Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kepribadian Islami di Madrasah Aliyah Al Arsyadi Samarinda

  • Muhammad Ilham Nur UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Fathul Jannah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Agus Setiawan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Nilai, Pendidikan Karakter, Kepribadian Islami

Abstract

Abstract.

The purpose of this research is to determine the internalization of character education values ​​in the formation of Islamic personality at Madrasah Aliyah Al Arsyadi Samarinda and to determine the factors that influence the internalization of character education values ​​at Madrasah Aliyah Al Arsyadi Samarinda. In collecting data, the author used observation, interview and documentation techniques. Meanwhile, in analyzing the data, the author used qualitative methods with data analysis techniques according to Miles and Huberman, namely data collection, data reduction, and drawing conclusions (verification). From the research results, it is known that the internalization of character education values ​​in the formation of Islamic personality at Madrasah Aliyah Al Arsyadi Samarinda with the stages of implementing the character education values ​​strategy starts from the first step, namely Morals. Understanding, Moral Feeling or Moral Love, Moral Action or Moral Action. The factors that influence the internalization of Character Education Values ​​are caused by: 1) educational factors (teachers) using methods in teaching and learning that are quite appropriate and quite varied, and 3) environmental factors that are quite supportive, namely parents who motivate children enough so that they will arouse students' interest in character education.

Keywords: Character education, Islamic Personality, Values

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian islami di Madrasah Aliyah Al Arsyadi Samarinda dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Al Arsyadi Samarinda. Adapun pengumpulan data,lpenulis menggunakan teknik observasi, wawancaraldan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, danlpenarikan kesimpulan (verifikasi). Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam membentuk Kepribadian Islami di Madrasah Aliyah Al Arsyadi Samarinda dengan tahapan strategi implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dimulai dari langkah pertama yaitu Moral Knowing, Moral Feeling atau Moral Loving, Moral Doing atau Moral Action. Faktor-faktor yang mempengaruhi Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter yaitu disebabkan oleh: 1) faktor pendidik (guru) penggunaan metode dalam belajar mengajar yang cukup sesuai dan cukup bervariasi, dan 3) faktor lingkungan yang cukup mendukung, yaitu orang tua yang cukup memotivasi terhadap anaknya sehingga akan menimbulkan minat murid terhadap pendidikan karakter.

Kata Kunci: Kepribadian Islami, Nilai, Pendidikan Karakter

References

Abdul Majid, Dian Andayanti. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam (R. R. Karya (ed.)).
Abdul Mujib, J. M. (2002). Nuansa-nuansa Psikologi Islam (PT Raja Grafindo Persada (ed.)).
Abdul Quddus. (2003). Pendidikan Moral Islam pada Sekolah Menengah Umum di Lingkungan Perguruan Muhammadiyah Kota Yogyakarta.
Andi Nurlaela. (2020). Optimalisasi Nilai-Nilai Fitrah dalam Mendekatkan Diri kepada Allah. Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 14.
Bagja Waluyo. (2007). Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. PT Setia Ourna Inves.
Baharuddin. (2005). Aktualisasi Psikologi Islam. Pustaka Pelajar.
Chastanti, Ika. Indra Kumalasari Munthe. (2019). Pendidikan Karakter pada Aspek Moral Knowing pada Siswa Menengah Pertama. Jurnal Sosial Horizon.
Dewi Prasari Suryawati. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Pendidkan Madrasah, 1.
Dian Popi Oktari, A. K. (2019). No Title. Pendidikan Ilmu Sosial, 28.
Doni Koesoema. (n.d.). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global (Grasindo (ed.)).
Fathi Yakan. (2005). Problematik Dakwah dan Para Dai. PT Era Adicitra.
Jamal Ma’mur Asmani. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Diva Press (ed.)).
Kusniati, Sri. dkk. (2023). Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa dalam Proses Pembelajaran di SDN 01 Rasau Jaya.
Miftakhur Muthaharoh. (2021). Internalisasi Nilai Nilai Pendidkan Karakter Melalui Pembelajaran PAI di Sekokah. Jurnal Pendidikan Islam, 03.
Muhaimin. (2009). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Raja Grafindo Persada.
Muhammad Munif. (2017). Strategi Internalisasi Nilai-nilai PAI dalam membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Islam.
Muhammad Mustari. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidkan (PT Raja Grafindo Persada (ed.)).
Musrifah. (2016). Pendidkan Karakter dalam Perspektif Islam. 1.
Nur Khamalah. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Pendidikan, 5.
Rahmat Mulyana. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai (Alfabeta (ed.)).
Santi Rika Umami, amrulloh. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidkan Akhlak Santri Putra Asrama X Hurun Inn Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Beradasrkan Gaya Belajar di SMKN 1 Saptosari. Jurnal Electronic, Informatics, and Vocational Education (ELINVO).
Yun Nina Ekawati, dkk. (2018). Konstruksi Alat Ukur Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. 02.
Published
2023-11-30
How to Cite
Nur, M., Jannah, F., & Setiawan, A. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kepribadian Islami di Madrasah Aliyah Al Arsyadi Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 3(2), 253-268. https://doi.org/10.21093/bjie.v3i2.8511