Program MBKM Santri sebagai Pondasi Penguatan Nilai Religius di Era Society 5.0
Abstract
Pesatnya revolusi industri teknologi dan moralisasi di Era Society 5.0 mengalami problematika yang kompleks. Sebagaimana perubahan segala bentuk budaya dan cara pandang individu berdampak pada dekadensi moral mahasiswa. Hal tersebut mendorong Universitas Nurul Jadid untuk ikut andil dalam Program MBKM Santri guna mempertahankan dan menjaga mahasiswanya untuk tetap dalam moralitas keagamaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja program MBKM untuk mahasiswa berstatus santri sebagai pondasi penguatan nilai keagamaannya pada era 5.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus di Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan wawancara berdasarkan kajian mendalam. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik triangulasi data. Penelitian ini menunjukkan bahwa program MBKM sebagai upaya penguatan nilai keagamaan mahasiswa MBKM Santri pada era 5.0 melalui tiga program pokok yakni; 1) program pertukaran santri, 2) program santri mengabdi, serta 3) program santri mengajar. Program MBKM santri ini menciptakan mahasiswa-santri melatih dan menyalurkan soft skill dan hard skill sesuai minat dan bakatnya. Setiap mahasiswa-santri UNUJA dibekali dengan nilai Trilogi dan Pancakesadaran santri yang memudahkan mereka untuk terjun kepada kondisi sosial masyarakat yang berbeda. Memasuki era 5.0, maka program MBKM ini menjadi solutif bagi dunia pendidikan menanamkan soft skill dan hard skill siswa yang mampu menghadapi tantangan globalisasi.
References
Almu, A. (2019). Berkaca Nu Dan Muhammadiyah Dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Moderasi Islam di Indonesia. Jurnal Agama Sosial Dan Budaya, 1(2), 199–212.
Bulujaya, B., & Alviana, V. (2018). Degradasi Moral Siswa Madrasah Aliyah. 1(3), 13.
Firdaus. (2017). Urgensi Soft Skills Dan Character Building Bagi Mahasiswa. Jurnal TAPIS, 14(1), 89–101.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi penelitian; penelitian kualitatif , tindakan kelas & study kasus. In CV Jejak.
Fiyah, L. Al. (2019). Peran Guru PAI Dalam Pembinaan Karakter Religius SMK Berbasis Pondok Pesantren. 1–260.
Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8848(2), 603–614.
Habibah, M., & Wahyuni, S. (2020). Literasi Agama Islam Sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius Siswa RA KM Al Hikmah Kediri. Journal of Childhood Education, 4(1), 46–61.
Hamidy, A., Azizah, Y. N., & Iswanto, B. (2022). East Kalimantan Madrasah Teachers’ Perception of Religious Moderation. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 4(2), 261–271. https://doi.org/10.21093/SAJIE.V4I2.4935
Hefniy, Dinihari, A. N., Aini, N., & Tunnaja, A. (2022). Management of Parenting Activities in Forming Character of Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3169–3179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2065
Ibrahim, T., & Robandi, B. (2020). Representasi Kesadaran Agensi Moral Sebagai Guru: Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, X(1), 69–89.
Kholil, M., Rozi, F., & Fadholi, A. (2022). Peningkatan Daya Saing Madrasah di Era Society 5.0 dengan Strategi Manajemen Branding Image di Madrasah. Tafaqquh : Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 10(2), 317–335.
Komarudin, M., & Aziz, I. A. (2022). Analisis Presepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Tadbir Muwahhid, 6(2), 207–222. https://doi.org/10.30997/jtm.v6i2.6556
Kusumaningrum, A., Rozi, F., & Wahyuni, E. (2022). Prodistik ; madrasah management to develop IT skill in industrial revolution 4 . 0 era. Attarbiyah : Journal of Islamic Culture and Education, 7(1), 31–43. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v7i1.31-43
Latifah, S., Gibran, Z., Saadiah, H., Prasetyawijaya, G., & Soraya, A. (2021). Pertukaran Pelajar Unram-UPM : Inovasi Pembelajaran Mbkm Dalam Menumbuhkan Ketangguhan Lulusan Sarjana Kehutanan. 2(1), 46–51.
Madyawati, L., Marhumah, M., & Rafiq, A. (2021). Urgensi Nilai Agama Pada Moral Anak Di Era Society 5.0. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(2), 132–143. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2021.vol18(2).6781
Mahmud, E., Hefniy, Syakroni, A., Muali, C., Widad, R., Azizah, N., Zuhriya, S. A., & Abdullah, D. (2021). The Effect of Using Edmodo Application on Students’ Mastery Skill of Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012157
Marisa, M. (2021). Curriculum Innovation “ Independent Learning ” in The Era Of Society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Muali, C., Bali, M. M. E. I., Rozi, F., Rodiah, L. N., Munawaroh, Z., & Aminah, S. (2021). Learning Strategies for Mobile-Assisted Seamless Learning: A Students’ Initial Perceptions. Proceedings of the First International Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020), 536(Icsteir 2020), 557–560. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.089
Mulyono, & Nuhe, A. (2022). Manajemen Pendidikan Madrasah Berkarakter melalui Program Gefa dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6395–6403.
Ningrum, M. N. W., Bupu, J. M., Pandina, S., & Halim, A. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Minat dan Kendala Mbkm Pertukaran Pelajar Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Widyagama Malang. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 1033–1038.
Ramadhan, M. R. (2021). Implikasi Era Society 5 . 0 Dalam Menguatkan Sikap Moderasi Beragama Bagi Siswa Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(2), 72–77.
Rodiyah, R. (2021). Implementasi program merdeka belajar kampus merdeka di era digital dalam menciptakan karakter mahasiswa hukum yang berkarakter dan profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 425–434.
Rosi, F., Rozi, F., Baharun, H., & Rizqiyah, E. F. (2022). Smart Parenting in Building Children ’ s Personality Through Religion - Based Habituation. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 731–740. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1303
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41.
Sulistyo Basuki. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Aswaja Pressido.
Umi, M. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Moral dalam Film Super 30 karya Vikas Bahl serta Relevansi dengan Pendidikan Akhlak. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 8(2), 354–366.
Wahyudin, Y., Lesmana, D., Mumpuni, F. S., & Farastuti, E. R. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Evaluasi Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) pada Bidang Studi Akuakultur. 4(1), 1551–1564.
Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. November.
Widat, F., & Lestari, P. (2022). Pembiasaan Prektek Keagamaan Sholat , Mengaji , Doa , Asmaul Husna ( SMDH ) dalam Meningkatkan Pendidikan Moral Anak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4766–4775.
Zamroni, Baharun, H., Sholeha, W., & Anggraini, Y. (2022). Intercultural Communication : Strategy to Improve School Competitiveness Based on Public Demand. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 438–447. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2123