KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI SAKU MAHASISWA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION

  • Maulidiya Maulidiya Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • sugiyono sugiyono UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Kepuasan Pengguna, Saku Mahasiswa, End User Computing Satisfaction

Abstract

Sistem informasi Saku Mahasiswa merupakan aplikasi administrasi akdemik berbasis android untuk membantu pelaksanaan administrasi pembelajaran mahasiswa UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Keluhan yang muncul dari berbagai ulasan pengguna terhadap sistem informasi Saku Mahasiswa  berdasarkan data yang dikumpulkan dari layanan google play serta belum tersedianya tolok ukur tingkat kepuasan pengguna dan kinerja aplikasi merupakan faktor yang melandasi penelitian ini dilakukan. Metode pengukuran kepuasan menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) pada 5 dimensi yaitu isi, akurasi, tampilan, kemudahan, dan ketepatan waktu layanan. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner kepada 100 mahasiswa dari 5 fakultas sebagai sampel dengan memanfaatkan aplikasi google form. Hasil penelitian berdasarkan dimensi content (isi) memperoleh skor 73,9%, accuracy (keakuratan) sebesar 72,8%, format (tampilan/bentuk) sebesar 78,8%, ease of use (kemudahan penggunaan) sebesar 81,8%, dan demensi timeliness (ketepatan waktu) sebesar 70,6%. Sehingga rata-rata tingkat kepuasan mahasiswa terhadap sistem informasi Saku Mahasiswa sebesar 72,2%. Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa per fakultas rata-rata sebanyak 72,6%, terdapat perbedaaan signifikan sebesar 0,002 atau lebih kecil dari 0,05, sehingga Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pengguna Puas terhadap layanan Sistem Informasi Saku Mahasiswa.

 Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Saku Mahasiswa, End User Computing Satisfaction

 Abstract

 The Student Pocket information system is an android-based academic administration application to assist the administration of student learning at UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Complaints that arise from various user reviews of the Student Pocket information system based on data collected from google play services and the unavailability of benchmarks for user satisfaction and application performance are the factors that underlie this research. The method of measuring satisfaction uses End User Computing Satisfaction (EUCS) on 5 dimensions, namely content, accuracy, appearance, convenience, and timeliness of service. The technique of collecting data is through questionnaires to 100 students from 5 faculties as a sample by utilizing the google form application. The results of the study based on the dimensions of content (content) obtained a score of 73.9%, accuracy (accuracy) of 72.8%, format (display/shape) of 78.8%, ease of use (ease of use) of 81.8%, and the timeliness dimension is 70.6%. So that the average level of student satisfaction with the Student Pocket information system is 72.2%. The results of the ANOVA test showed that the average student satisfaction per faculty was 72.6%, there was a significant difference of 0.002 or less than 0.05, so Ha was accepted. Thus it can be concluded that most users are satisfied with the Student Pocket Information System service.

 Keywords: User Satisfaction, Student Pocket, End User Computing Satisfaction

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. Dahliana, Z. Zulhendra, and A. Hadi, “Kontribusi End - User Computing Satisfaction Terhadap Kepuasan Pengguna Website Portal Akademik Pada Sistem Smart Campus Universitas Negeri Padang,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 2, no. 2, 2018, doi: 10.24036/voteteknika.v2i2.4077.
K. Suprapta, “Analisis kepuasan mahasiswa terhadap sistem pemilihan konsentrasi dengan menggunakan metode EUCS,” J. Sist. Dan Inform., vol. 13, no. 1, pp. 6–11, 2013, [Online]. Available: https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/186.
A. E. Dreheeb, N. Basir, and N. Fabil, “Impact of System Quality on Users’ Satisfaction in Continuation of the Use of e-Learning System,” Int. J. e-Education, e-Business, e-Management e-Learning, vol. 6, no. 1, pp. 13–20, 2016, doi: 10.17706/ijeeee.2016.6.1.13-20.
A. Justitia, R. Semiati, and N. R. Ayuvinda, “Customer Satisfaction Analysis of Online Taxi Mobile Apps,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 5, no. 1, p. 85, 2019, doi: 10.20473/jisebi.5.1.85-92.
T. Nafees, “Impact of user satisfaction on Software quality in use,” Int. J. Electr. Comput. Sci. IJECS-IJENS, vol. 11, no. 48, pp. 118003–2929, 2011, [Online]. Available: http://www.ijens.org/vol 11 i 03/118003-2929 ijecs-ijens.pdf.
Mardian and E. Hartati, “Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi SISKEUDES Pada Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 19, no. 1, pp. 93–99, 2019, doi: 10.30812/matrik.v19i1.478.
Mardiana, “Implementasi User Satisfaction Model Dalam Mengukur Kualitas Website,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 19, no. 2, pp. 266–272, 2020, doi: 10.30812/matrik.v19i2.711.
E. Hartati, R. Indriyani, and I. Trianingsih, “Analisis Kepuasan Pengguna Website SMK Negeri 2 Palembang Menggunakan Regresi Linear Berganda,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 20, no. 1, pp. 47–58, 2020, doi: 10.30812/matrik.v20i1.736.
D. Kristiawan, Sunarto, and M. Sabandi, “Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik (Siakad Online) di FKIP UNS dan Pengaruhnya terhadap Manfaat Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” J. Pendidik. Bisnis dan Ekon., vol. 2, no. 1, pp. 1–17, 2016.
K. N. Masitah and Ilhamsyah, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Siakad Universitas Tanjungpura Menggunakan Integrasi Technology Acceptance Model (Tam) Dan End-User Computing Satisfaction (Eucs),” Coding J. Komput. dan Apl., vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.26418/coding.v8i2.41217.
I. Prayanthi, E. Lompoliu, and R. D. Langkedeng, “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi,” Klabat Account. Rev., vol. 1, no. 2, p. 1, 2020, doi: 10.31154/kar.v1i2.475.1-11.
I. Purwandani, “Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan EUCS dan Model Delone and McLean,” Indones. J. Softw. Eng., vol. XX, p. 100, 2018.
H. Chung-Kuang, “Examining the effect of user satisfaction on system usage and individual performance with business intelligence systems: An empirical study of Taiwan’s electronics industry,” Int. J. Inf. Manage., vol. 32, p. 561, 2012.
I. G. N. Satria Wijaya and I. W. K. Suwastika, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction,” in Jurnal Konferensi Nasional Sistem & Informatika, 2017, p. 560.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Cetakan ke-22. Bandung: Alfabata, 2015.
Published
2021-10-05
How to Cite
Maulidiya, M., & sugiyono, sugiyono. (2021). KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI SAKU MAHASISWA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION. DiJITAC: Digital Journal of Information Technology and Communication, 2(1), 1-18. https://doi.org/10.21093/dijitac.v2i1.4242