Pengaruh Kegiatan Mencetak Dengan Pelepah Pisang Terhadap Kreativitas Mewarnai Anak

  • Robingatin Robingatin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Siti Nor Asiah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Arrum Alfianingsih UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: kegiatan mencetak, kreativitas mewarnai

Abstract

Kegiatan mencetak adalah salah satu kegiatan karya dua dimensi yang bisa dilakukan oleh anak usia dini dengan menggunakan alat cetak membentuk gambar yang berasal dari bahan tertentu (bahan alam, daur ulang, dll) serta diberi tinta berupa cat air atau pewarna makanan. Kegiatan mencetak pada anak merupakan kesenangan dan penyaluran bakat kreatif pada anak. Kegiatan mencetak menggunakan bahan alam yaitu pelepah pisang sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas mewarnai pada anak, karena melalui kegiatan mencetak anak dapat mengekspresikan imajinasinya dalam membuat suatu gambar, menyusun suatu bentuk gambar, anak mampu mengkombinasikan warna sesuai dengan keinginan anak, anak mampu melakukan gradasi warna pada saat kegiatan mencetak, anak juga tidak mudah bosan karena media yang digunakan jarang dilihat yaitu dengan media pelepah pisang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain eksperimen yaitu pre-test post-test one group design. Populasi sebanyak 20 siswa dan menggunakan sampel jenuh maka sampel yang digunakan adalah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen uji data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reabilitas. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji paired t-test diperoleh yaitu tobs 18,982 > ttabel 1,729 dan nilai signitifikansi sebesar 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka arti dari H1 diterima yaitu adanya pengaruh pada kegiatan mencetak dengan pelepah pisang terhadap kreativitas mewarnai anak.

References

Bernadeta Retno Muninggar, “Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Mencetak Pada Kelompok D di TK Pertiwi Caturharjo, Ngaglik, Caturharjo, Sleman”, Skripsi, Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.
Depdiknas. Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 Ayat 1. Jakarta, 2003.
Munandar, Utami. Pengembangan Kreatif Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Olivia, Femi . Gembira Bermain Corat-coret. Jakarta : PT Elex Media Komputindo, 2013.
Sholehah, Aat Mar’atun. “Pengaruh Kegiatan Mencetak Menggunakan Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini di RA Qurrata’ayun Kedondong Pesawaran”, Skripsi, Lampung, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2020.
Sumanto. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagakerjaan Perguruan Tinggi, 2005.
Published
2022-02-11