PERAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN MASYARAKAT PADA KEGIATAN SOSIAL YAYASAN AL-HAYYU KECAMATAN WARU SIDOARJO

  • Shevi Charizah Risma UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Halimatus Sa'diyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Tarisa Zulfarati UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Fachrul Iffad UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Moh. Ilham UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Keterlibatan Masyarakat, Digital Marketing, Kegiatan Sosial

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Keterlibatan Masyarakat Pada Kegiatan Sosial Yayasan Al-Hayyu Kecamatan Waru Sidoarjo”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis peran digital marketing yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh Yayasan Al-Hayyu Kecamatan Waru Sidoarjo. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Kemudian teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini juga menganalisis berbagai aspek digital marketing yang diterapkan oleh Yayasan Al-Hayyu Kecamatan Waru Sidoarjo, termasuk pemilihan platform media sosial, pembuatan konten, serta strategi interaksi dengan audiens. Selain itu, ingin memahami agar dapat memanfaatkan platform digital (sosial media) untuk menarik perhatian masyarakat, meningkatkan kesadaran tentang kegiatan sosial, dan mendorong partisipasi masyarakat dalam kegiatan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan peran digital marketing yang lebih efektif bagi organisasi nirlaba atau non profit, khususnya dalam konteks meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan sosial.

Published
2024-09-25
How to Cite
Risma, S., Sa’diyah, N., Zulfarati, T., Iffad, M., & Ilham, M. (2024). PERAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN MASYARAKAT PADA KEGIATAN SOSIAL YAYASAN AL-HAYYU KECAMATAN WARU SIDOARJO. Mushawwir Jurnal Manajemen Dakwah Dan Filantropi Islam, 2(2), 1-12. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/mushawwir/article/view/9600