PESAN DAKWAH SELF-HEALING DALAM CHANNEL YOUTUBE USTADZAH HALIMAH ALAYDRUS

  • Dina Nur Annisa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ida Suryani Wijaya Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Miftahul Huda Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Pesan Dakwah, Self-Healing, YouTube

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui isi pesan dakwah self-healing dalam channel YouTube Ustadzah Halimah Alaydrus. Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini membuat proses penyebaran dakwah Islam juga ikut mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini juga berdampak besar pada kesehatan mental masyarakat yang disuarakan sebagai akibat dari perubahan gaya hidup dan lingkungan sosial. Gaya hidup ini dinamakan gaya hidup digital. Ustadzah Halimah Alaydrus merupakan salah satu Da’i yang memanfaatkan adanya perkembangan teknologi saat ini sebagai media dakwah, salah satunya ialah YouTube. Salah satu tema yang diangkat dalam video dakwahnya ialah terkait self-healing. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis isi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: Pertama, dalam video-video tersebut, terdapat pesan self-healing yang terbagi menjadi tujuh tahapan. Kedua, pesan dakwah yang disampaikan terbagi menjadi tiga, yakni aqidah, syariah, dan akhlak.

References

Al-Ghazali, Imam. 2021.“Minhajul Abidin”. Pentahqiq, Badruddin Alawi. “Minhajul Abidin Pedoman Ahli Ibadah Menuju Rabbnya”. Cet. I. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Arifko, Yori. 2018. “Pengaruh Pesan Dakwah Pada Channel Youtube Yufid TV Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Agama Islam”, dalam Jurnal JOM FISIP Vol. 5 edisi 1 Januari – Juni.

Arisma, Lusi Yuliana. 2020. “Ada Kebohongan Besar Dibalut Agama ’ Di Channel Youtube Puella Ide, vol. 1, no. 1, 2021.Sulaeman, A. R., A. Fazri, and F. Fairus. “Strategi Pemanfaatan Youtube Dalam Bidang Dakwah Oleh Ulama Aceh.” Communication 11, no. 1.



Handaru, Bara Izzat Wiwah. 2021. “Tantangan Agama Di Era Globalisasi: Analisis Strategi Komunikasi, Karakteristik Dan Materi Dakwah.” El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam 2, no. 01.

Hariry, Sheila, M Nur Pahlevi, and A Rosyid Sentosa. 2023. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling Self-Healing Therapy in Overcoming Stress Perspective of Islamic Psychology” 5.

Indonesia, Data. “APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022”, dalam https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022. Diakses pada 08 Februari 2023.

Indonesia, Data. “Pengguna Youtube di Dunia Capai 2,41 Miliar pada Kuartal II/2022”, dalam https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-youtube-di-dunia-capai-241-miliar-pada-kuartal-ii2022. Diakses pada 08 Februari 2023.

Kaltim, Diskom Info. “Perkembangan Digitalisasi Ciptakan Perubahan Budaya Masyarakat”, dalam https://diskominfo.kaltimprov.go.id/teknologi/perkembangan-digitalisasi-ciptakan-perubahan-budaya-masyarakat. Diakses 24 Januari 2023

Mutohharoh, Annisa. 2022. “Self Healing : Terapi Atau Rekreasi?” JOUSIP: Journal of Sufism and Psychotherapy 2, no. 1.

Rakhmawati, Istina. 2016. “Perkembangan Media Sebagai Sarana.” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 4, no. 1.

Rahmah, Hardiyanti. 2021. “Konsep Berpikir Positif (Husnuzhon) Dalam Meningkatkan Kemampuan Self Healing.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 15, no. 2.
Published
2023-10-28