Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perilaku Sosial Peserta didik Di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta
Abstract
Abstract
This research is motivated by the policy of SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, which obliges the use of mobile phones by students to support communication and learning in school. However, this policy has given rise to risks and challenges due to the excessive use of mobile phones by students at their adolescent age, particularly impacting their social behavior. The aim of this study is to investigate the impacts arising from the use of mobile phones on the social behavior of students at SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. The research employs a descriptive qualitative approach, considered suitable for uncovering issues related to mobile phone usage and its impact on the social behavior of students. Data collection techniques in this research involve interviews, observations, and documentation. The data is then analyzed through four stages: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study indicate that mobile phone usage can diminish the quality of students' social interactions, leading to indifference and unresponsiveness to their environment, causing emotional instability that makes them prone to aggressive behavior, fostering cheating behavior during examinations, and giving rise to cases of cyberbullying. Overall, this research emphasizes the importance of prudent management regarding mobile phone usage among students to mitigate the negative impacts that arise in shaping positive social behavior in the current digital era.
Keywords: Adolescent Students, Mobile Phone usage, Social Behavior
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebijakan SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang mengharuskan penggunaan Handphone oleh peserta didik dalam menunjang komunikasi dan pembelajaran di sekolah. Namun, dari kebijakan tersebut menimbulkan resiko dan tantangan akibat penggunaan handphone yang berlebihan oleh peserta didik di usia mereka yang masih remaja khususnya pada perilaku sosial mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan handphone terhadap perilaku sosial peserta didik di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dianggap cocok untuk mengungkap masalah penggunaan Handphone dan dampaknya terhadap perilaku sosial peserta didik. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kemudian di analisis melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Handphone dapat menurunkan kualitas interaksi sosial peserta didik yang membuatnya acuh tak acuh terhadap lingkungan dan tidak responsif, menyebabkan ketidakstabilan emosi yang menyebabkan mereka cenderung berperilaku agresif, munculnya perilaku kecurangan saat ujian, dan timbulnya kasus Cyberbullying. Keseluruhan penelitian ini menegaskan pentingnya pengelolaan yang bijak terkait penggunaan Handphone di kalangan peserta didik untuk memitigasi dampak negatif yang timbul dalam membentuk perilaku sosial yang positif di era digital saat ini.
Kata Kunci : Penggunaan Handphone, Perilaku Sosial, Peserta didik remaja
References
Annisa, Annisa Firdaus, Puri Pramudiani. “Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Sopan Santun Pada Siswa Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 8, No. 4 (2022): 1408–16. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3211.
Asmurti, Andi Alimuddin Unde, Tawany Rahamma. “Dampak Penggunaan Smartphone Di Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol.6, No.2 (2018): 225. https://doi.org/10.31947/kjik.v6i2.5318.
Aswadi, Dana, Heppy Lismayanti. “Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Pendidikan Karakter Anak di Era Milenial.” STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol.4, No. 1 (2019): 89–98. https://doi.org/10.33654/sti.v4i1.970.
Athanasiou, Kalliope, Eirini Melegkovits, Elisabeth K. Andrie, Charalampos Magoulas, Chara K. Tzavara, Clive Richardson, Donald Greydanus, Maria Tsolia, and Artemis K. Tsitsika. “Cross-National Aspects of Cyberbullying Victimization among 14–17-Year-Old Adolescents across Seven European Countries.” BMC Public Health. Vol. 18, No. 1. (2018): 800. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5682-4.
Aziz, Abdul. “Handphone Mempengaruhi Terhadap Perilaku Remaja Usia SLTP (13-15 Tahun) Di Dusun Tegalpare Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi". Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam. Vol. VII, No. 2. (2016):352-377.
Aziz, Muchlis. “Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja Di Desa Dayah Meunara Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara” Jurnal Al-Ijtimaiyyah. Vol.4, No. 2 (2018). http://dx.doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v4i2.4204
Devi, Barkha, Dr Bidita Khandelwal, Mridula Das. “Application of Bandura’s Social Cognitive Theory in the Technology Enhanced, Blended Learning Environment,” IJAR: International Journal of Aplied Research. Vol.3, No.1. (2017):721-724.
Dewi, Heni Aguspita, Suryani Suryani, Aat Sriati. “Faktor faktor yang memengaruhi cyberbullying pada remaja: A Systematic review.” Journal of Nursing Care Vol.3, No. 2. (2020). https://doi.org/10.24198/jnc.v3i2.24477.
Hasanah, Nur, Dyah Kumalasari. “Penggunaan Handphone Dan Hubungan Teman Pada Perilaku Sosial Siswa SMP Muhammadiyah Luwuk Sulawesi Tengah”. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 2, No.1. (2015): 55–70. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i1.4613.
Indah Permata Sari, Nurwahyuni. “Dampak Game Online Mobile Legends Terhadap Perkembangan Emosi Siswa Kelas V SDI.” Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 8, No. 4 (2022): 1038–46. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2798.
Iqbal, Mohammed, Farhan Saeed, Shireen Qassim Bham, Mohammed Athar Khan, and Umer Hayat Ahmed Sharif. “Impact of Mobile Phone Use on Health, Behavior and Social Interactions among Children Aged 2 – 12 Years: Impact of Mobile Phone Use on Health, Behavior and Social Interactions.” Pakistan BioMedical Journal, (2022), 218–22. https://doi.org/10.54393/pbmj.v5i7.646.
Ismi, Nurul, Akmal Akmal. “Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang.” Journal of Civic Education. Vol. 3, No. 1 (2020): 1–10. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304.
Jamun, Yohannes Marryono, Heronimus E A Wejang. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa SMA Di Kecamatan Langke Rembong” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar.Vol.3, No.1 (2019): 1-7. https://doi.org/10.36928/jipd.v3i1.201
Jannah, Miftahul, M Ferdiansyah. “Analisis Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perkembangan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SDN 13 Tanjung Batu,” Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Vol. 4, No. 4. (2022): 1434-1441. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5542
Khoirunnisa, Amalia, Ni’matul Jannah, Tania Khairun Nisa, Riskiyana Prihatiningsih. “Analisis Tingkat Penggunaan Handphone pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Malang-Turen,” SEMDIKJAR: Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran.Vol. 6, No.6. (2023): 1941-1951. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3986
Kristiwati, Indri, Irfan, Arifuddin. “Dampak Handphone Android Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMAN 3 Kota Bima.” EDU SOCIATA: Jurnal Pendidikan Sosiologi. Vol. 3, No. 1 (2019): 43–52. https://doi.org/10.33627/es.v3i1.299.
Nuraliyah, Erni, Ahmad Fadilah, Elis Handayaningsih, Ernawati, Santi Librayanti Oktadriani. “Penggunaan Handphone dan Dampaknya bagi Aktivitas Belajar.” Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya. Vol. 8, No. 4 (2022): 1585. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.961.
Nurhayati, Tati. “Partisipasi Orangtua Terhadap Pembentukan Perilaku Sosial Remaja Di Desa Kaliwulu Kecamatan Preled Kabupaten Cirebon” EDUEKSOS: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi. Vol. 5, No. 1 (2016). http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v5i1.993
Perkasa, Abdul Gazam Diriadi, Nazriani Lubis, Rini Fadhillah Putri, and Teguh Satria Amin. “Tertiary Students’ Perception of Mobile Legend Game on Vocabulary Mastery." Indonesian Journal of ELT and Applied Linguistics Vol. 1, No. 2 (2022): 64–70. https://doi.org/10.32696/ijeal.v1i2.1319.
Prasetyo, Hendi, M. Ferdiansyah, Endang Surtiyoni. “Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perubahan Sikap Siswa dalam Berinteraksi di SMP Negeri 5 Palembang.” Jurnal Wahana Konseling. Vol. 4, no. 1. (2021): 69–80. https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.4926.
Razak, Andi Abdul, Fathul Jannah, Khairul Saleh. “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa Di SMK Kesehatan Samarinda.” El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies. Vol.1, No. 2 (2019). https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v1i2.1582
Retalia, Retalia, Tritjahjo Danny Soesilo, Sapto Irawan. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 12, no. 2 (2022): 139–49. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p139-149.
Sianturi, Yohana R. U. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar” Jurnal Kewarganegaraan. Vol. 5, No. 1 (2021): 276–84. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430.
Sofiana, Sofiana Nur Afidah, Fina Fakhriyah Fakhriyah, Ika Oktavianti Oktavianti. “Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Indonesian Gender and Society Journal. Vol. 3, No. 2 (2023): 53–59. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414.