PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PENGELOLAAN WAKAF UANG PADA PERWAKILAN BADAN WAKAF INDONESIA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

  • Muh. Arief Budiman Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Masyithah Umar Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Budi Rahmat Hakim Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
Keywords: Badan Wakaf Indonesia (BWI), Pengelolaan, Wakaf Uang

Abstract

Dampak pengelolaan wakaf sangatlah besar terhadap pembangunan umat, terutama jika melihat data BWI bulan Januari Tahun 2021 menyebutkan bahwa total wakaf di Indonesia mencapai nilai 180 Triliun Rupiah. Nilai wakaf yang sangat besar ini memerlukan pengelolaan yang benar dan terperinci, sehingga wakaf dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat secara optimal. Namun dalam pengelolaan dana wakaf oleh BWI tidak terlepas dari berbagai macam problematika, dalam penelitan ini terangkum pada tiga permasalahan utama yaitu permasalahan dalam perhimpunan wakaf uang, pendayagunaan wakaf uang, dan pendistribusian hasil manfaat wakaf uang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi pada problematika pengelolaan wakaf uang pada perwakilan BWI Kalimantan Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan jenis field research. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, data primer yaitu dengan wawancara langsung kepada pihak pengelola wakaf perwakilan BWI Kalimantan Selatan dan data sekunder mengambil dari data yang diterbitkan oleh BWI. Hasil penelitian menjelaskan bahwa BWI Kalimantan Selatan dalam penghimpunan wakaf uang perlu meningkatkan sosialisasi mengenai wakaf uang pada level masyarakat umum dan level pemerintahan, dalam hal pengelolaan wakaf uang di Kalimantan Selatan pihak BWI perlu meningkatkan tingkat kompetensi sebagai nazhir sehingga dana wakaf dapat terus bertumbuh bukan malah berkurang. Adapun dalam permasalahan pendistribusian wakaf, perlu kiranya BWI meningkatkan koordinasi kepada yayasan atau lembaga yang bergerak dibidang sosial, lembaga amil zakat sehingga manfaat dari wakaf dapat terdistribusikan secara optimal.

References

Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf
PBWI Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Badan Wakaf Indonesia
Peraturan Menteri Agama No. 4 tahun 2009 tentang Administrasi Pendaftaran Wakaf Uang
Abdullah, Junaidi. "Tata Cara Dan Pengelolaan Wakaf Uang Di Indonesia." ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf Vol. 4, No. 1 (2018): 87-104.
an-Naisyaburi, Muslim bin al-Hajjaj Abu al-Hasan al-Qusyairi. Al-Musnad as-Shahih Al-Mukhtâsar Bi Naql Al-Adl an Al-Adl Ilâ Rasulillah Saw. Beirut: Dâr al-Ihya at-Turats al-Arabi, tth.
an-Nasai, Abu Abdurrahman Ahmad bin Syu’aib bin Ali bin Ali al-Khurasani. Al-Mujtabâ Mi as-Sunan=Sunan Ash-Sughra Li an-Nasâ’i. Halb: Maktab al-Mathbu’ah al-Islâmiah, 1986.
asy-Syâfiî, Syamsuddîn Muhammad bin Ahmad al-Khatîb al-Syarbânî. Mughnî Al-Muhtâj Ilâ Ma'rîfat Ma'ânî Alfâzh Al-Minhâj Beirut: Dâr al-Kutub al-Ilmiah, 1994.
az-Zuhaili, Wahbah. Al-Fiqh Al-Islâmi Wa Adillatuh. Beirut: Dâr al-Fikr, 1989.
Daud, Alfani. Islam Dan Masyarakat Banjar: Diskripsi Dan Analisis Kebudayaan Banjar. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1997.
Fanani, Muhyar. Berwakaf Tak Harus Kaya: Dinamika Pengelolaan Wakaf Uang Di Indonesia. Semarang: Walisongo Press, 2010.
Halim, Abdul and Mhd Rasidin. Hukum Perwakafan Di Indonesia. Jakarta: Ciputat press, 2005.
Hendrik, Mohamad and Mufidah. "Peran Badan Wakaf Indonesia Pasca Terbitnya Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf." SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i Vol. 6, No. 5 (2019): 30.
Hidayatullah and Faris Ali Sidqi. "Revitalisasi Badan Wakaf Indonesia (Bwi) Analisis Kritis Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf." Al-Adl: Jurnal Hukum Vol. 11, No. 1 (2019): 18.
Huda, Miftahul. Pengelolaan Wakaf Dalam Perspektif Fundraising: Studi Tentang Penggalangan Wakaf Pada Yayasan Hasyim Asy'ari, Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Yayasan Badan Wakaf, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Dan Yayasan Dana Sosial Al-Falah, Surabaya. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2012.
Ilfi, Nur Diana. Hadis-Hadis Ekonomi. Malang: UIN-Maliki Press, 2012.
Indonesia, Depatemen Agama Republik. Proses Lahirnya Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, 2006.
Indonesia, Kementrian Agama Republik. Fiqih Wakaf. Jakarta: Proyek Peningkatan Zakat dan Wakaf, 2003.
Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Soemitra, Andri. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Prenada Media, 2017.
Syuaeb, Muzakkir. "Wakaf Uang Dan Implikasi Sosial Perspektif Ushul Fiqh." Tafaqquh: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahawl As Syahsiyah Vol. 4, No. 2 (2019): 21.
Wawancara pribadi dengan Bendahara Umum Perwakilan Badan Wakaf Provinsi Kalimantan Selatan, Tanggal 20 Juni 2022
Wawancara pribadi dengan Ketua Perwakilan BWI Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Drs. H. M. Fadhly Mansoer, MM, tanggal 1 Juli 2022
Wawancara pribadi dengan Wakil Ketua Perwakilan BWI Provinsi Kalimantan Selatan, Bapak Drs. H. Muslim, M.Pd.I, tanggal 1 Juli 2022
Published
2023-07-31
How to Cite
Budiman, M., Umar, M., & Hakim, B. (2023). PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PENGELOLAAN WAKAF UANG PADA PERWAKILAN BADAN WAKAF INDONESIA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 6(1), 47-69. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v6i1.6584