MEMBANGUN APLIKASI E-VOTING ONLINE OSIS BERBASIS ANDROID DI SMKN 4 SAMARINDA
Abstract
Abstrak
Dalam dunia pendidikan, teknologi berperan sangat penting untuk menunjang proses belajar mengajar dan kegiatan yang ada di sekolah, namun belum semua proses kegiatan terakomodir oleh perkembangan teknologi. Proses pemilihan pada SMKN 4 Samarinda sistem yang dilakukan semuanya masih konvensional, semua proses dilakukan secara manual dan hal ini dirasa kurang efektif dan efisien. Aplikasi voting / Elektronic Voting (E-Voting) dianggap lebih efektif dan lebih efisien karena semua prosesnya secara terkomputerisasi memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memilih calon, mempermudah dalam proses perhitungan suara dan hasil pemilihan bisa langsung diketahui secara cepat dan akurat. Pembuatan dan perancangan aplikasi voting pemilihan pada SMKN 4 Samarinda berbasis android dibangun menggunakan metode pengembangan aplikasi menggunakan Waterfall. Data yang akan dikelola dalam sistem tersebut adalah data admin, data pemilih atau siswa, data kandidat dengan proses pendaftaran dan proses pemilihan. Output dari perancangan aplikasi ini adalah laporan data suara pemilihan. Aplikasi voting di SMKN 4 Samarinda ini diharapkan mempermudah dalam proses pemilihan, dan memberikan hasil voting yang akurat, cepat dan terpercaya serta bisa mengurangi angka siswa yang tidak memilih dan tidak akan menggangu proses belajar mengajar.
Kata Kunci: Aplikasi, E-Voting, Android.
Abstract
In the world of education, technology plays a very important role in supporting the teaching and learning process and activities in schools, but not all process activities have been accommodated by technological developments. The selection process at SMKN 4 Samarinda is still conventional, all processes are done manually and this is deemed less effective and efficient. The voting / Electronic Voting (E-Voting) application is considered more effective and more efficient because all the computerized processes make it easy for users to choose candidates, simplify the vote counting process and the election results can be known quickly and accurately. The creation and design of an android-based election election application at SMKN 4 Samarinda which was built using the Waterfall application development method. The data that will be managed in the system are admin data, voter or student data, candidate data with the registration process and election process. The output of the design of this application is a report on election vote data. The voting application at SMKN 4 Samarinda is expected to facilitate the election process, and provide accurate, fast and reliable voting results and can reduce the number of students who do not vote and will not interfere with the teaching and learning process.
Keywords: Application, E-Voting, Android.
References
Abudlloh, Rohi. 2015, Web Programming is Easy.Jakarta: PT.Elex Media Komputindo
Azhari, Rakhmad, 2009. E-Voting, Jurnal fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia Jakarta
Gata, Windu, Grace Gata, 2013. Membangun Aplikasi Berorientasi Objek. Elex Media, Jakarta
Maxikom.2014.Aplikasi Bisnis dengan PHP & MySQL.Palembang: Maxikom.
MySQL.(http://dev.mysql.com/doc/mysql-getting-started/en/) .diakses 15 Desember 2016.
Nugroho, Bunafit.2012.Panduan Membuat Program Toko dengan PHP, MYSQL dan Dreamweaver Point of
Sale (POS) Berbasis Web.Yogyakarta : PT.Alif Media.
Nugroho, Adi.2005.Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek..Yogyakarta: Andi Offset.
Prasetio. Adhi. 2012, Buku Pintar Pemrograman Web. Jakarta : Mediakita
Pressman. Roger S. 2010,Software Engineering : A Practicioner’s Approach, 7th Edition. McGraw-Hill Inc :
New York
Pressman,S,Roger.2012.Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktis). Edisi ke Tujuh Buku ke-1
.Yogyakarta : Andi.
PHP 5. (http://www.w3schools.com/php/default.asp) di akses 15 Desember 2016.
PHP .( http://php.net/docs.php) di akses 15 Desember 2016.
Raharjo, Budi.2016, Modul Pemrograman Web (HTML,PHP dan MySQL), Edisi Ketiga, Bandung:
Modula.
Raharjo, Budi.2015, Belajar Otodiadak MySQL Teknik Pembuatan dan Pengelolaan Database, Cetakan
Pertama.Bandung: Informatika Bandung.
STMIK Widya Cipta Dharma. 2005. Petunjuk Penulisan Usulan Proposal dan Skripsi, Samarinda: STMIK
Widya Cipta Dharma
Sibero, Alexander F.K, 2011. Kitab Suci Web Programming Yogyakarta : Mediakom.
Simarmata. Janner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta: Andi Offset
Thalib. Aris, Budiawan.2012. AplikasiPembelajaran Adobe Flash Untuk kelas X berbasis Multimedia Pada
SMK Negeri 20 Samarinda. Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Teknik Informatika, Samarinda:
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma.
Utomo, Priyo.2014. Bikin Sendiri Toko Online Dinamis dengan Bootstrap dan PHP.Jakarta : Mediakom.
Widhy, Purwanti.2011. Sains Edutainment Sebagai Upaya Menciptakan suasana Active Joyfull and Effective
Learning (AJEL) dan Menumbuhkan Karakter Positif dalam Pembelajaran IPA. Seminar Nasional
Pendidikan Sains FMIPA UNESA.
Zulsani.Perancangan dan Pembuatan Game Edukasi Dunia Bawah Laut Berbasis Android. Naskah Publikasi
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA.2014