Analisis Kesalahan Struktur Kalimat pada Karangan Deskripsi Siswa SDN 012 Sungai Pinang, Samarinda
Abstract
Kemampuan dalam memahami struktur kalimat masih menjadi persoalan kompleks di kalangan siswa sekolah dasar. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia sejak dini. Adapun penggunaan struktur kalimat yang tepat ini menjadi kunci utama dalam membentuk tulisan yang mudah dipahami oleh orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor penyebab kesalahan dalam karangan deskripsi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Terdapat kesalahan struktur kalimat pada siswa, ini terlihat pada ketidakmampuan dalam menyusun kalimat sesuai kaidah Bahasa Indonesia, seperti kalimat tanpa subjek, kalimat tanpa predikat dan penggunaan konjungsi secara berlebihan, serta tidak mampu mendeskripsikan objek secara konkret; (2) Faktor keterbatasan tersebut diakibatkan karena minimnya latihan dan pemahaman kosakata siswa terhadap struktur kalimat, serta pengaruh bahasa daerah yang digunakan sehari-hari. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa ketidakmampuan siswa menyusun kalimat yang benar disebabkan karena faktor-faktor yang mempengaruhinya, sehingga perlu adanya pembelajaran secara intens oleh guru.
References
Afriliani, K., Zuliani, R., & Wibisana, N. E. (2021). Analisis Kesalahan Pola Kalimat Bahasa Indonesia Pada Karangan Narasi Kelas IV SD Negeri Kunciran 07. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3).
Afsari, A. S. (2023). Ragam Pola Kontruksi pada Kalimat Aktif Berpredikat MANG-+-KEUN dalam Bahasa Sunda. Jurnal Kajian Ilmu Sosial Dan Humaniora Berbasis Kearifan Lokal, 2(2), 115–123.
Anderson, M., & Anderson, K. (2003). Text Types in English (Vol. 3). Machmillan Education Australia.
Fayyadh, C. N., Utami, S. R., & Marliana, N. L. (2022). Pengembangan Materi Ajar Tata Kalimat pada Teks Deskripsi dengan Pendekatan Kontekstual. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 86.
Ghufron, S., Kasiyun, S., & Hidayat, M. T. (2020). Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Skripsi Mahasiswa. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 51–62.
Harmer, J. (2004). How to Teach Writing. Pearson Education Limited.
Ihsan, B. (2020). Kesalahan Penulisan pada Karangan Deskripsi Mahasiswa Asal Thailand di Lingkungan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Jurnal Hasta Wiyata, 3(1), 18.
Kamalia, & Al-Fahad. (2024). Analaisis Kesalahan Berbahasa Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP PLUS Al-Watasi Caringin Bogor. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaann, Kesastraan Dan Pembelajaran, 2(2), 54–58.
Keraf, G. (2004). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Nusa Indah.
Nugraha, A. D. S. (2020). Peran Sintaksis Subjek dalam Kontruksi Kalimat Dasar Bahasa Indonesia. Sirok Bastra, 3(2), 1–10.
Nuradita, R. D. (2022). Struktur Kalimat Dasar Bahasa Indonesia dalam Materi Aplikasi Duolingo (Kajian Sintaksis). WIcara: Jurnal Sastra, Bahasa, Dan Budaya, 1(2), 49–84.
Pamungkas, S. (2022). Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Andi Yogyakarta.
Puspawati, Y. D., Slamet, S., & Surya, A. (2023). Analisis Kesalahan Struktur Kalimat Dasar Pada Keterampilan Menulis Teks Wawancara Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(4).
Rahmilawati Ritonga, Salsabilla Cahaya Putri, Arin Huwaida, Nengsi Amelia Nainggolan, Chade Chatena Munte, & Syahroini Syahroini. (2025). Peran Lingkungan Pembelajaran terhadap Kualitas Proses Belajar Mengajar Kelas V di Sekolah Dasar. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 127–132. https://doi.org/10.62383/ALIANSI.V2I4.1033
Ramaniyar, E. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Penelitian Mini Mahasiswa. 15(1), 72.
Setiawan, J., Budiasningrum, R. S., & Efendi, A. S. (2024). Kajian Terhadap Unsur Kalimat Subjek, Objek, Predikat, dan Keterangan. JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK, 1(6), 267–274.
Sundayra, L., & Nurita, W. (2024). Analisis Kontrastif Struktur Kalimat Verbal Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang. 490–497.
Suparno, & Yunus, M. (2007). Keterampilan Menulis. Universitas Terbuka.
Syahputra, E., & dkk. (2022). Perbedaan Makna Bahasa Tulis dan Bahasa Lisan. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 392–397.
Tarigan, H. G. (2008). MENULIS: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV. ANGKASA.
Tarigan, H. G. (2021). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. CV. ANGKASA.
Tindaon, M. F., & dkk. (2025). Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Penulisan BAB II Pembahasan Pada Makalah Mahasiswa: Analisis, Penyebab, dan Solusi Menuju Penulisan Akademik Yang Lebih Baik. 7(2).
Wulandari, S. (2021). Kalimat Imperatif dalam Novel Selena Karya Tere Liye (Kajian Sintaksis). Jurnal PENEROKA, 1(1), 134.

.jpg)

