Penanganan Permasalahan Pengelolaan PAUD Di Pedalaman Kabupaten Mahakam Hulu (Mahulu)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan yang sering dihadapi lembaga dalam pengelolaan PAUD di Pedalaman Kabupaten Mahakam Hulu (Mahulu). Sedangkan tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan permasalahan pengelolaan PAUD di pedalaman Kabupaten Mahakam Hulu (Mahulu) dan mendeskripsikan penanganan permasalahan pengelolaan PAUD di pedalaman Kabupaten Mahakam Hulu (Mahulu). Metodologi penelitian menggunafkan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain, secara holistic dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian menunjukkan permasalahan pengelolaan PAUD yang terjadi di Kabupaten Mahakam Hulu adalah sebagai berikut; 1) kualitas pengelola dan pendidik PAUD yang tingkat kompetensinya masih rendah, 2) kualitas pengasuhan yang masih rendah, 3)program intervensi orang tua yang rendah, 4) kualitas PAUD yang rendah, 5)kuantitas PAUD yang kurang memadai, dan 6) kesadaran membayar biaya sekolah tidak tepat waktu sedangkan Penanganan permasalahan yang dilakukan dalam pengelolaan PAUD di belum maksimal, Terdapat masalah yang dapat ditangani untuk sementara untuk menangani keterlambatan membayar SPP, dan ada yang harus segera diselesaikan dengan merubah pola kerja yang efektif dan efisien, dan ada harus ditangani dengan membuat sendiri seperti membuat buku ajar sendiri.
References
Standar Kemenag RI (2019). Al-Quran Tajwid Warna Al-Mitsaq, (Solo: Madina Qur’an)
Arnild Augina Mekarisce, (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat, Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat VOL. 12, Edisi 3, Tahun 2020, https://jikm.upnvj.ac.id
Artikel Garis Besar Pendidikan Anak Usia Dini,s (2021) http://vicky-artikel-pendidikan-anak-usia-di.blogspot.com/,
Asiah, Siti Nor (2020). Analisis Strategis 7P Education Marketing Mix Pada Lembaga PAUD Islam di Samarinda,( Samarinda: Disertasi).
Dera Nugraha, Yanti Anggraini, (2019). Digitalisasi Pembelajaran Di Sekolah Pedalaman (Implementasi Pembelajaran Berbasis Komputer di SD Bina Dharma Muara Tiga dan Kebun Sentral Sumatera Utara), Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi Volume 3 (1) Juli 2019, pada https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd
Desak Putu Parmiti, Made Sulastri, I Ketut Pudjawan (2016). Program Ipteks Bagi Masyarakat (Ibm) Pendidikan Di Desa Terpencil, Jurnal Widya Laksana Volume 5 No. 2 Agustus 2016 P-ISSN: 1410-4369, pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/view/9097
Direktorat Pembinaan PAUD, Dirjen PAUDNI, Kementerian Pendidikan Nasional, (2011). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain, Jakarta
Direktorat Pembinaan PAUD, Dirjen PAUDNI, Kementerian Pendidikan Nasional, (2011). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-kanak
Direktorat Pembinaan PAUD, Dirjen PAUDNI, Kementerian Pendidikan Nasional, (2011). Petunjuk Teknis PenyelenggaraanTaman Penitipan Anak
Fari Ulfah, (2015). Manajemen PAUD – Pengembangan Jejaring Kemitraan Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Firdaus Suardi, Sulfansah dan Anis Nur, (2016). Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil, Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, Volume IV No. 2 November 2016, ISSN e-2477-0221 p-2339-2401, pada https://media.neliti.com/media/publications/60747-ID-diskriminasi-pendidikan-masyarakat-terpe. pdf
Hamid Patiliam, (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfa Beta
Hamidi, Busri Endang, M. Chiar, (2015). Motivasi Guru Bertahan Mengajar Di Daerah Terpencil, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Volume 4 No.3 Tahun 2015, pada https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article /view/9569
Helmuth Y. Bunu, (2014). Kesadaran Masyarakat Suku Dayak Terhadap Pendidikan Anak Di Pedalaman Kalimantan Tengah, Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan Oktober 2014 N0. 3, pada https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2388
Joko Subagyo, (2004). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009, Standar Pendidikan Anak Usia Dini, www. paudni.kemdikbud.go.id
Lexy J. Moleong, (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
M. Djunaidi Ghony, (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media
Martinis Yamin, Jamilah Sabri Sanan, (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD, Jakarta: Gaung Persada Press
Musa M, dan Nurfitri, (2004). Metodologi Penelitian, Jakarta: Fajar Agung Press
Nana Syaodih Sukmadinata, (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009, Standar Pendidikan Anak Usia Dini, www.paudni.kemdikbud.go.id
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010, Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, http://dikdas.kemdiknas.go.id,
Permendikbud Nomor 84 Tahun 2014, Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini,https://format-administrasi desa.blogspot.com/2020/07/permendikbud-no-84-tahun-2014-tentang-pendirian-satuan-paud.html
Permendikkbud Nomor 137 Tahun 2014, Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, https://www.paud.id/download-permendikbud-137-tahun-2014-standar-paud/
Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014, Kurikulum 13 PAUD, https://www.paud.id/permendikbud-146-th-2014-kurikulum- paud-2013/, diakses pada tanggal 20 April 2021 pukul 11.30 Wita.
S. Margono, (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Saldana., Miles & Huberman, (2014). Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publications
Sugiono, (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfa Beta
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Suyadi, (2017). Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA Mendirikan, Mengelola dan Mengembangkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Cetakan III, Yogyakarta: Pustaka Belajar
Vitrotul Anwar Dasuki, (2011 ). Artikel Garis Besar Pendidikan Anak Usia Dini - , http://vicky-artikel-pendidikan-anak-usia- di.blogspot. com/,
Widarmi D Wijana, dkk. (2010). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, UT