REVIEW ARTIKEL : INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU PAI

  • Sugiyono Sugiyono Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Integrasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, guru PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam penyelenggaraan pelatihan TIK terhadap guru PAI pada Balai Diklat Keagamaan kota Palembang. Permasalahan yang akan di teliti adalah apakah penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan guru-guru PAI di Balai Diklat Keagamaan kota Palembang telah mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitiannya berjenis kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik purposive sampling dan snowball sampling kepada tiga puluh orang guru PAI sebagai peserta pelatihan dan terhadap dua orang widyaiswara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan pelatihan pada Balai Diklat Keagamaan kota Palembang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan sebagain besar guru PAI telah memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajarannya meskipun sebatas pemanfaatan aplikasi powerpoint.

 

Kata Kunci: Integrasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, guru PAI

References

Hadi, N U R, „Pelaksanaan Pembelajaran Pai Berbasis Ict Di Smp Negeri 2 Semarang‟,

Skripsi IAIN Walisongo Semarang, 2009, 1–84

Hasyim, Rustam, „Hubungan Persepsi Guru PAI Terhadap Pendidikan Agama Islam

Berbasis ICT Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di-Era Masyarakat Ekonomi

Asean (MEA) Di Kota Gorontalo‟, AL-Jauhari (JIAJ), 3 (2018), 97–138

Mahbuddin, Ahmad Nur Ghofir, „Model Integrasi Media Dan Teknologi Dalam

Pembelajaran PAI‟, Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3.2 (2020), 183–

<https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2312>

Miles, and Huberman, Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook (London: Sage)

Nurdin, Arbain, „Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Information and

Communication Technology‟, TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11.1 (2016), 49

<https://doi.org/10.19105/tjpi.v11i1.971>

Nuryana, Zalik, „Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam‟,

Tamaddun, 19.1 (2019), 75 <https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.818>

Pariani, „Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk

Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK 1 SMK PGRI 1

Sentolo Kulon Progo Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2014‟, 2014

Pemerintah, Undang-Undang Guru Dan Dosen No. 14 (Indonesia, 2003)

Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Balitbang - Depdiknas, „Undang-Undang Republik

Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional‟, Records

Management Journal, 1.2 (2003), 1–15

<http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.88.5042&rep=rep1&type

=pdf%0Ahttps://www.ideals.illinois.edu/handle/2142/73673%0Ahttp://www.scopus.c

om/inward/record.url?eid=2-s2.0-

&partnerID=40&md5=3ee39b50a5df02627b70c1bdac4a60ba%0Ahtt>

Satori, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2009)

Siahaan, Syafaruddin, Amiruddin Ms, and Sodri Daulay, „Pembelajaran PAI Berbasis ICT

DI SD Swasta Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah Medan‟, TAZKIR: Jurnal

DiJITAC, Vol 1(2), 2021

Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6.1 (2020), 1–18

<https://doi.org/10.24952/tazkir.v6i1.2443>

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D),

Cetakan Ke-22 (Bandung: Alfabata, 2015)

Sumargono, Bagus, Teknik Sampling (Jakarta: UNJ Press, 2020)

Zainuri, Ahmad, „Perubahan Paradigma Pendidikan Islam: Aplikasi Ict Dalam Proses

Pembelajaran Pai Di Sekolah‟, Conciencia, 17.1 (2019), 1–10

<https://doi.org/10.19109/conciencia.v17i1.3429>

Published
2021-03-09
How to Cite
Sugiyono, S. (2021). REVIEW ARTIKEL : INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU PAI. DiJITAC: Digital Journal of Information Technology and Communication, 1(2), 111-124. https://doi.org/10.21093/dijitac.v1i2.4054
Section
Articles