Penggunaan Media Permainan Tradisional Tembak Tutus Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini

  • Nur Aida Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Muzakki Muzakki Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Saudah Saudah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
Keywords: Anak Usia Dini, Perkembangan Kognitif, Tembak Tutus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media permainan tradisional tembak tutus dan peningkatan kognitif anak kelompok abu bakar usia 4-5 tahun dalam penggunaan media permainan tradisional tembak tutus di RA Ar-Raudhah Desa Hampalit Kabupaten Katingan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan model Kemmis dan MC Taggart; setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Tempat penelitian  dilaksanakan di RA Ar-Raudhah Desa Hampalit Kabupaten Katingan. Subjek penelitian anak kelompok abu bakar  usia 4-5 tahun yang terdiri dari 13 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kriteria keberhasilan penelitian sebesar 85%, untuk menentukan berhasilan atau tidak dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan tradisional tembak tutus pada siklus I, perkembangan kognitif anak belum mencapai tingkat perkembangan yang optimal, diadakan perbaikan langkah-langkah penggunaan media permainan tradisional tembak tutus pada siklus II. Selanjutnya dalam perkembangan kognitif anak mengenal pola ABC, dan mengenal lambang huruf, serta menulis huruf yang telah dicontohkan belum berkembang secara optimal pada pra siklus diperoleh hasil sebesar 38,4%. Siklus I hasil rata-rata diperoleh sebesar 62,1%, tetapi belum mencapai indikator keberhasilan atau target yang harus dicapai sebesar 85%, sehingga dilanjutkan lagi pada siklus kedua menghasilkan rata-rata sebesar 93,7% dan kriteria penilaian berkembang sangat baik (BSB).

References

Berliana. (2021). Karakteristik Anak Usia Dini. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini.
Fitria. (2021). Layanan Belajar Inovatif Berbasis Kebudayaan Lokal Melalui Permainan Tradisional Pada Satuan PAUD di DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 142–150.
Hijriati, H. (2017). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.2034
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Kurniasari, A. F. (2020). Peningkatan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Eksperimen Warna Di Tk Budi Pekerti Mlati Sleman. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 169–178.
Lestari, P. I., & Prima, E. (2018). Permainan Congklak Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding, SINTESA, (November), 539–546.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Maswan, M. (2013). Variasi Pembelajaran Dalam Teknologi Instruksional. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2).
Pitriani, L. D., Nirmalasari, R., & Muzakki, M. (2021). Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(2), 112–121. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i2.198
Putri. (2019). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Menggunakan Media Kertas Origami Dalam Bentuk Geometri di Taman Kanak-Kanak Tunas Melati I Natar Lampung Selatan. Lampung Selatan.
Saleh. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini, Perlu Stimulasi Sejak Dini,. Jurnal Ilmiah pendidikan Anak Usia Dini, 21–41.
Saribu, P. B. D., & Simanjuntak, J. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di KB Tunas Harapan Kecamatan Sunggal Kab. Deli Serdang. Jurnal Usia Dini, 4(1), 28–38.
Siahaan, J. M., & Sundhari. (2019). Pembelajaran Olahraga Tradisional Dan Rekreasiuntuk Sma Dirumah Betang Tumbang Manggu Kalimantan Tengah. Meretas, 6 (2), 116–132. Diambil dari https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/156%0Ahttps://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/download/156/101
Yohanes, R. S. (2010). Teori vygotsky dan implikasinya terhadap pembelajaran matematika. Jurnal Widya Warta, XXXIV(2), 854–1981.
Published
2024-03-19
How to Cite
Aida, N., Muzakki, M., & Saudah, S. (2024). Penggunaan Media Permainan Tradisional Tembak Tutus Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 3(2), 85-93. https://doi.org/10.21093/bocah.v3i2.8287