Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning Di MI Nuruddin I Banjarmasin
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan model Problem Based Learning hasil kognitif peserta didik, dan keaktifan peserta didik dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek peneliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nuruddin I Banjarmasin dengan jumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan lembar observasi siswa serta tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nuruddin I Banjarmasin pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Pada pra siklus persentase keaktifan belajar sebesar 50% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 50%, siklus I keaktifan kelas meningkat menjadi 72,9% dengan ketuntasan klasikal sebesar 75% dan siklus II mengalami peningkatan keaktifan sebesar 90% dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%. Melalui model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nuruddin I Banjarmasin materi operasi pecahan perkalian semester II tahun pelajaran 2022/2023. Pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 56,5 dengan ketuntasan klasikal 50%, pada siklus I meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 85,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%.
References
2014/2015.”
Akbar, Sa’dun, Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung:PT Remaja Rosda Karya, 2013
Amir, Taufiq , Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning,
Jakarta: Kencana, 2009
Arikunto, Suharsini, Suhardjono dan Supardi, Penelitian Tindakan
Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2009
B. Uno, Hamzah, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar
Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Dahar, Ratna Wilis, Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2006
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta,
2002
Hariyanto, Warsono, Pembelajaran Aktif, Bandung Remaja Rosdakarya, 2012
Heruman, Model Pembelajaran Matematika, Bandung: PT Remaja
Rosda Karya, 2007
Hosnan, M, dan Hartini Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam
Pembelajarn Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Kusuma, Wijaya, dan Dedi Dwitagama, Mengenal Penelitian Tindakan
Kelas, Jakarta: PT Indeks, 2010
Komsiyah, Indah, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Sukses
Offset, 2012.
Pratiwi, Ratna Dwi, Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Randugunting 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014, Semarang: UNNES, 2013
Suwandi, Sarwiji, Penelitian Tindakan Kelas, Surakarta: Yuma
Pustaka, 2010
Purwanto, Ngalim Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009
Tampubolon, Saur, Penelitian Tindakan Kelas SebagaiPengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuwan, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2013.
Rusmono, Strategi Pembelajaran Problem Based Learning,
Bogor:Ghalia Indonesia, 2012
Thobroni, M, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,
2015
Susanto, Ahmad, Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 2013
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010
Widoyoko, Eko Putro, Penialian Hasil Pembelajaran di Sekolah, Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2014