Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning Di MI Nuruddin I Banjarmasin

  • Dahliana Dahliana MI Nuruddin 1 Banjarmasin
  • Firnanda Pradana Putra UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ahmad Maulana Syafi'i UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar Matematika, Pecahan, Problem based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan model Problem Based Learning hasil kognitif peserta didik, dan keaktifan peserta didik dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek peneliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nuruddin I Banjarmasin dengan jumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan lembar observasi siswa serta tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nuruddin I Banjarmasin pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Pada pra siklus persentase keaktifan belajar sebesar 50% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 50%, siklus I keaktifan kelas meningkat menjadi 72,9% dengan ketuntasan klasikal sebesar 75% dan siklus II mengalami peningkatan keaktifan sebesar 90% dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%. Melalui model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nuruddin I Banjarmasin materi operasi pecahan perkalian semester II tahun pelajaran 2022/2023. Pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 56,5 dengan ketuntasan klasikal 50%, pada siklus I meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 85,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%.

References

Adnan, Moh Sururi “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MI Matholi’ul Falah Geneng Kab Jepara Tahun Pelajaran
2014/2015.”

Akbar, Sa’dun, Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung:PT Remaja Rosda Karya, 2013

Amir, Taufiq , Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning,
Jakarta: Kencana, 2009

Arikunto, Suharsini, Suhardjono dan Supardi, Penelitian Tindakan
Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2009

B. Uno, Hamzah, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar
Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Dahar, Ratna Wilis, Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2006

Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta,
2002

Hariyanto, Warsono, Pembelajaran Aktif, Bandung Remaja Rosdakarya, 2012



Heruman, Model Pembelajaran Matematika, Bandung: PT Remaja
Rosda Karya, 2007

Hosnan, M, dan Hartini Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam
Pembelajarn Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.


Kusuma, Wijaya, dan Dedi Dwitagama, Mengenal Penelitian Tindakan
Kelas, Jakarta: PT Indeks, 2010

Komsiyah, Indah, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Sukses
Offset, 2012.

Pratiwi, Ratna Dwi, Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Randugunting 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014, Semarang: UNNES, 2013

Suwandi, Sarwiji, Penelitian Tindakan Kelas, Surakarta: Yuma
Pustaka, 2010

Purwanto, Ngalim Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009

Tampubolon, Saur, Penelitian Tindakan Kelas SebagaiPengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuwan, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2013.

Rusmono, Strategi Pembelajaran Problem Based Learning,
Bogor:Ghalia Indonesia, 2012

Thobroni, M, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,
2015

Susanto, Ahmad, Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 2013

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010

Widoyoko, Eko Putro, Penialian Hasil Pembelajaran di Sekolah, Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2014
Published
2022-12-09
How to Cite
Dahliana, D., Putra, F., & Syafi’i, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning Di MI Nuruddin I Banjarmasin. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 33-38. https://doi.org/10.21093/sippg.v1i1.5429