PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PERADABAN ISLAM

  • Sugiyono Sugiyono Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ahmad Yusuf Anugera Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: persepsi, IT, pembelajaran, Sejarah Peradaban Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan teknologi informasi pada pembelajaran Sejarah Peradaban Islam pada aspek keterampilan dosen dalam menggunakan IT, dukungan sarana prasarana IT dalam pembelajaran, dan integrasi IT dalam pembelajaran. Penelitian ini didasarkan pada hipotesis bahwa pembelajaran sejarah peradaban Islam belum mengintegrasikan IT secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui survei, wawancara dan studi dokumentasi,. Lokus penelitian adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Kalimantan Timur dengan total responden 103 mahasiswa yang pernah menempuh mata kuliah sejarah peradaban Islam. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada aspek keterampilan dosen dalam mengunakan IT memperoleh skor 40,7%, pada aspek ketersediaan sarana prasarana IT dengan skor 46,3%, dan pada aspek integrasi IT dalam pembelajaran dengan skor 42,7%, sehingga rata-rata skor penilaian responden sebesar 43,2%. Berdasarkan interval skala persepsi apabila berada antara 22% - 43% pada kategori Kurang, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan teknologi informasi pada mata kuliah sejarah peradaban Islam pada PTKI di Kalimantan Timur pada kategori Rendah.

Published
2023-10-25
How to Cite
Sugiyono, S., & Anugera, A. (2023). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PERADABAN ISLAM. DiJITAC: Digital Journal of Information Technology and Communication, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.21093/dijitac.v4i1.8532