IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PAI DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Aimatul Izza universitas muhammadiyah sidoarjo
  • Anita Puji Astutik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar, pendidikan agama islam, sekolah menengah pertama

Abstract

      Tujuan pendalaman ini merupakan untuk menganalisis implementasi silabus merdeka belajar dalam pengkajian agama islam ( PAI ) pada jenjang sekolah menengah pertama ( SMP ). Kurikulum Merdeka Belajar ( KMB ) yaitu upaya pemerintah untuk meroformasikan pembelajaran di indonesia dengan membagikan kelonggaran kepada sekolah untuk meningkatkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.      Pendalaman ini memakai cara pendalaman kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data disatukan melewati pengamatan, wawancara, dan dokumentasi terkait kurikulum dan pembelajaran. Responden penelitian ini terdiri dari pengajar pengkajian  agama islam ( PAI ) di sekolah menengah pertama ( SMP ) Islam Sidoarjo yang mengimplementasikan silabus merdeka belajar.      Hasil penyelidikan membagikan bahwa ini program silabus merdeka belajar  untuk studi agama islam ( PAI ) di sekolah menengah pertama ( SMP ) Islam Sidoarjo mempunyai beberapa keuntungan. Pertama, pengajar dapat menyesuaikan taktik pengkajian dengan gaya belajar siswa, sehingga mengembangkan keterlibatan dan pemahaman mereka. Kedua, pengajar dapat memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta keadaan setempat, mengembangkan makna pendidikan. Ketiga, pengajar mempunyai kebebasan untuk menilai kemajuan peserta didik dengan menggunakan cara penilaian yang sesuai dengan sifat dan kebutuhan siswa.

References

Abdul Razak, Andi, Fathul Jannah, and Khairul Saleh, ‘Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa Di SMK Kesehatan Samarinda’, El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 1.2 (2019), 95–102
Al-asyhi, Syaikhuna, ‘Perspektif Historis Transformasi Kurikulum Di Indonesia’, Islamic Studies Journal, 2 (2014), 140–47
Anggraeni, Nariratih, and Budi Haryanto, ‘Faktor-Faktor Yang Meningkatkan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Islam Di Indonesia: Literature Review’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6.1 (2022), 489–96
Astutik, Anita Puji, ‘Implementasi Pembelajaran Kecerdasan Spiritual Untuk Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Islam’, Halaqa: Islamic Education Journal, 1.1 (2017), 9–16
Bahri, Syamsul, ‘Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya’, Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11.1 (2017), 15
Daga, Agustinus Tanggu, ‘Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7.3 (2021), 1075–90
Firdaus, Heroza, Azkya Milfa Laensadi, Gupo Matvayodha, Fitri Nauli Siagian, and Ika Aryastuti Hasanah, ‘Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.4 (2022), 686–92
Hoffmann, 2009, ‘Metode Penelitian’, Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 53.9 (2009), 1689–99
Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin, ‘Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6.1 (2022), 1224–38
Lubis, Masruroh, Dairina Yusri, and Media Gusman, ‘Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning’, Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE), Vol. 1 No. 1Juli 2020, 1.No.2 (2020), 1–18
Noor, Tajuddin, ‘Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum Dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf’, Universitas Singaperbangsa Karawang, 20, 2018, 123–44
Permana, A I, N Nurhafizah, and ..., ‘Strategies for Developing the Religious and Moral Aspects of Early Childhood’, … Ilmiah Pendidikan …, 5.2 (2022), 111–29
Sherly, Edy dharma, and Humiras Betty Sihombing, ‘Merdeka Belajar: Kajian Literatur’, UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1 (2020), 183–90
Sintiawati, Nani, Saktika Rohmah Fajarwati, Agus Mulyanto, Kingking Muttaqien, and Maman Suherman, ‘Partisipasi Civitas Akademik Dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)’, Jurnal Basicedu, 6.1 (2022), 902–15
Solehudin, Deni, Tedi Priatna, and Qiqi Yuliati Zaqiyah, ‘Konsep Implementasi Kurikulum Prototype’, Jurnal Basicedu, 6.4 (2022), 7486–95
Susilowati, Evi, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam’, Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1.1 (2022), 115–32
Taufiq, Ahmad, ‘Paradigma Baru Pendidikan Tinggi Dan Makna Kuliah Bagi Mahasiswa’, Journal of Chemical Information and Modeling, 10.1 (2018), 40
Vhalery, Rendika, Albertus Maria Setyastanto, and Ari Wahyu Leksono, ‘Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur’, Research and Development Journal of Education, 8.1 (2022), 185
Wafi, Abdul, ‘Http://Journal.Umg.Ac.Id/Index.Php/Tamaddun/Article/View/88Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam’, Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1.2 (2017), 133–39
Published
2023-07-31
How to Cite
Izza, A., & Astutik, A. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PAI DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. El Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 6(1), 83-90. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v6i1.6829