.11253

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>