Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kelompok B RA Al-Islamiyah Al-Khalidiyah Samarinda

  • Niken Ayu Trimusqirfa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Khoirunnisa Khoirunnisa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nor Rosita Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Yulistia Intan Amelia Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nasnawati Nasnawati RA Al-Islamiyah Al-Khalidiyah Samarinda
  • Ahmad Riyadi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: konsentrasi belajar, kegiatan meronce

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan prasiklus dan siklus I. Proses penelitian melibatkan beberapa tahap, seperti perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 15 anak Kelompok B di RA Al-Islamiyah Al-Khalidiyah Samarinda. Dalam hasil penelitian ini, terlihat adanya peningkatan sebanyak 5% pada presentase konsentrasi, yaitu dari 72% pada prasiklus menjadi 77% pada siklus I. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan permainan meronce mampu meningkatkan tingkat konsentrasi pada anak. Hasil tersebut mencerminkan dampak positif dari implementasi kegiatan meronce terhadap kemampuan konsentrasi anak dalam konteks pendidikan di RA Al-Islamiyah Al-Khalidiyah Samarinda.

References

Hera, A. J., & Latief, F. (t.t.). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Kelompok B Tk Islam Nurussalam Kabupaten Maros.
Konsentrasi Belajar—Pengertian, Aspek, Indikator, dan Cara Meningkatkan. (2021, Oktober 14). https://www.kajianpustaka.com/2021/10/konsentrasi-belajar.html
Primawati, Y. (2023). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Studies, 1(2), Article 2. https://journal.nubaninstitute.org/index.php/jecs/article/view/31
Sumarmo, U., & Upi, F. (t.t.). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik.
Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33
Nasriruddin, M. A., & Idris, H. (n.d.). Pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada SMK Negeri 1 Sinjai.
Raharja, A. T., & Wardhana, K. E. (2023). The Influence of Preschool Children’s Intellectual Maturity and Thematic Learning on Physical Education Learning Outcomes in Elementary School. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 8(2), 99-113. https://doi.org/10.21462/educasia.v8i2.140
Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886
Hartanti, W., & Wardhana, K. (2023). Membangun Literasi Lingkungan dengan Menerapkan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di TK Nasional KPS Balikpapan. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i1.5631
Published
2023-07-14
How to Cite
Trimusqirfa, N., Khoirunnisa, K., Rosita, N., Amelia, Y., Nasnawati, N., & Riyadi, A. (2023). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kelompok B RA Al-Islamiyah Al-Khalidiyah Samarinda. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(2), 95-100. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i2.7549