PENGARUH KONTEN YOUTUBE LOGIN TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UINSI SAMARINDA
Abstract
Latar belakang penelitian ini muncul di tengah perkembangan teknologi yang cepat, di mana internet digunakan di berbagai aspek kehidupan, muncullah media sosial yang menjadi dunia bagi masyarakat saat ini. Banyak yang menggunakan media sosial dengan berbagai alasan dan tujuan. Beberapa orang memanfaatkan media sosial untuk hal positif salah satunya ialah dakwah. Konten login hadir dengan membawa konsep yang unik dan menarik perhatian netizen, konten ini sering kali masuk trending di youtube dan viral di media sosial lainnya yang mulai mempengaruhi persepsi masyarakat terutama gen Z.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji regresi linear sederhana. Populasinya ialah mahasiwa KPI UINSI Samarinda yang masih aktif dan teknik sampling yang digunakan ialah Purposive Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner sebagai data primer dan dokumentasi sebagai data pendukung. Variabel konten login menggunakan indikator dari terpaan media, dan variabel komunikasi interpersonal menggunakan indikator dari sikap komunikasi, yang diturunkan menjadi petanyaan dan pernyataan dalam konteks moderasi beragama. Keabsahan data diuji dengan uji validitas dan reabilitas. Data dianalisis dengan uji regresi linear sederhana dengan bantuan program komputer IBM SPSS 26.
Dari hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Yang berarti variabel Konten Login (X) dapat dikatakan berpengaruh terhadap variabel Komunikasi Interpersonal (Y). Hasil dari koefisien regresi ditulis dengan rumus regresi linear sederhana menjadi Y = 4,981 + 1,015 X, yang berarti setiap penambahan 1% nilai Konten Login, maka nilai Komunikasi Interpersonal bertambah sebesar 1,015. Nilai koefisien regresi tersebut diketahui positif, atau dengan kata lain semakin seseorang mahasiswa terpapar dengan konten login maka akan semakin naik pula nilai terhadap komunikasi interpersonalnya. Hasil dari koefisien determinasi memiliki nilai R Square sebesar 0,650 yang dapat diartikan bahwa pengaruh konten login terhadap komunikasi interpersonal ialah sebesar 65%. Sementara sisanya sebesar 35% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini.






