PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PERADABAN ISLAM

  • Ahmad Yusuf Anugera Mahasiswa Prodi SI Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Luthfi Crypta Khofia Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: persepsi, IT, pembelajaran, Sejarah Peradaban Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan teknologi informasi pada pembelajaran Sejarah Peradaban Islam pada aspek keterampilan dosen dalam menggunakan IT, dukungan sarana prasarana IT dalam pembelajaran, dan integrasi IT dalam pembelajaran. Penelitian ini didasarkan pada hipotesis bahwa pembelajaran sejarah peradaban Islam belum mengintegrasikan IT secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui survei, wawancara dan studi dokumentasi,. Lokus penelitian adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Kalimantan Timur dengan total responden 103 mahasiswa yang pernah menempuh mata kuliah sejarah peradaban Islam. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada aspek keterampilan dosen dalam mengunakan IT memperoleh skor 40,7%, pada aspek ketersediaan sarana prasarana IT dengan skor 46,3%, dan pada aspek integrasi IT dalam pembelajaran dengan skor 42,7%, sehingga rata-rata skor penilaian responden sebesar 43,2%. Berdasarkan interval skala persepsi apabila berada antara 22% - 43% pada kategori Kurang, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan teknologi informasi pada mata kuliah sejarah peradaban Islam pada PTKI di Kalimantan Timur pada kategori Rendah.

References

Amri, M., & Shobri, Y. A. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Quizizz Dalam Pembelajaran Akuntansi
Konsolidasi Bank Syariah Di IAIN Ponorogo. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(1), 128–136.
https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.301
Cikka, H. (2019). Sinopsis Dalam Pembelajaran Sejarah (Cara Mudah Memahami dan Mengingat Peristiwa Sejarah).
Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.56488/scolae.v2i2.70
Direktorat PTKI Dirjen Pendis Kementerian Agama RI. (2018). Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Capaian
Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Jenjang Sarjana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan
Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi. Kementerian Agama RI.
Janawi, J. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy : Jurnal Pendidikan
Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i2.1236
Lasmini, N. W. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran
IPA di Kelas V SD Negeri 2 Tatura. Jurnal Kreatif Online, 4(4).
Lubis, D. M. R., Manik, E., Mardianto, & Nirwana Anas. (2021). Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Islamic Education, 1(2), 68–73. https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.72
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran
Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. 3.
Masruri, M. H. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Multikultural di Perguruan
Tinggi. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i1.8981
Maulana, H. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Pendidikan Tinggi Vokasi: Studi
Perbandingan antara Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting. EDUKATIF : JURNAL ILMU
PENDIDIKAN, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.259
Nababan, K. R. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Berbasis Teknologi Di FKIP UKSW. Jurnal Visi Ilmu
Pendidikan, 14(2), 180–185. https://doi.org/10.26418/jvip.v14i2.42016
Putra, K. A., Nulinnaja, R., & Munir, M. (2020). Persepsi Mahasiswa pada Pembelajaran Daring melalui Pemanfaatan
Google Classroom dan Google Meet di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Indonesian Journal of Islamic
Education Studies (IJIES), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i2.1386
Ratnawati, D., & Vivianti, V. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Praktik
Aplikasi Teknologi Informasi. Jurnal Edukasi Elektro, 4(2). https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.34835
Sahlani, L., & Agung, B. (2020). Asesmen Pembelajaran Berbasis Google Form Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di MAN 2 Bandung. AL-IBANAH, 5(1), Article 1.
Tarigan, M., Audry, F., Tambunan, F. A.-Z. S., Badariah, P. P. N., & Rohani, T. (2023). Sejarah Peradaban Islam dan
Metode Kajian Sejarah. 7.
Taufiqurrahman, M. (2019). Persepsi Mahasiswa PAI dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0
Pada Mata Kuliah Pembelajaran SKI di Madrasah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 246–264.
https://doi.org/10.21274/taalum.2019.7.2.246-264
Published
2023-10-25
How to Cite
Anugera, A., & Khofia, L. (2023). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PERADABAN ISLAM. DiJITAC : Digital Journal of Information Technology and Communication, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.21093/dijitac.v4i1.8532