Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Keagamaan pada Peserta Didik Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Di SMK Sebatik Tapal Batas Indonesia-Malaysia

  • Rahmat Rahmat UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Robingatin Robingatin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Agus Setiawan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Internalisasi, Nilai Spiritual, Pelajar Tenaga Kerja Indonesia

Abstract

 

Latar belakang penelitian ini adalah bentuk perhatian lembaga pendidikan dan peran guru dalam  menginternalisasikan nilai-nilai spiritual islam terhadap pelajar tenaga kerja Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses, strategi dan implikasi dari bentuk pembelajaran yang ada di sekolah terhadap pelajar tenaga kerja Indonesia. Adapun jenis penelitian ini adalah jenis peneltian kualitatif pendekatan studi fenomenologi dengan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yaitu mempersiapkan data, proses coding, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru agama dan staf, pembina, pengasuh serta pelajar anak tenaga kerja Indonesia. Dan uji keabsahan datanya melalui triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai spiritual terhadap anak tenaga kerja Indonesia di SMKS Mutiara Bangsa Sebatik dan SMKN 01 Sebatik Barat. Prosesnya dengan menggunakan 3 (tiga)  tahapan yaitu ; 1) Tahap transformasi, lewat khutbah sholat jum’at, khotbah sholat ied, kultum atau ceramah agama, dan peringatan Hari Besar Islam (PHBI), 2) Tahap transaksi, melalui budaya 5S ( senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dan menutup aurat,3) Tahap transinternalisasi, transinternalisasi ini semua guru di SMKS Mutiara Bangsa maupun SMKN 01 Sebatik Barat merasa harus merealisasikan serangkaian kegiatan berupa budaya religi dan program keasraamaan secara baik dan sepenuh hati. realisasinya tidak terbatas pada lingkungan sekolah saja melainkan di luarpun seorang guru tetap memegang teguh nilai-nilai apa yang telah disampaikan sebelumnya.

References

Abidin, A. A. (2023). Pendidikan Islam Multikultural Pada Masyarakat Plural. Academia Publication.
Ainul, D. (2017). Terapi Psikospiritual Dalam Kajian Sufistik. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 14(2), Art. 2. https://doi.org/10.18592/khazanah.v14i2.1157
Amiruddin, M. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahman Petukangan Utara Jakarta Selatan [Masters, Institut PTIQ Jakarta]. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/492/
Amruddin, Fajar, N. A., Sari, S. K., Julianti, I., Anggraini, R., Rahmawaty, A., Kusuma, M. R. H., Lisdahayati, Maharani, R., Etrawati, F., Khotimah, K., Lionita, W., & Saci, M. A. A. (2022). Antropologi dan Sosiologi Kesehatan. Media Sains Indonesia.
Andesmi, R. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Spiritual pada Konsumen Produk HNI-HPAI (Studi kasus di Cordova Halal Mart). Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2(3), Art. 3. https://doi.org/10.15575/jpiu.14455
Ansori, R. A. M. (2017). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. JURNAL PUSAKA, 4(2), 14–32. https://doi.org/10.35897/ps.v4i2.84
Cecep Fuad Audah, 216410654. (2019). Esoterisme Dalam Tafsir Al-’Utsaimin Studi Atas Dimensi Sufistik Dalam Tafsir Al-’Utsaimin. http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/199
Darajat, Z. (2022). Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
dkk, M. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Citra Media.
Fatimah, S., Huda, A. N., & Eliyanto. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Religius Melalui Blended Learning. 3(2), 169–179.
Fauzi, M. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Spiritual Untuk Membangun Budaya Sekolah ( Studi Multisitus di SDIT Al Ummah Jombang dan SDIT Al Mishbah Jombang ) [Undergraduate, IAIN Kediri]. http://etheses.iainkediri.ac.id/3245/
Gaffar, A. (2020). The Development of Islamic Thought on Multiple Perspectives. Al-Khairat Press.
Gilbert, L., Sim, Y.-W., & Wang, C. (2005). Modelling the learning transaction. Fifth IEEE International Conference on Advanced Learning Technologies (ICALT’05), 615–616. https://doi.org/10.1109/ICALT.2005.205
Hailal, F. (2022). Joglo dan Spiritualisme dalam Pesantren: Potret Akulturasi Budaya di Pondok Pesantren LSQ Ar-Rahmah. EAIC: Esoterik Annual International Conferences, 1(01), Art. 01. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/EAIC/article/view/302
Halimatussa’diyah. (2020). Halimatussa’diyah, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. Jakad Media Publishing.
Hidayati, A. (2020). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam untuk Para Z Generation. guepedia.
Huda, M. M., Falah, R. Z., Amanina, N., & Mubarok, M. A. (2021). Internalisasi Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran PAI di Sekolah Indonesia Den Haag. Edification Journal : Pendidikan Agama Islam, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.37092/ej.v3i2.258
Irodati, F. (2022). Capaian Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.33507/pai.v1i1.308
J.R, S. A. (2012). Pembelajaran Nilai-Karakter (1 ed.). PT. Raja Grafindo Persada.
Julanda, A. (2020). Tinjauan Kriminologi dan Hukum Pidana terhadap Kasus Kekerasan Tawuran antar Pelajar di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31277
Maulana, A. (2022). Menyelami Hakikat Ahlussunnah wal Jama’ah. NEM.
Mezirow, J. (1992). Transformation Theory: Critique and Confusion. Adult Education Quarterly, 42(4), 250–252. https://doi.org/10.1177/074171369204200404
M.Pd, E. P. Z., S. H. (2020). Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara. Penerbit Lutfi Gilang.
Muhaimin. (2008). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2011). Pemikiran Dan Aktualisasi pengembangan Pendidikan Islam (1 ed.). Rajawali Pers.
Muhtadi, A. (2007). Teknik Dan Pendekatan Penanaman Nilai Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah. Majalah Ilmiah 3.1.
Mulyasa, E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. PT. Bumi Aksara.
Musthofa, I., Afidah, I., & Sholeh, N. S. M. (2022). Nilai-Nilai Spiritual Dalam Buku Menjadi Manusia, Menjadi Hamba Karya Fahruddin Faiz. Bandung Conference Series: Islamic Broadcast Communication, 2(2), Art. 2. https://doi.org/10.29313/bcsibc.v2i2.4685
Mutholingah, S., & Qomarudin, A. (2022). Hubungan Psikologi, Tasawuf dan Pendidikan Agama Islam. Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), Art. 2. https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1165
Nata, A. (2011). Studi Islam Komprehensif. Kencana.
Norianda, N., Dewantara, J. A., & Sulistyarini, S. (2021). Internalisasi Nilai Dan Karakter Melalui Budaya Sekolah (Studi Budaya Sekolah Jumat Berkah). Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 5(1), Art. 1. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.01.4
Nurhakim, M. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Spiritual dan Sosial Santri Dalam Shalat Berjamaah (Penelitian di Pondok Pesantren La Tansa Islamic Boarding School Parakansantri, Lebakgedong, Lebak-Banten). Al Marhalah, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.38153/alm.v5i2.67
Prayogo, Y. (2023, Januari 2). Tahun 2022: 117 Pelajar Jadi Korban Kekerasan Seksual di Sekolah, Mayoritas Pelakunya Guru. Http://Www.Kalderanews.Com. https://www.kalderanews.com/2023/01/tahun-2022-117-pelajar-jadi-korban-kekerasan-seksual-di-sekolah-mayoritas-pelakunya-guru/
Purwaningsih, L. (2022). Relasi Motif Kain Lurik Jawa dan Makna Spiritualitasnya: Kajian Filosofis, Sosiologis, dan Fenomenologis. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(4), Art. 4. https://doi.org/10.55606/concept.v1i4.86
Redaksi. (2023, Maret 13). Patroli Gabungan Gagalkan Upaya Transaksi 150,39 Gram Sabu di Perbatasan Malaysia-Indonesia. Kaltaraaktual.com. https://kaltaraaktual.com/patroli-gabungan-gagalkan-upaya-transaksi-15039-gram-sabu-di-perbatasan-malaysia-indonesia/
Ristianah, N. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Perspektif Sosial Kemasyarakatan,” Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 3, no. 1.
Rosyadi, K. (2004). Pendidikan Profetik. Pustaka Pelajar.
Ryandono, M. N. H., Prasetyo, A., Riwanto, D. S., Nugroho, T., Umah, K. A., Luthfi, F., Fahmi, F. A., Anggraini, R., Nila, F., Rohmati, D., Asyaria, K., Fatimatuzzahro, Manara, A. S., Al-Faizin, A. W., Susanto, B. P., Ababil, R., Zein, F. D., Insani, T. D., Budiantoro, R. A., … Sasmita, N. (2020). Filsafat Ilmu Ekonomi Islam. Zifatama Jawara.
Sah, M. A. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1875
Salsabila, & Supriyadi. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Polya | Salsabila | Al Ibtidaiyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v4i1.542
Saputra, T. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Bahrul Maghfiroh Malang. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3006
Shofiyyah, N. A. (2022). Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Mental Spiritual pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), Art. 5. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7500
Syukur, A. (2004). Tasawuf Sosial. Pustaka Pelajar.
Syukur, A. (2010). Pengantar Studi Islam. Pustaka Nuun.
Tri D & Salis Y. (2022). Psikologi Lintas Budaya. UMMPress.
Wahyudi, H. F. (2021). Bimbingan Nilai-Nilai Spiritual Di Madrasah Aliyah Mafaza Bantul Yogyakarta. Dirosat : Journal of Islamic Studies, 6(2), 1–12. https://doi.org/10.28944/dirosat.v6i2.377
Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasih Iman dan Taqwa. Teras.
Yanto, S. (2021). Pendidikan anak keluarga Islam di era modern dalam perspektif Hasan Langgulung. Cv Cahaya Arsh Publisher & Printing.
Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ - Kecerdasan Spiritual. Mizan Pustaka.
Published
2023-06-11
How to Cite
Rahmat, R., Robingatin, R., & Setiawan, A. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Keagamaan pada Peserta Didik Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Di SMK Sebatik Tapal Batas Indonesia-Malaysia. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 99-113. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i2.6635

Most read articles by the same author(s)