Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting

  • Sunanik Sunanik UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Robingatin Robingatin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mia Aspita Hamdian UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: kegiatan finger painting, kemampuan motorik halus

Abstract

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan ditemukan berbagai macam kegiatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan anak, salah satunya adalah kegiatan Finger Painting. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini kegiatan Finger Painting bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak di KB Matahari Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), lokasi penelitian di KB Matahari Kecamatan Muara Badak. Peserta didik berjumlah 12 orang dengan 5 orang anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. Kegiatan Finger Painting dengan indikator yaitu Kelentukan Jari - Jemari, Menuang Cat Warna Ketempat Penampung (wadah, mangkuk), Keluwesan gerak Jari Tangan anak mencampurkan Cat Warna. Sebelum dilakukan tindakan, kemampuan anak masih 20%. Setelah dilakukan tindakan, kemampuan anak mulai meningkat pada siklus 1 kemampuan anak menjadi 54% dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), dan pada siklus 2 kemampuan Finger Painting anak meningkat menjadi 86% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Pada siklus 2 sudah mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu berkembang sangat baik (BSB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan Finger Painting, kemampuan motorik halus anak di KB Matahari Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara dapat ditingkatkan.

References

Haq, Saiful. Jurus-jurus Praktis kurikulum 2013 PAUD. (Yogyakarta: Mitra Barokah Abadi, 2017), hlm.
Kemendiknas. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak usia dini. (Yogyakarta: Bina Insan Mulia 2010) hlm. 1.
Maulidah, Saiyidatul. “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Bermain Roncean Di Kelompok B Raudhatul Athfal Al Islamiyah Al Khaliditah Samarinda Tahun 2014/2015”. Skripsi Universitas Mulawarman 2015.
Musrid. Belajar dan Pembelajaran PAUD. (Bandung : PT. Remaja Rusdakarya, 2015), hlm. 35.
Observasi di KB Matahari Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara
Pratiwi, Niken. “Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Playdough pada Anak Kelompok B TKIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakrta. 2014.
Saidah. “Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Metode Bermain Finger Painting Pada Anak Kelompok A2 Di Raudhatul Athfal Tarbiyatussibiyan Samarinda”. Skripsi IAIN Samarinda, 2017.
Sanjaya, Wira. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. (Jakarta : Kencana Pradana media grup, 2010), hlm. 56.
Sujono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011), hlm. 80.
Suryadi. Teori Pembelajaran Aanak Usia Dini. ( Bandung : Remaja posdakarya, 2014), hlm. 67.
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011), hlm. 103
Wahyudin, Uyu dan Mubiar Agustin. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. (Bandung: 2010), hlm. 11.
Wiramaja, Rochianti. Metode Penelitian Tindakan Kelas. (Bandung : PT. Remaja Rusdakarya, 2009), hlm. 45.
Published
2021-09-04
How to Cite
Sunanik, S., Robingatin, R., & Hamdian, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1(1), 29-37. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bocah/article/view/3708

Most read articles by the same author(s)