PEMANFAATAN MEDIA BARU SEBAGAI WADAH PUBLIKASI HUMAS UINSI SAMARINDA

  • Hanifah Lutfi Noor Salsabila Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Achmad Husri Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Media baru, publikasi, Humas, UINSI Samarinda

Abstract

Pemanfaatan media baru sebagai wadah publikasi Humas UINSI Samarinda telah menjadi fokus utama dalam menghadapi era digitalisasi. Latar belakangnya melibatkan perubahan perilaku masyarakat yang

semakin cenderung mengonsumsi informasi melalui platform digital. Rumusan masalahnya membahas bagaimana Humas UINSI Samarinda dapat memanfaatkan media baru secara efektif dalam menyampaikan informasi kepada publik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis konten

terhadap strategi pemanfaatan media sosial, website, dan platform digital lainnya yang diimplementasikan oleh Humas UINSI Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam jangkauan dan interaksi dengan publik melalui media baru, yang berdampak positif pada citra dan visibilitas UINSI Samarinda. Simpulannya adalah bahwa pemanfaatan media baru oleh Humas UINSI Samarinda mampu meningkatkan efektivitas komunikasi publik dan memperkuat konektivitas dengan berbagai pemangku kepentingan.

References

Akademik dan Kemahasiswaan UINSI. (2022). Uang Kuliah Tunggal. https://akademik.uinsi.ac.id/?page_id=92/ (Diakses pada 27 Desember 2023).
Data Binus Univessity. (2023). Tersedia dari: https://binus.ac.id/malang/communication/2022/06/20/apa-itu-
media-baru-dan-digital/
Cahyono, A. S. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial. Introduction to High Performance
Computing for Scientists and Engineers, x, 194–210.
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
HUMAS. (2023). Rakornas Humas PTKIN Se-Indonsia, Dirjn Pndis : Humas Harus Pintar Mnglola Isu. 6
Februari 2023. https://www.uinsi.ac.id/2023/02/06/rakornas-humas-ptkin-se-indonesia-dirjen-pendis- humas-harus-pintar-mengelola-isu/
Pepayosa, E., Surbakti, B., Islam, U., & Sumatera, N. (2021). MEMBANGUN CITRA HUMAS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA DALAM MEWUJUDKAN WORD CLASS UNIVERSITY. Jurnal Peurawi :Media Kajian Komunikasi Islam, 4(1), 31–42.
Puspitasari, A., Utari, D., Mahmud, M. E., & Muadin, A. (2023). Pentingnya Manajemen Humas dalam Mendorong Budaya Baca yang Berkelanjutan untuk Peningkatan Budaya Mutu di Lembaga Pendidikan Islam. 06(01), 9933–9946.
R Taniarza. (2017). Cyber Public Relations. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 27–48. Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan,
1–9.
Syahril, N. (2016). Metodologi Penelitian. Metodologi Penelitian, hal 57.
Tini Adiatma, M. S., Dr. Tuti Khairani Harahap, S.Sos, M.Si Agus Hendrayady, S.Sos., M.Si. Dr. Rola Pola Anto, S.Pd., M.Si Purwanti, SE., M., & Dr. Dra. Iis Mariam, M.Si., C.PS., C.SE., CPHRM Yusni Ainurrahmah, S.Kep., Ners., M.Si Dr. Fenti Prihatini Tui, S. P. M. . (2023). MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK : TEORI DAN PRAKTIK (T. Media (ed.); Agustus 20). Tahta Media Group.
TIPD UINSI Samarinda. Sistem Informasi Aspirasi dan Pengaduan(2023). https://siap.uinsi.ac.id/ (Diakses pada
27 Desember 2023).
Published
2023-12-29