TINGKAT PENGETAHUAN LAYANAN TELEPON DARURAT 112 MASYARAT KOTA SAMARINDA

Keywords: layanan telepon 112, pengetahuan, analisi deskriptif

Abstract

Layanan telepon 112 adalah layanan nomor pangilan darurat yang bisa digunakan saat terjadi keadaan darurat yang dibangu oleh pemerintah daerah kota samarinda. Jika ada hal-hal yang membahayan seperti kebakarang, perampokan, binatang berbisa, tabrakan kendaraan, COVID-19 dan lain-lain. Untuk mensosialisasikan layanan pangilan darurat 112 diperlukan penelitian awal sebagai landasar pola promosi agar layanan ini menjadi center pelayanan kedaruratan kota samarinda, sehingga penelitian mengenai  tingkat pengetahuan masyarakat samarinda terhadap layanan tersebut dan apa saja kegunaan dari layanan tersebut sangat diperlukan.  metode yang digunkan adalah analisis deskriptif dengan membagikan kuisoner secara online di grup-grup komunitas masyarakat samarinda seperti busam (bubuhan Samarinda)  dan pada grup-grup whatsapp berkaitan dengan layanan 112.  Software atau aplikasi yang digunakan untuk melakukan analisa adalah IBM SPSS Statistic 2020.  Hasil akhir dari penelitian adalah tingkat pengetahuan masyarakat berdasarkan usia, pekerjaan, jenis kelamin dan wilayah tempat tinggal.  Hasil ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi Dinas Komunikasi dan Informatika dalam mensosialisaikan adanya telepon darurat 112 agar lebih efektif dan efisien. Sedangkan hasil untuk tingkat pengetahuan masyarakat Kota Samarinda terhadap Layanan Telepon Darurat 112 memperoleh persentase 58%. Hasil ini berada dalam kategori Cukup Baik untuk persentase tingkat pengetahuan, artinya tingkat pengetahuan masyarakat masih harus ditingkatkan lagi dengan sosialisasi yang lebih baik lagi

References

Bodgan, Robert C. and Taylor K.B. (1992). Qualitative Researtch for Education An Introduction to Theory and
Metdods. Boston: Ally and Bacon Inc.
Hermawan, Iwan (2019). Metode Penelitian Pendidikan : Kualitatif, Kuantitatif & Mix Methode Kuningan :
Hidayatul Quran Kuningan
Indriantoro, Nur, dan Bambang Supomo (1999). Metodologi Penelitian dan Bisnis Yogyakarta : BPFE
Yogyakarta.
Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman
gratis). Raja Grafindo Persada.
Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Nasution, L. M. (2017). Statistik deskriptif. Hikmah, 14(1), 49–55.
Nazir, M 2003 Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia
Nurgrahani, Farida. (2014) Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo : Cakra
Books
Santoso, Singgih. (2000). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
Sinuraya, R. K., Siagian, B. J., Taufik, A., Destiani, D. P., Puspitasari, I. M., Lestari, K., & Diantini, A. (2017).
Pengukuran tingkat pengetahuan tentang hipertensi pada pasien hipertensi di kota bandung: sebuah studi
pendahuluan. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran Sumedang.
Suharso, W. (2016). Knowledge Management Layanan E-Government Berbasis Short Message Service.
JUSTINDO (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Indonesia), 1(1).
Sutopo, Yeri dan Slamet, Achmad (2017) Statistika Inferensial. Yogyakarta : Penerbit Andi
Suyanto, Bagong dan Sutinah (2005) Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alteratif Pendekatan . Jakarta :
Kencana
Syafrawati, S., Nursal, D. G. A., Chikita, R., & Tundun, N. (2019). Upaya menurunkan dampak negatif gadget
melalui media promosi kesehatan pada siswa SDN 01 Sawahan Kota Padang. Jurnal Hilirisasi IPTEKS,
2(2), 138–148.
Wongkar, P. A. (2017). Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Mengenai Brand Baru Indosat Ooredoo.
Jurnal E-Komunikasi, 5(1).
Published
2021-04-14
How to Cite
Qomariah, S., Rangan, A., & Mulahela, H. (2021). TINGKAT PENGETAHUAN LAYANAN TELEPON DARURAT 112 MASYARAT KOTA SAMARINDA. DiJITAC : Digital Journal of Information Technology and Communication, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.21093/dijitac.v1i2.3574
Section
Articles