Perancangan Sistem Seleksi Peserta Pelatihan Guru TK Dengan Pendekatan MOORA

  • Amelia Yusnita STMIK Widya Cipta Dharma
  • Yulindawati Yulindawati STMIK Widya Cipta Dharma
  • Reny Mayasari STMIK Widya Cipta Dharma
  • Agustina Nona Susanti STMIK Widya Cipta Dharma
Keywords: Perancangan;, Sistem Seleksi;, Pelatihan;, Metode Moora

Abstract

Penelitian ini mengembangkan sistem pendukung keputusan berbasis web menggunakan metode Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA) untuk mengoptimalkan proses pemilihan peserta pelatihan guru di TK Aisyiyah 7 Samarinda. Sistem ini dirancang untuk mengatasi keterbatasan proses manual yang ada, dengan mempertimbangkan empat kriteria utama: pengalaman mengajar, kompetensi akademik, disiplin, dan usia. Menggunakan metode pengembangan Prototyping dan pengumpulan data melalui studi lapangan serta studi pustaka, penelitian ini menghasilkan peringkat peserta berdasarkan perhitungan MOORA yaitu peringkat pertama mendapatkan nilai 0.36428, peringkat kedua 0.16528, dan peringkat ketiga 0.14369. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini dapat mendukung pengambilan keputusan yang lebih objektif, efisien, dan transparan dalam pemilihan peserta pelatihan, dengan tujuan akhir meningkatkan kualitas pendidikan di TK Aisyiyah 7 Samarinda

References

Agustina, N., & Sutinah, E. (2022). Penerapan Metode MOORA pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Aplikasi Dompet Digital. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 6(2), 299–304. http://bit.ly/InfoTekJar
Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Arista, R. D., Defit, S., & Yunus, Y. (2020). MOORA sebagai SistemPendukung Keputusan Dalam Mengukur Tingkat Kinerja Dosen (Universitas Pembangunan Panca Budi Medan). Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 2, 104–110. https://doi.org/10.37034/infeb.v2i4.52
Darmawan, M. R., Rizqi, A. W., & Kurniawan, M. D. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tempe Dengan Metode Statistical Quality Control (SQC) Di CV. Aderina. SITEKIN : Sains, Teknologi Dan Industri, 19(22), 295–300. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/17413
Donald Samuel Slamet Santosa. (2022). Engagement Guru. Journal Educational Learning and Innovation, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1
El Faritsi, D. M., Saripurna, D., & Mariami, I. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Tenaga Pengajar Menggunakan Metode MOORA. Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD), 1(4), 239. https://doi.org/10.53513/jursi.v1i4.4948
Harpad, B., Yusnita, A., & Priscila, H. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Ketua Koperasi Pada Koperasi Leka Mandiri Menggunakan Metode Smarter Berbasis Web. Jurnal INFORMATIKA, 13(1), 1–7.
Hidayatullah, D., & Ardiansah, T. (2022). Sistem Informasi Reservasi Pelayanan Dan Penyewaan Fasilitas Lapangan Futsal Berbasis Web Dengan Metode Waterfall. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(3), 64–68. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Kuswinardi, J. W., Rachman, A., Taswin, M. Z., Pitra, D. H., & Oktiawati, U. Y. (2023). Evektifitas Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality (AR) Dalam Pembelajaran Di Sma : Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 556–563.
P, M. S., Muhammad Dedi Irawan, & Ahyat Perdana Utama. (2022). Implementasi RAD (Rapid Aplication Development) dan Uji Black Box pada Administrasi E-Arsip. Sudo Jurnal Teknik Informatika, 1(2), 60–71. https://doi.org/10.56211/sudo.v1i2.19
Ragil, Y. A., Meilani, S. M., & Akbar, Z. (2020). Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 567. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.420
Rangan, A. Y., Amelia Yusnita, & Muhammad Awaludin. (2020). Sistem Monitoring berbasis Internet of things pada Suhu dan Kelembaban Udara di Laboratorium Kimia XYZ. Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik), 4(2), 168–183. https://doi.org/10.37339/e-komtek.v4i2.404
Safariya, N., Latiana, L., & Suminar, T. (2022). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Kepemimpinan Visioner Kepala Taman Kanak-Kanak(TK) Terhadap Mutu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6850–6862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3455
Saman, P., & Indah Ratnasari, C. (2022). Pengujian Black Box Pada Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Berbasis Android Black Box Testing on an Android-Based Mandarin Learning Application. Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 4(1), 10–22.
Published
2024-04-29
How to Cite
Yusnita, A., Yulindawati, Y., Mayasari, R., & Susanti, A. (2024). Perancangan Sistem Seleksi Peserta Pelatihan Guru TK Dengan Pendekatan MOORA. DiJITAC: Digital Journal of Information Technology and Communication, 4(2), 19-26. https://doi.org/10.21093/dijitac.v4i2.8949
Section
Articles