PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN DI KELAS IX MTS

  • Firnanda Pradana Putra UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Media Pembelajaran berbasis Flash 8, Kekongruenan, Kesebangunan

Abstract

Perkembangan teknologi di abad ke 21 menjadi sangat pesat. Salah satu dari pemanfaatan teknologi yang banyak digunakan sekarang ini adalah media komputer. Pemanfaatan media komputer dapat membantu guru dan siswa dalam kegiatan dan pengelolaan pembelajaran di kelas. Media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 merupakan suatu contoh dari aplikasi media komputer yang dapat membantu kegiatan pembelajaran di kelas. Artikel ini mendeskripsikan tentang penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada materi kesebangunan dan kekongruenan di kelas IX MTS. Prosedur dalam penelitian terdiri atas analisis kebutuhan produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, dan ujicoba produk. Teknik pengumpulan data melalui lembar respon siswa, observasi, dan validasi. Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada materi kesebangunan dan kekongruenan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Author Biography

Firnanda Pradana Putra, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Man Jadda Wa Jadda

References

AECT. (1977). Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Budiantoh, H. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Administrasi Perkantoran (Online), Vol. 3 No. 1.
Harahap, L. W., & Surya, E. (2017). Development of Learning Media in Mathematics for Students with Special Needs. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), Vol. 33, No. 3, pp 1-12.
Haryono. (2004). Aplikasi Macromedia Flash MX 2004. Yogyakarta: ANDI.
Heinich, R. M., & Russel, J. D. (1996). Instructional Technology for Teaching and Learning: Designing Instruction, Integrating Computers and Using Media. Upper Saddle River, NJ: Merril Prentice Hall.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Matematika Buku Guru Kelas IX Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika. 2011. Aplikasi Kesebangunan dalam
Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional
Kristanto, Y. D., Amin, S. M., & Khabibah, S. (2016). The Development of Investigate Learning Materials Using Computers Assisted Instruction in the Topic of Reflection for Grade VII. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, Vol. 1, No. 2, pp. 172-182.
Novitarini, R. (2012). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Macromedia Flash dan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Kearsipan Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Online), http://lib.unnes.ac.id/view/year/2012.html.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Salim, K., & Tiawa, D. H. (2015). The Student's Perceptions of Learning Mathematics using Flash Animation Secondary School in Indonesia. Journal of Education and Practice.
Sani, D. M., Noornia, A., & Ratnaningsih. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa CD Pembelajaran Interaktif pada Pokok Bahasa Pola, Barisan, dan Deret Bilangan dengan Pendekatan Kontekstual di Kelas IX. Fakultas dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta, 1-10.
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. KREANO, 1-7.
Simonson, M. R., & Thompson, A. (1994). Educational Computing Foundations. Columbus: On: Meril.
Soenarto. (2003). Metodologi Penelitian Pengembangan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Yudhiantoro, D. (2006). Membuat Animasi Web dengan Macromedia Flash Profesional 8. Yogyakarta: ANDI.
Published
2022-02-15
How to Cite
Putra, F. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN DI KELAS IX MTS. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 24-36. https://doi.org/10.21093/bjsme.v2i1.6436