STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN BANTUAN KINERJA DAN AFIRMASI (BKBA) PENDIDIKAN PADA MADRASAH
Abstract
Pada riset ini bertjuan untuk mendeskrispkan cara kepala madrasah dalam pengelolaan bantuan kinerja dan afirmasi pendidikan. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dengan teknik analisis melakukan koleksi data, kondensasi, dispaly data dan verifikasi. Riset memperoleh hasil dimana kepala madrasah memiliki peran membimbing dan mendampingi stat dalam proses penyusunan anggaran, melakukan persetujuan atau penolakan di aplikasi jika tidak secara dengan standar nasional pendidikan, melakukan sosialiasi, monitoring dan evaluasi serta perbaikan secara. Komponen madrasah penerima kinerja memiliki kensenjangan 11,37 lebih tinggi dari pada madrasah penerima bantuan afirmasi sebesar 0,23. Madrasah penerima bantuan afirmasi memiliki kesenjangan -0, 42%, yang bersifat negative atau kekurangan beberapa komponen yang sangat memerlukan bantuan, sedangkan pada madrasah penerima bantuan kinerja sudah memiliki pengembangan komponen madrasah dan nilai evaluasi diri madrasahnya memiliki kinerja baik.
References
Agustin, Nur Aini Yulia, Imam Bukhori, and Mohammad Ahyar Ma’arif. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Di Masa Pandemi Di SMP Miftahul Hasanain.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 4 (2022): 1940–44.
Ali, Madekhan. “Eliminasi Kesenjangan Kualitas SDM Melalui Kebijakan Afirmasi Pendidikan di Jawa Timur.” Jejaring Administrasi Publik 12, no. 1 (November 18, 2020): 43–57. https://doi.org/10.20473/jap.v12i1.23300.
Alwi, Istinari Basori, and Imam Machali. “Pengaruh Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Melalui Variabel Kontrol Etos Kerja Di SMK Daarul Abroor Tasikmalaya.” Jurnal Pendidikan Madrasah 6, no. 2 (December 9, 2021): 155–64. https://doi.org/10.14421/jpm.2021.62-21.
Amelia, Guciano. “Mekanisme Pencairan Dana Hibah Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Padang.” PhD Thesis, Universitas Andalas, 2019.
Amiruddin, Amiruddin, Fachruddin Fachruddin, Qomaruddin Lubis, Siti Rahma Ismiatun, Rija Ansyari, and Azmar Azmar. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022): 1458–65.
Aristianingsih, Riska, Irawan Irawan, and Moh Sulhan. “Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Kinerja Tenaga Kependidikan Di Madrasah.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 7, no. 1 (2022): 43–52.
Arthasari, Made Sri Rejeki, and Cokorda Gde Bayu Putra. “Pengaruh Motivasi, Penghargaan Finansial, Dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Untuk Berkarir Sebagai Akuntan.” Hita Akuntansi Dan Keuangan 3, no. 3 (2022): 34–47.
Asyifa, Vinolia Supriyati, Rukmini Rukmini, and Desy Nur Pratiwi. “Analisis Penghargaan Finansial, Pertimbangan Pasar Kerja Dan Persepsi Standar Audit Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Menjadi Auditor.” Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 10, no. 2 (2022): 203–14.
Aunika, Naila, and H. M. Sodik. “Pengaruh Penghargaan Finansial, Pertimbangan Pasar Kerja Dan Personalitas Terhadap Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik.” BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 04 (2022): 509–18.
Aziz, Muhammad Zahid Abdul, and Ambar Budhisulistyawati. “Kajian terhadap kontrak beasiswa afirmasi lembaga pengelola dana pendidikan (lpdp) berdasarkan kitab undang-undang hukum perdata (kuh perdata),” no. 2 (2018): 6.
Azizah, Inezalda Sonia. “Strategi Kepala Madrasah Melalui Branding Sekolah Dengan Program Riset Di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo.” PhD Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2022.
Bala, Rahmad, Muh Amiruddin Salem, Aminah Taher, and Jainul Abidin Badu. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan: Di Mts Negeri Kota Kupang.” Perspektif 1, no. 4 (2022): 394–411.
Basit, Hamid Abdul. “Peranan Supervisi Kepala Madrasah terhadap Kreativitas Guru dalam Pengelolaan Kelas di MTsN 1 Gunungkidul” 6 (2021): 8.
Dewi, Vera. “Problematika Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Madrasah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Negeri 1 Kota Bengkulu.” PhD Thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2022.
Eko Dono, Bagus. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. 2021st ed. Bondowoso: guepedia, 2021.
Eliyanto, Eliyanto. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Muhammadiyah Di Kabupaten Kebumen.” Jurnal Pendidikan Madrasah 3, no. 1 (May 30, 2018): 169–81. https://doi.org/10.14421/jpm.2018.31-14.
Fitriani, Zarkasyih. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Program Sanggar Tahfidz Entrepreneur (STE) Di Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo.” PhD Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2022.
Hadirman, Hadirman. “Problematika Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Lembaga Pendidikan Islam Di Tengah Komunitas Minoritas Muslim (Studi Di MIN 1 Minahasa).” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 2 (2022): 304–15.
Hakim, M. Ikhwanul, and Muh Zulkifli. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam 1, no. 2 (2022): 301–14.
Helaluddin, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019.
Hidayati, Wiji, Zakiatus Syarifah, and Sedya Santosa. “Supervisi Pendidikan Berbasis Tauhid” 7 (2022): 12.
Jamil, Jamil, and Muin Muin. “Pengaruh Persepsi, Kompensansi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Tutor.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 7, no. 1 (2022): 85–106.
Jannah, Raidatul, Endah Tri Wisudaningsih, and Arifia Retna Yunita. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Suko Seneng Krucil.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 4 (2022): 1686–92.
“Juknis Bantuan Kinerja Dan Bantuan Afirmasi Kementerian Agama RI.” Direktur Jendral Pendidikan Islam, 2022.
Karno, Edy. “Kebijakan Pendidikan di Sulawesi Tenggara (Memadu Mutu, Afirmasi, dan Partisipasi).” Shautut Tarbiyah 24, no. 1 (October 4, 2018): 37. https://doi.org/10.31332/str.v24i1.952.
Khoiriyyah, Al Asror, and Mohammad Syukron. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Guru Madrasah Aliyah Di Kota Semarang (Studi Kasus Di Man 1, Ma.” Pascasarjana UIN Walisongo Semarang, 2021, 5.
Latif, Muh Ainul. “Problematika Implementasi Kurikulum Pesantren Di Madrasah Aliyah Fathul Hidayah.” EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya 5, no. 1 (2022): 77–88.
Linda, Nurmala. “Peran Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Ma’arif Keputran.” PhD Thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications, 2014.
Muhaemin, Rizqi Abdul, and Abubakar Umar. “Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Mathla’ul Huda.” Jurnal Pendidikan 10, no. 2 (2022): 199–208.
Nasution, Marisha Khairatunnisa, Neliwati Neliwati, and Muhammad Rifa’i. “Kinerja Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs. Al-Wasliyah Gedung Johor Medan.” Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora 2, no. 1 (2022).
Nikmah, Itsniatun, and Maya Mustika Kartika Sari. “Strategi Adaptasi Mahasiswa Afirmasi di Universitas Negeri Surabaya” 03 (2016): 16.
Noviana, Risma Yoga, and Asriana Kibtiyah. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ahmad Banjardowo Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016.” Eduscope: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi 8, no. 1 (2022): 14–22.
Nuryamujiatun. “Problematika Pendidikan Nasional” 2021 (2021): 154–64. http://riset-iaid.net/index.php/bestari.
Rivai, Ardian Bakhtiar. “Kebijakan Afirmasi Pendidikan Tinggi untuk Papua.” CosmoGov 1, no. 2 (2017): 266. https://doi.org/10.24198/cosmogov.v1i2.11838.
Rizaldi, Muh Rico, and Diqbal Satyanegara. “The Pengaruh TQM Terhadap Kinerja Karyawan Dimoderasi Sistem Penghargaan (Pegawai KPP Pratama Cilegon).” In MDP Student Conference, 1:9–15, 2022.
Robial, Surtan. “Supervisi Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung.” PhD Thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022.
Safi’ah, Ranti. “Upaya Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bego Dari Tahun Ajaran 2011/2012 – 2014/2015.” Jurnal Pendidikan Madrasah 2, no. 2 (December 15, 2017): 235–49. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.22-02.
Siswandari, Fini. “Integrated Strategies: Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro” 6 (2021): 5.
Suryani, Kadek, and FoH. Kinerja Organisasi. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Thahir, Musafir. “Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Di Makassar.” Jurnal Ilmiah Islamic Resources 19, no. 1 (2022): 1–11.
Triwinarsih, Hamidah. “Kinerja Supervisor Dan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Di Kota Yogakarta.” Jurnal Pendidikan Madrasah 6, no. 1 (May 31, 2021): 17–30. https://doi.org/10.14421/jpm.2021.61-03.
Uno, Hamsah, and Nina Lamatenggo. Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Bumi Aksara, 2022.
Wahyudi, Moh, Lita Anis Setya, and Epa Nurpadilah. “Analisis Pemberian Kompensasi Islami Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia.” JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) 2, no. 1 (2022): 1–18.
Wardani, Julia Sapira, M. Hady Al Asy Ary, M. Rafly Aditya, Nurhasanah Silitonga, and Ridha Amirah. “Manajemen Strategi: Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di MTs Al-Washliyah KM. 6.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 (2022): 122–27.
Wijayanti, Tutut Eni. “Pengaruh Efektifitas Penerapan Sipkd, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pengetahuan Tentang Manajemen Keuangan, Penerapan Spip, Dan Standar Akuntansi Pemerintahan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (Studi Empiris Pada Dinas Skpd Dan Badan-Badan Kabupaten Karangayar).” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.
Zahro, Anna Ma’ratuz, Ahmad Yusuf Sobri, and Ahmad Nurabadi. “Kepemimpinan Perubahan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.” JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1, no. 3 (2018): 358–63.