Fokus dan Lingkup

Jurnal ini mengkaji eksplorasi akademik dan mempublikasikan temuan-temuan penelitian psikologi dan penerapannya di sekolah, perguruan tinggi, universitas, lembaga pendidikan Islam seperti pesantren, organisasi, dan kehidupan sosial. Jurnal ini mempromosikan penelitian empiris dan teoritis yang relevan dengan studi psikologi. Topik jurnal mencakup ilmu psikologi tingkat mikro dan makro seperti psikologi pendidikan, psikologi perkembangan, psikologi organisasi, psikologi klinis, dan psikologi sosial.

Proses Tinjauan Sejawat

Semua manuskrip yang dikirimkan ke jurnal ini harus mengikuti fokus dan ruang lingkup, serta pedoman penulis jurnal ini. Naskah yang dikirimkan harus membahas manfaat ilmiah atau kebaruan yang sesuai dengan fokus dan ruang lingkup. Semua naskah harus bebas dari konten plagiarisme. Semua penulis disarankan untuk menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiarisme untuk melakukan pemeriksaan kesamaan. Redaksi memeriksa deteksi plagiarisme artikel dalam jurnal ini dengan menggunakan perangkat lunak Turnitin. Artikel penelitian yang dikirimkan ke jurnal ini akan direview oleh minimal 2 (dua) orang atau lebih expert reviewer. Para pengulas memberikan komentar ilmiah yang berharga untuk memperbaiki isi naskah. Keputusan akhir penerimaan artikel akan dibuat oleh Editor sesuai dengan komentar reviewer.

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.