KONSEP PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN INFORMAL PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISHBAH

  • Muhammad Polem UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Afrilia Dwi Cahya UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Ahmad Junizar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Karman Karman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hafidz Muslih UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Kata Kunci : Nilai-Nilai Sosial Moderasi Beragama, Pendidikan Informal, Tafsir Al-Mishbah

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran bagaimana konsep penanaman nilai-nilai sosial moderasi beragama dalam pendidikan informal perspektif tafsir Al-Mishbah Q.S Al-Baqarah Ayat 143. Adapun metode penulisan dalam artikel ini menggunakan studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara membaca literatur yang bersumber dari buku-buku ataupun artikel yang relevan dengan penelitian. Sementara teknik analisis data dengan cara inventarisasi, kategorisasi, dan analisis data penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pendidikan informal (keluarga) menjadi cikal bakal terbentuknya kepribadian seorang anak, karena pendidikan informal bersifat kodrati. Maka secara tidak langsung mental maupun biologis anak yang lahir otomatis mewarisi sifat dari kedua orang tuanya. Oleh karena itu, setidaknya orang tua memiliki tiga tanggung jawab besar terhadap anaknya, meliputi tanggung jawab berkenaan dengan pendidikan akidah, pendidikan ibadah serta pendidikan akhlak. Kemudian dalam pengimplementasian nilai-nilai sosial moderasi beragama seorang anak, berdasarkan analisis tafsir Al-Mishbah Q.S Al-Baqarah Ayat 143 dapat ditempuh dengan metode nasihat dan keteladanan. Sehingga kesimpulan dalam artikel ini ketika orang tua berhasil menanamkan nilai-nilai sosial moderasi beragama kepada anaknya, niscaya anak itu akan menjadi seorang yang moderat dan pada dirinya tumbuh sikap saling menghargai, semangat persatuan dan kesatuan, cinta kedamaian serta memiliki jiwa peduli sosial yang tinggi.

Author Biographies

Afrilia Dwi Cahya, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Pascasarjana Pendidikan Agama Islam

Ahmad Junizar, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pascasarjana Pendidikan Agama Islam

Karman Karman, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pascasarjana Pendidikan Agama Islam

Hafidz Muslih, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pascasarjana Pendidikan Agama Islam

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdi, Muhammad Iwan, ‘Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Berbasis Boarding School Di Indonesia’, El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 2021, 257–76
Adi, La, ‘Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam’, Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, 7.1 (2022), 1–9
Akhmadi, Agus, ‘Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia’, Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13.2 (2019), 45–55
al-Ashafani, Al-Raghib, ‘Mu’jam Mufradat Afaadz Al-Quran,(Beirut: Dar Al-Fikr, Tp. Th)’, Bandung, Pustaka Setia, 2003
Besari, Anam, ‘PENDIDIKAN KELUARGA SEBAGAI PENDIDIKAN PERTAMA BAGI ANAK’, Jurnal Paradigma, 14.01 (2022), 162–76
Darmalaksana, Wahyudin, Cara Menulis Proposal Penelitian (Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020)
Fahri, Mohamad, and Ahmad Zainuri, ‘Moderasi Beragama Di Indonesia’, Intizar, 25.2 (2019), 95–100
Fajri, Zaenol, and Sayyidatul Mukarromah, ‘Pendidikan Akhlak Perspektif Al Ghazali Dalam Menanggulangi Less Moral Value’, Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5.1 (2021), 31–47
Farida, Yusmar, and Syeri Oktavia, ‘AKSENTUISI MODERASI BERAGAMA DALAM LINGKUNGAN KELUARGA SEJAK DINI’, JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 3.2 (2023), 129–34
FARIHATUN, FARIHATUN, and SAFIRA N U R AULIYA, ‘INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM’, Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 14.2 (2022), 41–57
Fauzi, Ahmad, ‘Moderasi Islam, Untuk Peradaban Dan Kemanusiaan’, Jurnal Islam Nusantara, 2.2 (2018), 232–44
Giddens, Anthony, A Contemporary Critique of Historical Materialism (Univ of California Press, 1981), I
Haryani, Elma, ‘Pendidikan Moderasi Beragama Untuk Generasi Milenia: Studi Kasus Lone Wolf” Pada Anak Di Medan’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18.2 (2020), 145–58
Hasan, Mustaqim, ‘Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa’, Jurnal Mubtadiin, 7.02 (2021), 110–23
Hasani, Badrun, ‘Peran Keluarga Dalam Penguatan Moderasi Beragama Untuk Pemantapan Empat Pilar Kebangsaan’, Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6.1 (2023), 260–73
Hidayat, Rofiq, ‘Manajemen Dakwah Bil Lisan Perspektif Hadits’, Jurnal Al-Tatwir, 6.2 (2019), 33–50
Irama, Yoga, and Mukhammad Zamzami, ‘Telaah Atas Formula Pengarusutamaan Moderasi Beragama Kementerian Agama Tahun 2019-2020’, KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 11.1 (2021), 65–89
JUWARI, JUWARI, ‘MODERASI BERAGAMA PERPEKTIF AL QUR’AN DAN HADITS DAN IMPLEMENTASINYA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM’, Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 13.2 (2022)
Karo-Karo, DEMMU, ‘Membangun Karakter Anak Dengan Mensinergikan Pendidikan Informal Dengan Pendidikan Formal’, Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1.2 (2014)
Lessy, Zulkipli, Anisa Widiawati, Daffa Alif Umar Himawan, Fikri Alfiyaturrahmah, and Khairiah Salsabila, ‘Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar’, Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3.02 (2022), 137–48
Muchtar, M Ilham, ‘“UMMATAN WASATHAN” DALAM PERSPEKTIF TAFSIR AL-TABARIY’, PILAR, 4.2 (2013)
Mujahidin, Anwar, ‘Hubungan Kebudayaan Tafsir Indonesia Analisis Kisah Ibrahim Dan Musa Dalam Tafsir Karya)) Mahmud Yunus, Hamka, Dan M. Quraish Shihab’, Nun, 3.1 (2017), 89–116
Mustofa, Ali, ‘Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam’, CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5.1 (2019), 23–42
Nur, Muhammad, ‘Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Konsep Pendidikan Multikultural’, El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 2019, 1–7
Quraish, M, and Tafsir al-Misbah Shihab, ‘Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an Cet. I’, Jakarta: Lentera Hati, 2002
Rahman, Abdul, ‘Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi Dan Isi-Materi’, Jurnal Eksis, 8.1 (2012), 2053–59
Rahman, Fahrul, and Ummu Kalsum Muzakkir, Pendidikan Islam Bidang Akhlak KH Ahmad Dahlan (GUEPEDIA)
Rauf, Abdur, ‘Interpretasi Hamka Tentang Ummatan Wasatan Dalam Tafsir Al-Azhar’, QOF, 3.2 (2019), 161–77
RI, Tim Penyusun Kementerian Agama, ‘Moderasi Beragama’, Jakarta: Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019
Shihab, M, ‘Quraish Shihab, Tafsir Al Misbah, Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al Qur’an, Vol. 7, Cet’, Ke-4, Jakarta: Lentera Hati, 2004
Shihab, M Quraish, Wasathiyyah Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama (Lentera Hati Group, 2019)
Ulfaturrohmatiririn, Zahro, Zulkipli Lessy, Isnan Arifin, Cahyaningtias Dwi Prabowo, Muhammad Zaki Mubarok, and Asih Rohmatul Listiani, ‘Managing Plurality to Boost Harmony Among Religious Adherents in Indonesia’, Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 21.2 (2021), 137–46
Umar, Mardan, Feiby Ismail, and Nizma Syawie, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini’, Edukasi, 19.1 (2021), 101–11
Wahyudin, Wahyudin, Ahmad Taufiq, and Athoillah Islamy, ‘Nilai Sosial Keberagamaan Islam Dalam Moderasi Beragama’, Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 3.2 (2021), 273–90
Yaakub, Muhamadul Bakir Bin Hj, and Khatijah Binti Othman, ‘A Conceptual Analysis of Wasatiyyah (Islamic Moderation-IM) from Islamic Knowledge Management (IKM) Perspective’, Revelation and Science, 7.1 (2017)
Yakub, Yakub, ‘Pendidikan Informal Dalam Prespektif Pendidikan Islam’, TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5.01 (2020), 92–103
Yunus, Firdaus M, ‘Konflik Agama Di Indonesia Problem Dan Solusi Pemecahannya’, Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 16.2 (2014), 217–28
Zuhroh, Kalimatul, and M Anang Sholikhudin, ‘Nilai-Nilai Toleransi Antar Sesama Dan Antar Umat Beragama’, Journal Multicultural of Islamic Education, 3.1 (2019), 41–55
Published
2023-12-31
How to Cite
Polem, M., Cahya, A., Junizar, A., Karman, K., & Muslih, H. (2023). KONSEP PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN INFORMAL PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISHBAH. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 6(1), 233-252. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v6i1.7292