PENGARUH KUALITAS LAYANAN APLIKASI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MPI PASCASARJANA UINSI SAMARINDA

  • Ernawati Ernawati UINSI
Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Mahasiswa, Aplikasi SAKU Mahasiswa

Abstract

Kepuasan mahasiswa sebagai pengguna aplikasi ini merupakan salah satu indikator penting keberhasilan penerapan teknologi informasi di lingkungan kampus, dimana kualitas layanan memegang peranan yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan informasi akademik dengan mudah dan cepat. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yang melibatkan seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian yaitu seluruh siswa tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 45 orang. Dari hasil perhitungan menggunakan persamaan linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22 diperoleh persamaan regresi sederhana yaitu Y = 0,85 + 0,71X yang artinya jika X=0 maka kepuasan siswa akan tetap 0,85 dan jika Variabel kualitas layanan aplikasi “SAKU Mahasiswa” meningkat sebesar satu poin, maka kepuasan siswa akan meningkat sebesar 0,71. Setelah memperoleh persamaan regresi, penulis kemudian menguji hipotesis dengan menggunakan tingkat signifikan α = 0,05. dan diperoleh Fhitung sebesar 542,47 dan nilai Ftabel sebesar 4,07 sehingga diperoleh F = 542,47 > 4,07 (maka H0 ditolak dan H1 diterima) yang berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima. Jadi terdapat pengaruh terhadap kualitas layanan aplikasi “SAKU Mahasiswa” pada mahasiswa Pascasarjana MPI Angkatan 2023/2024 UINSI Samarinda. Selanjutnya nilai koefisien determinasi yang dihitung menunjukkan hasil yang sangat kecil yaitu 9,2% yang berarti banyak sekali aplikasi dengan fitur tersedia yang digunakan pada aplikasi lain sehingga dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa dengan kualitas layanan aplikasi “SAKU Mahasiswa” yang jauh lebih baik lagi.

References

Azzahra, Rindu Pridiqva, and Kristophorus Hadiono. “Analisis Layanan Sistem Informasi Akademik Unisbank Berdasarkan Kepuasan Mahasiswa Dengan Pendekatan ServQual.” Aiti 19, no. 2 (2022): 137–52.
Bahrani. KUALITAS LAYANAN PERGURUAN TINGGI: KOMPONEN DAN METODE. Edited by Nisa Ul Hikmah. Pertama. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2022.
Fahredy, Deo, Muriani Emelda Isharyani, and Theresia Amelia Pawitra. “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIA) Dengan Metode WEBQUAL.” Jurnal Teknik Industri (JATRI) 1, no. 1 (2023): 29–40.
Fuad, Achmad, and Endah Harisun. “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIMAK) DI PROGRAM STUDI INFORMATIKA.” JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer) Ternate 02, no. 1 (2019).
Hami, Aidah, Dyah Anggraini. “KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI PENGGUNA.” Jurnal Informasi Dan Komputer 10, no. 1 (2022).
Idham, Farid, Jamal Darusalam Giu, and Lucky Din Syamsudin. “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Sistem Informasi Website Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index(Csi) Pada Program Vokasi Ung.” Journal Of Software Engineering And Communication 2, no. 1 (2024): 1–5.
Jasmara, Tifanny, Linda Wati, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, and Universitas Bunghatta. “PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA PEMBELAJRAN DARING DI UNIVERSITAS BUNG HATTA No Variable Sig Alpha Kesimpulan Penelitian H 1 Diterima Sistem Informasi Akademik Pelayanan,” n.d., 2–3.
Maulidiya, and Sugiyono. “Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Saku Mahasiswa Dengan Metode End User Computing Satisfaction.” Digital Journal of Information Technology and Communication 2, no. 1 (2021): 165–82.
Purwandani, Indah. “Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan EUCS Dan Model Delone and McLean.” Indonesian Journal on Software Engineering 4, no. 2 (2018).
Septiani, Yuni, Edo Aribbe, and Risnal Diansyah. “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru).” Jurnal Teknologi Dan Open Source 3, no. 1 (2020): 131–43.
Simaremare, Devi Angelina. “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-Learning Menggunakan End User Computing Satisfication.” Jurnal Infortech 2, no. 2 (2020): 250–57.
Syastra, Muhammad Taufik. “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Terhadap Kepuasan Mahasiswa STT Indonesia Tanjungpinang.” Computer Based Information System 1 (2012): 97–108.
Widiastuti, Tri, Koko Karsa, and Christina Juliane. “Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Menggunakan Metode Klasifikasi Algoritma C4.5.” Technomedia Journal 7, no. 3 (2022): 364–80.
Yehu Wangsaja, Muhammad Zarlis, Zakarias Situmorang, Arief Wibowo. Model Pengukuran Kualitas Layanan Publik Dengan Indikator Prosesi Polri Berbasis Kecerdasan Buatan. Edited by Fenti Sofiani. Klaten: Nas Media Indonesia, 2023.
Yindrizal, Yindrizal. “Dampak Penggunaan Sistem Informasi Akademik Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Akademik Mahasiswa Universitas Andalas Padang.” Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik (JMPKP) 3, no. 1 (2021): 1–13.
Zahra, Hanifa, and Muhammad Yunan. “TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA WISATA ( OPEN TRIP ) C . V TIDUNG ISLAND” 7 (2024): 12252–62.
Published
2025-04-17
How to Cite
Ernawati, E. (2025). PENGARUH KUALITAS LAYANAN APLIKASI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MPI PASCASARJANA UINSI SAMARINDA. DiJITAC : Digital Journal of Information Technology and Communication, 5(1), 37-42. https://doi.org/10.21093/dijitac.v5i1.9562