ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA MOBILE BANKING BANK SYARIAH INDONESIA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

  • Nurhaeda Nurhaeda Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sugiyono Sugiyono Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Hasbi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Kepuasan Pengguna, Mobile Banking, Kepuasan Komputasi Pengguna Akhir

Abstract

BSI mobile merupakan salah satu layanan penting yang dimiliki oleh Bank Syariah Indonesia. Dengan fitur-fitur yang ada pada layanan mobile banking masih perlu ditingkatkan agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna sistem informasi dan mengurangi tingkat kesalahan bagi pengguna. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi atau penilaian sejauh mana kepuasan pengguna dalam menggunakan sistem informasi BSI Mobile. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah End User Computing Satisfaction (EUCS), dengan menilai isi, keakuratan, format, ketepatan waktu, dan kemudahan penggunaan sistem informasi.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 97 pelanggan dengan menggunakan aplikasi BSI Mobile sebagai sampel dengan memanfaatkan aplikasi google form. Sumber datanya adalah data Primer. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi konten berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna BSI Mobile dengan nilai 0,026 < 0,05, dimensi akurasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna BSI Mobile dengan nilai 0,219 > 0,05, dimensi format berpengaruh signifikan terhadap BSI Mobile kepuasan pengguna dengan nilai 0,020 < 0,05, dimensi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna BSI Mobile dengan nilai 0,000 < 0,05, dimensi ketepatan waktu tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna BSI Mobile dengan nilai 0,507 > 0,05, dan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna BSI Mobile dengan nilai Fcount 24,441 > Ftable 2,31 dan nilai sig pada Fcount < 0,05 atau 0,000 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrayani, Kristi Fiki, dan Nihayatu Aslamatis Solekah. (2020). Determinasi Kepuasan Nasabah Elektronic Mobile Banking Bank Syariah Indonesia (Pendekatan E Service Quality), Jurnal Publishing Widyaagama.

Hastuti, Rizka, dan Aditya Wardhana. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Bank Syariah Mandiri Terhadap Kepuasan Nasabah, Jurnal e-Proceeding of Management.
Kurniasi, Indah. (2021). Pengaruh kepuasan pengguna aplikasi belanja online Berbasis Mobile Menggunakan Meode EUCS, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Purnomo, Rochmat Aldy. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS, Ponorogo: CV. Wade Group.

Purwandani, Indah. (2018). Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan EUCS dan Model Delone and McLean, Indonesian Journal on Software Engineering.

Rahmawati, Charissa Kezia, dan Bayu Arie Fianto. (2020). Analisis Deskriptif Pada Dimensi Kualitas Layanan Mobile Banking (m-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah, Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan.

Ramdhan, Muhammad. (2021). Metode Penelitian, Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Rapingah, Siti, et.al. (2022). Buku Ajar Metode Penelitian, Palu: Feniks Muda Sejahtera.

Riyanto, Slamet, dan Aglis Andhita Hatmawan. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen, Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Rizan, Machmud. (2018). Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Kasus pada T3-Online), Gorontalo: Ideas Publishing.

Santoso, Annisa Julio, Satrio Hadi Wijoyo dan Andi Reza Perdanakusuma. (2022). Evaluasi Usability Aplikasi Bank Syariah Indonesia Mobile menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (Studi Kasus : KCP Trenggalek Sudirman 1), dalam Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.

Simaremare, Devi Angelina, dan Agus Juniadi. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-LearningDengan Menggunakan End User Computing Satisfication (Eucs), Jurnal Infortech.
Published
2022-03-31
How to Cite
Nurhaeda, N., Sugiyono, S., & Hasbi, M. (2022). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA MOBILE BANKING BANK SYARIAH INDONESIA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). DiJITAC: Digital Journal of Information Technology and Communication, 2(2), 29-36. https://doi.org/10.21093/dijitac.v2i2.5913
Section
Articles