TRANSISI DAKWAH DI ERA SOCIETY 5.0 BERBASIS IMMERSIVE

  • Pratiwi Amalia Putri IAIN Pontianak
Keywords: Transisi Dakwah, Society 5.0, Immersive

Abstract

Metaverse adalah salah satu wujud dari hasil era society 5.0 yang memberikan inovasi-inovasi dalam kehidupan manusia. Pada ranah dakwah, tentunya terjadi transformasi yang mengakibatkan perubahan dari cara berdakwah melalui bantuan media. Adapun rumusan masalah pada tulisan ini adalah bagaimana inovasi dari cara da’i dalam berdakwah sebagai usaha dari adaptasi terhadap era yang semakin maju dan berkembang, serta bagaimana peluang dan tantangan dakwah secara digital melalui platform berbasis metaverse. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis library research, yaitu referensinya berasal dari buku, artikel dalam jurnal ilmiah, serta data kepustakaan lainnya. Selain itu, data dalam kajian ini diperkuat juga oleh video pada channel GTK Madrasah Berbagi di Youtube. Hasil kajian ini menampilkan terdapat platform berbasis metaverse yang diciptakan oleh komunitas muslim sebagai bentuk kesadaran terhadap perkembangan dari teknologi digital. Adapun peluang dakwah di era metaverse, yakni: (1) membuka lebar panggung dakwah bagi semua khalayak, (2) dakwah lebih bersifat fleksibel, (3) da’i dapat menjadi produsn konten dakwah yang kreatif dan atraktif, (4) proses dakwah dapat dilakukan dan diminati dalam bentuk virtual reality. Peluang kemudahan dalam pengembangan media dakwah di era metaverse tidak terlepas dari tantangan, diantaranya: (1) masih minimnya tingkat literasi digital para da’i dan masyarakat, (2) biaya penggunaan sangat mahal dan jaringan cukup terbatas, (3) pesan dakwah secara spiritual berpotensi tidak tersampaikan, (4) berkurangnya esensi dan budaya silaturahmi.

References

Allam, Z., Sharifi, A., Bibri, S. E., Jones, D. S., & Krogstie, J. (2022). The Metaverse as a Virtual Form of Smart Cities: Opportunities and Challenges for Environmental, Economic, and Social Sustainability in Urban Futures. Smart Cities, 5(3), 771–801. https://doi.org/10.3390/smartcities5030040
Amin, S. M. (2013). Ilmu Dakwah. Amzah.
Ansori. (2015). 済無No Title No Title No Title. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).
B. Luthfiansyam, M. A. & A. F. (2021). Pengembangan Aplikasi Simulasi Haji Berbasis Mobile Menggunakan Teknologi Virtual Reality. E-Proceeding of Applied Science, 7(5).
Baidlowi, M. (2018). Dakwah di Era Disrupsi. Mimbar Ulama Suara Majelis Ulama Indonesia, April, 4–5.
Díaz, J. E. M., Saldaña, C. A. D., & Avila, C. A. R. (2020). Virtual world as a resource for hybrid education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(15), 94–109. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i15.13025
Endarto, I. A., & Martadi. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi. Jurnal Barik, 4(1), 37–51.
Faldiansyah, I. (2020). Dakwah Media Sosial : Alternatif Dakwah Kontemporer. Tawshiyah, 15(2), 36–58.
Habibillah, M. (2013). Raih Berkah Harta Dengan Sedekah dan Silaturrahmi. Sabil.
Huraira, F. R. (2022). Indeks Literasi Digital Berdasarkan Wilayah di Indonesia.
Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351–3363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2615
Kemenag Indonesia. (2022). Bimbingan Teknis Metaverse Madrasah. Youtube, URL: https://www.youtube.com/watch?v=pkda5PZZdtI
MetaKawn. (2022). Empowering Muslims Through Web 3. URL: https://metakawn.medium.com/empowering-muslims-through-web3-e4c7846d5e95
MetaKawn. (2022). What You Need To Know About MetaKawn. URL: https://metakawn.medium.com/what-you-need-to-know-about-metakawn-fb62dc47beee
M. Damar. (2021). Metaverse Shape of Your Life for Future: A bibliometric snapshot. Dergipark.Org.Tr, 1, 1–8. https://dergipark.org.tr/en/pub/jmv/issue/67581/1051371
Mozumder, M. A. I., Sheeraz, M. M., Athar, A., Aich, S., & Kim, H. C. (2022). Overview: Technology Roadmap of the Future Trend of Metaverse based on IoT, Blockchain, AI Technique, and Medical Domain Metaverse Activity. International Conference on Advanced Communication Technology, ICACT, 2022-Febru, 256–261. https://doi.org/10.23919/ICACT53585.2022.9728808
Mystakidis, S. (2022). Metaverse. Encyclopedia, 2(1), 486–497. https://doi.org/10.3390/encyclopedia2010031
Program, V. M., Komunikasi, S., Islam, P., Abdurrahman, U. K., & Pekalongan, W. (2022). Smart Dakwah di Era Society 5.0 ; Da’i Virtual dalam New Media. Journal Of Da’wah and Communication, 32(1), 2775–5207.
Putri, P. A. (2022). Mu ẚṣ arah : Jurnal Kajian Islam Kontemporer Transformasi Sistem Pendidikan Madrasah dalam Wacana Metaverse pada Program Kemenag RI. 3(2), 67–78. https://doi.org/10.18592/msr.v4i2.7625
Qudratullah. (2019). Media Massa Sebagai Sarana Dakwah. Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 13(2), 217–230.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Saputra, W. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. PT Raja Grafindo Persada.
Solechan, A., & Putra, T. W. A. (2022). Literatur Review : Peluang dan Tantangan Metaverse. Jurnal Teknik Informatika Dan Multimedia, 2(1).
Ummah, A. H. (2020). Dakwah Digital dan Generasi Milenial (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara). Dakwah Digital Dan Generasi Milenial, 18(1).
Wibowo, A. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital. 03(02), 339–356.
Zaini, O. A. (2013). Dakwah Melalui Internet. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 1(1), 93–108.
Published
2022-10-04
How to Cite
Putri, P. (2022). TRANSISI DAKWAH DI ERA SOCIETY 5.0 BERBASIS IMMERSIVE. DiJITAC: Digital Journal of Information Technology and Communication, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.21093/dijitac.v3i1.6059