Kontribusi Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Kepribadian Siswa
Kontribusi Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Kepribadian Siswa
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi penerapan pendidikan karakter terhadap kepribadian siswa SMK. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, seubek pada penelitian ini adalah siswa SMK TI Labaika Samarinda, dengan jumlah sampel sebanyak 136 orang siswa. Metode pengambilan data dengan menggunkan instrumen, observasi, dan wawancara. Metode keabsahan data dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini dengan cara melakukan uji t dan uji r. Hasil uji t diperoleh nilai t sebesar 23,09, dengan signifikasi 0,05 dan n= 136, uji satu pihak: n-2 = 134 sehingga diperoleh 1.656. Dari perhitungan tersebut ternyata lebih besar dari atau 23.90> 1.656 artinya adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pendidikan karakter terhadap kepribadian siswa di SMK TI Labbaika Samarinda. Hasil uji R penelitian diperoleh bahwa penerapan pendidikn karakter memiliki kontribusi terhadap kepribadian siswa ditunjukkan dengan nilai uji r sebesar 0,853 jika diprosentasekan sebesar 85,3%.
References
Ahyadi, Abdul Aziz. “Psikologi Agama: Kepribadian Muslim Pancasila,” 1995.
Arfandi, Arfandi, and Munif Shaleh. “INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH.” LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan 10, no. 2 (2016): 265–80.
Djuanda, Isep. “Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process Dan Output).” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 3, no. 1 (2020): 37–53.
Doni Koesoema, A., and Evy Anggraeny. Inspirasi Praktik Baik Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah: Membentuk Budaya Berkarakter Setiap Hari. PT Kanisius, n.d.
Efendi, Rinja, and Asih Ria Ningsih. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Penerbit Qiara Media, 2022.
Erlina, Pipin, and Umi Chotimah. “PENGARUH IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP ASPEK AFEKTIF SISWA.” In Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2:391–400, n.d.
Hartini, Sri. “Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di Era Modern Sinergi Orang Tua Dan Guru Di Mts Negeri Kabupaten Klaten.” AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education 2, no. 1 (2017).
Kementrian Agama RI. Al Qur’an Dan Terjemah. CV. Toha Putra, 2019.
Louster Sujanto. Ciri-Ciri Kepribadian Dan Indikator Kepribadian. Pt. Karta Negara, 2016.
Mujib, Abdul. Fitrah Dan Kepribadian Islam: Sebuah Pendekatan Psikologis. Jakarta: Darul Falah, 1999, 1999.
Mulyani, Aprilia. “Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS Di SMA Negeri I Wonoayu, Sidoarjo.” Avatara 4, no. 2 (2016).
Nasution, Aulia Rosa. “Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia Melalui Demokrasi, HAM Dan Masyarakat Madani.” Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 8, no. 2 (2016).
Rukiyati, Rukiyati, Y. Ch Nany Sutarini, and P. Priyoyuwono. “Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab Dan Kerja Sama Terintegrasi Dalam Perkuliahan Ilmu Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Karakter 5, no. 2 (2014).
Sani, Ridwan Abdullah, and Muhammad Kadri. Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Bumi Aksara, 2016.
Sukiyat, H. Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Jakad Media Publishing, 2020.
Suryabrata, Sumadi. “Psikologi Kepribadian,” 2011.
Zubaedi, M. Ag. Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media, 2015.