DATA MINING EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS
Abstract
Pandemi Covid-19 yang muncul di dunia pada tahun 2019 dan mulai masuk di Indonesia pada awal tahun 2020 telah mengubah kondisi banyak sektor salah satunya pendidikan. Kebijakan pemerintah untuk mengatasi covid yang juga rentan untuk siswa-siswi di sekolah dengan melakukan pembelajaran daring atau belajar dari rumah. Hal ini menimbulkan banyak pro dan kontra dari banyak pihak, siswa, guru, bahkan orang tua. Masa-masa pembelajaran tatap muka juga dijadikan bahan perbandingan oleh masyarakat terutama di daerah sekitar Kalimantan Timur. Tingkat efektivitas belajar telah menjadi pertanyaan dikarenakan tidak banyak orang tua yang dapat mendampingi anaknya belajar selakyaknya guru di sekolah, yang memang sudah terdidik dan terlatih menyampaikan materi agar dapat dimengerti. Pengukuran efektivitas juga dapat menggunakan salah satu algoritma k-means dari data mining, dengan melakukan pengelompokan data dan dibagi menjadi cluster, sehingga dapat diketahui hasil analisa untuk pengambilan keputusan. Penelitian ini melakukan penyebaran kuesioner kepada 30 siswa-siswi secara acak di sekitar Kalimantan Timur. Kemudian dilakukan pengolahan data menggunakan k-means dan diperoleh hasil dari iterasi terakhir kategori kurang puas sebesar 4,24, kategori puas 1,41, dan angka 0,00 pada kategori netral.
References
Mufidah, Firdausya Nur, dkk, 2021, Perbedaan Kasus Covid-19 Periode Maret-Mei 2020 dan Oktober-Desember
di Kalimantan Timur, Jurnal Verdure, Vol.3, No.2, Tahun 2021, Hal 57-69, ISSN: 2714-8696.
Seftiya, Aulia dan Khemasili Kosala, 2021, Epidemiologi Karakteristik Pasien Covid-19 di Kalimantan Utara,
Jurnal Sains dan Kesehatan, Vol 3, No.5, p-ISSN: 2303-0267, e-ISSN: 2407-6082 .
Novidianto, RadityA dan Andrea Tri R.D, 2020, Analisis Klaster Kasus Aktif Covid-19 Menurut Provinsi di
Indonesia Berdasarkan Data Deret Waktu, Jurnal Aplikasi Statistika & Komputasi Statistik, V.12.2.2020,
ISSN 2086-4132.
Anwar, Y., Maulana, M. F., dkk, 2020, Adaptasi Masyarakat Terhadap COVID-19 di Desa Genting Tanah,
Kecamatan Kembang Janggut, Kalimantan Timur, Jurnal Pendidikan Geografi 7, Vol 7 No.2 Hal 11-23.
Wegasari, Kurnia, dkk, 2021, Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di SDN Cabean
Demak,Jurnal Penelitian, Volume 15, Nomor 1, Februari 2021.
Sianipar, Kristin D R,dkk 2020, Penerapan Algoritma K-Means dalam Menentukan Tingkat Kepuasan
Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Teknologi Informasi, Vol 4, No.1, Juni 2020,
P-ISSN 2580-7927, E-ISSN 2615-2738.
Lesmana, Sianipar, dkk, 2020, Penerapan K-Means dalam Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Masa
Pandemi Covid-19, Seminar Nasional Informatika 2020, ISSN: 1979-2328.
Nawawi, M Syukron dan Dudih Gustian, 2020, Algoritma K-Means Dalam Penentuan Tingkat Kepuasan Siswa
Terhadap Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19, Seminar Nasional Informatika 2020, ISSN:
-2328.
Arhami, Muhammad dan Muhammad Nasir, 2020, Data Mining, Yogyakarta : Penerbit Andi.
Darmansah dan Ni Wayan Wardani, 2021, Analisis Persebaran Pennularan Virus Corona di Provinsi Jawa Tengah
Menggunakan Metode K-Means Clustering, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, VOL. 8,
No.1, Maret 2021, Hal 105-117, ISSN 2407-4322.
Wahyudi, Mochamad, dkk, 2020, Data Mining : Penerapan Algoritma K-Means Clustering dan K-Medoids
Clustering, Yayasan Kita Menulis.
Indraputra, .R.A dan R. Fitriana, 2020, K-Means Clustering Data COVID-19, Jurnal Teknik Industri, Vol.10
No.3, ISSN 2622-5131.
Liliana, Dewi Y, dkk, 2021, Data Mining untuk Prediksi Status Pasien Covid-19 dengan Pengklasifikasi Naïve
Bayes, Jurnal Multinetics Vol.7 No.1.
Solichin, Achmad dan Khansa Khairunnisa, 2020, Klaterisasi Persebaran Virus Corona (Covid-19) di DKI
Jakarta Menggunakan Metode K-Means, Fountain of Informatics Journal, Volume 5, No.2, ISSN: 2541-
Sindi, Sukma, dkk, 2020, Analisis Algoritma K-Medoids Clustering Dalam Pengelompokan Penyebaran Covid19 di Indonesia, Jurnal Teknologi Informasi, Vol 4, No.1, P-ISSN 2580-7927.