Penerapan Kegiatan Finger painting pada Kemampuan Motorik Halus

  • Robingatin Robingatin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Siti Nor Asiah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rizky Febriani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: finger painting, motorik halus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan finger painting pada kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Labbaika samarinda seberang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melukis dengan jari yaitu finger painting telah dilakukan guru dengan sangat baik. Finger panting ini mampu mengasah otot jari tangan anak sehingga gerakan jarinya mampu menghasilkan karya. Pelaksanaan kegiatan dilakukan sistem offline dengan metode belajar sambil bermain dan berskala kelompok dalam kelompok. Pada tahapan kegiatan anak sudah mampu bermain finger painting dengan sangat baik. Guru harus memiliki kemampuan berkreativitas dan berwawasan luas untuk menstimulus aspek perkembangan motorik halusnya baik pada kegiatan finger painting. Tindak lanjut yang dilakukan guru diantaranya menanyakan perasaan anak, memberi kesempatan kepada anak mengekspresikan dirinya serta mengevaluasi kekurangan danĀ  kendala yang dihadapi guru dilapangan.

Published
2022-03-10
How to Cite
Robingatin, R., Asiah, S., & Febriani, R. (2022). Penerapan Kegiatan Finger painting pada Kemampuan Motorik Halus. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1(2), 87-92. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bocah/article/view/4884

Most read articles by the same author(s)